Satu per satu ada saja kabar mengejutkan yang datang dari girl band Korea Selatan yang menyatakan bubar. Mulai dari Wonder Girls, 4Minute, 2NE1, T-ara, Sistar dan kini girlgrup legendaris SNSD dirumorkan akan bubar setelah kehilangan tiga anggotanya. 

Dalam sejarah grup kpop di Korea Selatan memang jarang banget ada girl band yang bisa bertahan lama mulai dari generasi pertama hallyu wave mulai berkembang. Tidak seperti boy band, girl band memang rantan banget bubar Berikut adalah alasannya!

Anggota memilih untuk meninggalkan agensi setelah kontrak berakhir

SNSD Terancam Bubar, Ini Alasan Girlgrup Korea Jarang Bertahan Lamawww.allkpop.com

Kasus ini seringkali terjadi di mana awalnya para anggota tergabung dalam satu agensi dan membentuk sebuah grup, akhirnya memilih untuk meninggalkan agensi karena berbagai alasan. Kebanyakan anggota girl band memilih untuk keluar dari agensi yang membesarkan nama mereka untuk fokus berakting atau bersolo karier di dunia musik. Jarang banget ada girl band yang masih mau bersama dalam satu kelompok lebih dari 10 tahun.

Ketidakcocokan dengan anggota lainnya

SNSD Terancam Bubar, Ini Alasan Girlgrup Korea Jarang Bertahan Lamawww.allkpop.com

Percaya atau tidak, kepribadian anggota yang tergabung dalam sebuah girl band sangat kompleks dibanding member boy band. Jika kita melihat dari luar, member Kpop grup cewek terlihat sangat akrab, namun sebenarnya banyak lho member yang saling nggak cocok satu sama lain. Contohnya saja mantan anggota 4minute yang sampai saat ini terlihat nggak pernah lagi jalan bareng Hyuna.

Tidak mampu bersaing dengan grup baru

SNSD Terancam Bubar, Ini Alasan Girlgrup Korea Jarang Bertahan Lamaayominzy.wordpress.com

Sama seperti pencinta kpop generasi sekarang yang sudah tidak akrab lagi dengan girl band seperti Fin.K.L ataupun S.E.S, perlahan-lahan nama grup yang tenar di tahun 2009 akan tergerus karena banyaknya grup-grup baru yang bermunculan. 

Konsep idol sendiri sangat erat hubungannya dengan remaja, makanya girlband sebenarnya terbentuk untuk segmentasi orang di bawah usia 30 tahun. Girlgrup yang terkenal 10 tahun sebelumnya tidak bisa disamakan dengan ketenarannya sekarang, karena konsep mereka tak bisa lagi mengimbangi ketertarikan publik pada grup-grup baru yang anggotanya masih muda dan punya genre musik yang masih asik didegar para remaja.

BACA JUGA: Lagi! SNSD Ditinggalkan Tiga Anggotanya