Bukan ke Eropa namanya kalau ke Eropa tapi belum ke Paris? Siapa bilang! Negara-negara di Eropa Barat seperti Belanda, Jerman, Perancis dan Swiss memang jauh lebih terkenal dibanding negara-negara di Eropa timur seperti Hungaria, Slovakia dan Polandia di telinga orang Indonesia. 

Namun, keindahan dari kota-kota di Eropa timur nggak kalah lho kerennya dibanding beberapa kota terkenal di Eropa Barat bahkan biaya yang kamu keluarkan untuk singgah di kota-kota ini juga lebih ramah di kantong. Selain itu, negara-negara di Eropa timur juga memanjakan mata kamu dengan nuansa kota bak di negeri dongeng serta pengalaman sejarah dan makanan yang pastinya akan membuat kamu ingin datang kesana beberapa kali. Sebelum mengubah list kota yang akan kamu singgahi jika punya rejeki lebih pergi ke Eropa, ini dia 8 kota yang perlu kamu pertimbangkan untuk dikunjungi

Budapest, Hungaria

Mengenal Kota di Eropa Timur yang Nggak Kalah dari Paris atau Amsterdamunsplash.com/Andrew Neel

Dikenal sebagai mutiaranya Danube, Budapest sebenarnya adalah dua bagian kota yang dijadikan satu yakni Buda dan Pest. Dihubungkan oleh sungai Danube dan jembatan yang ikonik, dua bagian kota ini menawarkan pengalaman sejarah, arsitektur, seni dan kesan modern dalam waktu bersamaan. 

Hungaria juga terkenal sebagai kudapannya yang sangat populer di seluruh dunia ditambah lagi kafe terindah di dunia ada di ibukota Hungaria ini lho. Jangan lupa untuk menyicipi makanan tradisional dan wine lokal dengan harga kurang Rp100 ribu.

Bratislava, Slovakia

Mengenal Kota di Eropa Timur yang Nggak Kalah dari Paris atau Amsterdamunsplash.com/Madara Parma

Kota yang berjarak hanya 1 jam dari ibukota Austria, Vienna ini seringkali dibandingkan dengan rivalnya tersebut karena memang keindahan kotanya masing-masing yang sangat menyilaukan mata. Masih dialiri sungai Danube, Bratislava terkenal dengan Old Town-nya yang selalu ramai dikunjungi turis.

Percaya nggak kalau di Bratislava, kamu bisa mendapati rumah bergaya Eropa dengan atap berwarna merah marun yang di sebelahnya terdapat gedung mal yang sangat besar? Beneran lho, Bela! Slovakia juga terkenal dengan bir khasnya dan wine yang disajikan kurang dari Rp 80 ribu saja.

Dubrovnik, Kroasia

Mengenal Kota di Eropa Timur yang Nggak Kalah dari Paris atau Amsterdamunsplash.com/ Marco Secchi

Berkunjunglah ke arah selatan Eropa timur maka kamu akan menemukan pemandangan pantai Eropa yang tidak kalah dengan indahnya pantai di Asia Tenggara. Dubrovnik sendiri adalah kota yang dialiri laut adriatik dan pantainya sangat dirawat warga lokal sehingga dinamai sebagai kota dengan salah satu pantai terbaik di Eropa. 

Selain terkenal dengan wisata airnya, Dubrovnik juga kota yang paling banyak dikunjungi orang-orang Eropa di musim panas karena bar, bistro dan restorannya yang sangat unik dan pastinya murah meriah.

Ljubljana, Slovenia

Mengenal Kota di Eropa Timur yang Nggak Kalah dari Paris atau Amsterdamunsplash.com/Sebastian Scheuer

Kota ini termasuk kota tua yang sudah ada sejak 2000 tahun lalu. Kini Ljubljana disulap sebagai kota hijau dengan pejalan kaki yang cukup banyak berlalu-lalang. Meski kota ini terbilang sebagai kota pelajar, bukan seperti mayoritas kota di Eropa, kehidupan malam di Ljubljana juga tidak bisa dianggap remeh.

Selain dikelilingi banyaknya museum modern, kota ini memiiki banyak restoran, bar dan kafe yang terbilang cukup murah untuk travellers yang berkunjung ke Eropa.

Tallinn, Estonia

Mengenal Kota di Eropa Timur yang Nggak Kalah dari Paris atau Amsterdamunsplash.com/Beau Swierstra

Bagi masyarakat yang tinggal di benua biru ini, Tallinn terkenal sebagai kota dengan pasar natal yang besar dan meriah. Namun meski begitu, kota ini sangat worth-it dikunjungi di banyak musim apalagi dengan pemandangan kota yang layaknya seperti di negeri dongeng. 

Meski begitu, makanan yang disajikan di kota ini cukup modern lho terutama dengan kafe dan bar yang bergaya bohemian. Tallinn juga terkenal sebagai kota yang diminati banyak pemburu barang antik khususnya bagi mereka yang tertarik dengan suvenir unik bergaya uni soviet.

Krakow, Polandia

Mengenal Kota di Eropa Timur yang Nggak Kalah dari Paris atau Amsterdamunsplash.com/Alexandr Bormotin

Meski bukan ibukota negara yang berbatasan langsung dengan Jerman, Krakow adalah salah satu kota yang paling aktif menyajikan pengalaman sejarah populasi orang Yahudi dan Perang Dunia yang terdapat di Eropa. Di satu kota kamu bisa mendapati pengetahuan dan hiburan di waktu yang bersamaan dengan menjalani Old Town dan pasar utamanya yang dikelilingi kafe modern, klub dan pusat perbelanjaan. 

Krakow juga dijuluki sebagai kota yang paling ramah pejalan kaki dan pesepeda dengan trotoar di sepanjang sungai Vistula yang selalu ramai.

Kotor, Montenegro

Mengenal Kota di Eropa Timur yang Nggak Kalah dari Paris atau Amsterdamunsplash.com/Sylwia Bartyzel

Meski nama kotanya Kotor, bukan berarti kotanya juga kotor ya, Bela. Kotor termasuk kota yang paling dicintai banyak orang Eropa karena dijuluki kota yang paling romantis. 

Bayangkan kamu bisa menikmati pantai berwarna biru terang, gunung yang serba hijau dan makanan yang kebanyakan terpengaruh dari Italia dengan seafood dan wine lokal yang pastinya akan membuat suasana menjadi makin romantis.

Riga, Latvia

Mengenal Kota di Eropa Timur yang Nggak Kalah dari Paris atau Amsterdamunsplash.com/Mārtiņš Zemlickis

Di antara beberapa kota di Eropa timur, Riga termasuk kota kombinasi bergaya gothic dan modern. Tidak hanya itu, arsitektur bangunannya juga mirip seperti kota di negeri dongeng terutama di beberapa pusat kota yang menampilkan pasar tradisional, museum dan gereja.

Jangan heran, di sungai dan pantai yang berbatasan langsung dengan laut Baltik ini, kamu bisa mengendarai kapal, berenang hingga menikmati sauna yang sangat terkenal di kota tersebut.

 

BACA JUGA: Di Eropa Naik Kereta 2 Jam Sudah Bisa Pindah Negara, Benarkah?