Takut gelap? atau takut keramaian? Ternyata phobia yang kamu anggap hanya sebagai trauma atau kenangan buruk ini menyimpan rahasia besar lho tentang kepribadian kamu yang sesungguhnya. Profesor psikologi bernama Graham C.L. Davey pun menyebutkan kalau jenis phobia biasanya sangat umum mulai dari takut gelap, ketinggian bahkan badut dan ini dia beberapa sifat asli yang biasa kamu ketahui dari jenis phobia kamu.

Takut gelap

Phobia Kamu Ternyata Bisa Jelaskan Sifat Aslimu, Ini Buktinyaunsplash.com/Melanie Wasser

Phobia gelap atau yang biasa disebut nyctophobia menjelaskan kalau kamu adalah tipe orang yang punya imajinasi yang aktif dan cenderung orang yang berpikir positif. Ketakutan kamu akan gelap adalah hasil dari imajinasi yang terlalu berlebihan. Otak kamu akan menciptakan skenario yang seram ketika tidak ada cahaya meskipun hal ini hanya membuat kamu terjaga lebih lama.

Gunakanlah imajinasi kamu dengan baik karena ada saja hal-hal kreatif yang kamu bisa buat dengan pemikiran kamu tersebut. Mungkin kamu bisa menulis atau mulai kelas seni. Biarkan otak kamu melampiaskan naluri imajinasi kamu tersebut.

Takut berbicara di depan umum

Phobia Kamu Ternyata Bisa Jelaskan Sifat Aslimu, Ini Buktinyaunsplash.com/davide ragusa

Ketakutan jenis ini cenderung menerangkan kalau kamu adalah orang yang introvert. Ketakutan yang biasa disebut glossophobia ini menjelaskan kalau kamu sebenarnya lebih suka menyendiri dengan pemikiranmu. Kamu lebih memilih untuk menjaga circle sosial kamu tetap kecil dibandingkan sekedar main bersama banyak teman. Meskipun kamu tidak suka berada di antara banyak orang, cobalah untuk bersosialisasi dengan lingkungan terdekat kamu contohnya di tempat kerja atau tetangga. Kamu tidak harus menjadi pusat perhatian, namun cobalah untuk membuka diri untuk orang yang akan kamu temui lebih banyak nantinya.

Takut ketinggian

Phobia Kamu Ternyata Bisa Jelaskan Sifat Aslimu, Ini Buktinya unsplash.com/Denys Nevozhai

Orang yang memiliki acrophobia biasanya adalah orang yang sangat kompleks. Kamu suka bertemu dengan orang baru, merasakan pengalaman baru dan mengunjungi tempat baru namun kamu takut tidak dianggap. Tidak selamanya menjadi orang yang kompleks adalah hal negatif, namun beberapa kali kamu bisa membuat keputusan yang keliru dan tidak konsisten terhadap pilihan. Untuk mengatasinya, kamu bisa melatih diri untuk tidak terlalu panik dalam mengambil keputusan dan perubahan yang kamu lakukan juga harusnya lebih simpel. Kamu mungkin adalah orang yang rumit, tapi jangan jadikan hidup kamu juga rumit.

Takut keramaian

Phobia Kamu Ternyata Bisa Jelaskan Sifat Aslimu, Ini Buktinyaunsplash.com/Benjamin Zanatta

Kamu yang takut keramaian biasanya orang suka bersosialisasi namun kamu perlu ruang untuk diri sendiri. Kamu biasanya tidak suka orang terlalu dekat dengan kamu terlalu cepat dan lebih memilih untuk menjauhkan diri dari konflik dan hidup sesuai dengan keinginanmu sendiri. Ketakutan akan sesuatu yang terus-terusan membuat kamu ingin melarikan diri memang sangat sulit karena pada akhirnya kamu hanya akan menjaga perasaan dan jarak antara dirimu dan orang yang kamu sayangi. Membuka diri memang tidak gampang namun kamu perlahan tapi pasti biarkan orang disekitarmu untuk mengenal kamu lebih dalam. 

Takut sendirian

Phobia Kamu Ternyata Bisa Jelaskan Sifat Aslimu, Ini Buktinyaunsplash.com/Matthew Henry

Ketakutan jenis ini menjelaskan kalau kamu adalah orang yang easy-going dan suka jadi pusat perhatian di antara teman-teman kamu. Kamu selalu punya cara untuk keluar dari rumah dan bersenang-senang dan biasanya kamu tidak suka menjomblo. Hal negatif yang juga kamu sadari ketika memiliki ketakutan jenis ini adalah kamu tidak punya waktu 'me time' karena kamu disibukkan dengan kedatangan banyak orang dalam hidup kamu. Untuk itu, ciptakanlah sedikit ruang untuk diri kamu mengetahui apa yang sebenarnya kamu inginkan.

Takut badut

Phobia Kamu Ternyata Bisa Jelaskan Sifat Aslimu, Ini Buktinyaunsplash.com/Levi Saunders

Kamu adalah orang yang sangat menjunjung tinggi kejujuran mengingat kamu adalah orang yang apa adanya, kamu juga berharap orang lain pun sama jujurnya seperti kamu. Namun di sisi lain, idealisme kamu ini membuat kamu kehilangan kendali dan kurang menghargai kebahagiaan yang sesungguhnya. Jangan takut dengan badut-badut di sekitar kamu, selama kamu bisa jadi diri kamu sendiri kamu tetap bisa menikmati dunia yang seperti sirkus ini kok.

Takut darah

Phobia Kamu Ternyata Bisa Jelaskan Sifat Aslimu, Ini Buktinyaunsplash.com/samuelzeller

Di antara teman-teman di lingkunganmu, kamu adalah orang yang kalem. Kamu sangat menghargai kesehatan dan kamu melihat tubuh kamu sebagai tempat suci yang perlu dijaga dan dirawat. Bagi sebagian orang, cara kamu merawat tubuh kamu bisa jadi sangat menginspirasi namun sebenarnya kamu terlalu overprotektif maka dari itu cobalah untuk berbagi dengan orang lain seperti mendengar curhatan mereka dan solusi terbaik untuk masalah mereka. 

 

BACA JUGA: Bahagia itu Sederhana, 7 hal ini Justru Nggak Bisa Kamu Beli dengan Uang!