Bagi kamu yang belum tahu, Merry Riana adalah sosok perempuan hebat yang mampu menghasilkan 1 juta dollar Singapura atau 9 miliar rupiah saat usianya masih 26 tahun. Perjalanan karier Merry yang luntang lantung mencari uang saat masih bersekolah di Singapura dulu pernah diabadikan dalam bentuk buku dan film yang dibintangi Chelsea Islan dengan judul mimpi sejuta dollar.

Selain menjadi motivator, Merry kini memimpin organisasi konsultan keuangan yang ia beri nama Merry Riana Organization. Diantara sekian banyak kesibukannya, Merry Riana juga diangkat menjadi duta perusahaan sekuritas di Indonesia, dalam beberapa kesempatan ia mengajak anak-anak muda untuk mulai menabung saham sedini mungkin. Ini dia alasannya yang penting kamu buat kamu simak.

Tidak hanya untuk orang yang memiliki banyak uang

4 Alasan Logis Merry Riana Sarankan Millenial Mulai Nabung Sahamunsplash.com/William Iven

Saat ini kamu bisa menabung saham dengan hanya bermodalkan 100 ribu saja. Kamu bisa mengaktifkan rekening saham dengan uang tersebut dan bisa langsung bertransaksi. Ada banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan pembukaan rekening dengan hanya modal yang tidak terlalu banyak dan mulai bertransaksi dengan uang tersebut. Namun ada baiknya kamu banyak belajar dulu tentang transaksi saham sebelum benar-benar terjun ke dalamnya.

Mudah diakses dengan aplikasi dari smartphone

4 Alasan Logis Merry Riana Sarankan Millenial Mulai Nabung Sahamunsplash.com/Vladimir Solomyani

Beberapa perusahaan sekuritas juga kini sudah mulai berkaca pada perkembangan zaman dan meluncurkan beberapa aplikasi yang memudahkan investor dan trader bertransaksi saham secara real time.

Jadi, di zaman sekarang tidak akan ada lagi pialang saham yang akan memberitahukan perkembangan saham yang kamu investasikan karena semuanya bisa dengan mudah diakses melalui aplikasi.

Bukan berjudi

4 Alasan Logis Merry Riana Sarankan Millenial Mulai Nabung Sahamunsplash.com/Chris Liverani

Karena risiko kenaikan dan penurunan yang sangat cepat, banyak orang menyamakan berinvestasi saham sama dengan berjudi padahal perdagangan instrumen ini sudah diatur negara yakni Bursa Efek Indonesia.

Menabung saham juga bukanlah perbuatan haram karena merupakan turunan modal untuk membantu perusahaan mengembangkan bisnisnya. Buat kamu yang masih ragu apakah berinvestasi saham adalah judi, kamu bisa kok bertransaksi melalui pasar modal syariah.

Investasi saham tidak melulu berisiko tinggi

4 Alasan Logis Merry Riana Sarankan Millenial Mulai Nabung Sahamunsplash.com/Andrew Neel

Dalam berbagai kesempatan, Merry menekankan kalau asumsi orang terhadap risiko investasi saham yang terlalu tinggi sebenarnya dikarenakan ketidaktahuan masyarakat terhadap produk investasinya.

Dibandingkan deposito, emas atau properti sekali pun, berinvestasi saham dianggap mampu menekan laju inflasi yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Masih ragu menabung saham, Bela?

 

BACA JUGA: 4 Hal tentang Saham yang Nggak Dimengerti Generasi Millennial Ini Bisa Buat Kamu Sulit Kaya