Apa yang biasanya orang sudah capai di usianya yang ke-23? Sudah memiliki pekerjaan tetap? Sudah memiliki pasangan? Sudah memiliki pendidikan yang tinggi? Kalau kamu menganggap sukses di usia 23 tahun adalah ketiga hal tersebut maka kamu salah besar. Usia 23 masih saja disebut peralihan antara orang dewasa menjadi lebih dewasa. Lho, kenapa bisa begitu?

Ingat, di usia 23 tahun, masih banyak lho mahasiswa yang masih harus berjuang di bangku kuliah untuk menamatkan pendidikannya, masih saja ada mencari pekerjaan setelah ditolak berpuluh atau bahkan beratus-ratus kali dan masih banyak lho yang belum pernah ngerasain yang namanya pacaran.

Jadi santai saja, di usia ke-23 yang perlu kamu renungkan adalah pengalaman hidup kamu yang akhirnya bisa membuat kamu seperti sekarang. Berikut adalah beberapa pelajaran hidup yang akan kamu dapati di usia 23 tahun.

1. Kamu tidak gagal hanya saja kamu ditolak untuk kesempatan yang lebih baik

 
Kalau kamu merasa gagal dalam urusan akademis, pekerjaan atau percintaan bukan berarti dunia akan hancur, kok. Good things take time, jadi belajarlah untuk menghargai proses.

2. Menjadi idealis memang baik, tapi menjadi realistis jauh lebih baik

 
Di umur kamu yang ke-23 mungkin kamu sudah lelah menjadi orang yang idealis mengenai harapan dan keinginan kamu, mengikhlaskan diri dan mensyukuri apa yang kamu miliki sekarang malah jauh membuat hati kamu lapang.

3. Membatasi diri dari lingkungan sosial memang berat namun penting dan berguna

 
Dalam hal ini kamu sudah bisa memilah hubungan kamu dengan orang-orang tertentu. Sudah waktunya kamu membatasi diri dari orang-orang yang hanya memberikan dampak buruk bagimu.

4. Menangis tandanya pengakuan

 
Menangis di umur 23 tahun tidak lagi pertanda kalau kamu lemah. Di usia 23 tahun, menangis artinya kamu mengakui kesalahan, kebodohan, kekurangan dan ketidakmampuan kamu tentang suatu hal.

5. Kamu sudah tahu kapan harus bertahan, berlari dan berhenti

 
Ketika menghadapi sesuatu, baik itu masalah ataupun kesempatan, kamu sudah mengerti cara mengatasinya baik untuk menghindari atau menghadapinya dengan tanggung jawab.

6. Sudah mengerti cara menjadi teman untuk diri sendiri

 
Di usia 23 tahun, kamu sudah mulai mengenal diri kamu sendiri sehingga kamu sudah tahu caranya menjaga kontrol diri. Oh ya, kamu juga sudah punya quality time dengan diri sendiri nih sepertinya.

7. Semua akan indah pada waktunya

 
Banyak orang bilang semua akan indah pada waktunya kan? Di usia seperti ini, kamu mungkin sudah membuktikannya sendiri.

8. Sebelum melakukan sesuatu, kamu sudah tahu alasannya

 
Pertanda orang menjadi lebih dewasa adalah mereka sudah tahu konsekuensi baik dan buruknya ketika melakukan sesuatu, maka dari itu mereka tidak lepas tanggung jawab.

9. Belajar mencintai daripada dicintai

 
Nah, di usia ke-23 tahun masalah selalu datang baik dari keluarga, teman maupun pasangan, kuncinya kamu harus belajar lebih banyak mencintai dengan begitu kamu bisa bersyukur dan menikmati hidup kamu.

10. Tidak ada kata terlambat untuk orang yang mau berubah dan berkembang

 
Ingin melanjutkan pendidikan atau tetap berkarier? Semua tergantung kamu. Belum terlambat untuk beralih ke hal yang memang kamu impikan. Bukannnya semua orang berubah? Kenapa kamu tidak?

11. Maafkan musuh dan orang yang bersalah padamu, dengan begitu kamu bisa move on

 
Kamu mulai belajar kalau menyimpan dendam apalagi berusaha membalaskannya adalah hal yang sia-sia, kenapa tidak dimaafkan saja? Dengan begitu semuanya akan jadi lebih mudah, kan?

 

BACA JUGA: 9 Pertanda Kamu Sudah Harus Keluar dari Rumah Orangtua