Berangkat dari sebuah agensi kecil yakni Big Hit Entertainment, boyband asal Korea Selatan, Bangtan Seonyeondan atau yang akrab kita sebuat BTS kini telah dikenal dunia internasional sebagai salah satu perwakilan kpop di luar negeri.

CEO Big Hit Entertainment, Bang Shi Yuk sendiri pernah bercerita kalau dirinya tidak menyangka BTS akan sesukses sekarang di luar negeri terutama Amerika dan Eropa. Ia menilai BTS sebagai role model yang mampu menyelaraskan antara kpop dalam koreografinya dan musik yang pembawaannya mirip dengan tipe musik yang digemari di dunia benua tersebut.

Ini dia nih, Bela alasan kenapa BTS bisa sesukses sekarang tidak hanya di Asia tapi juga di Amerika dan Eropa.

Konsisten dalam bermusik

Ini Faktanya Kenapa Boyband Kpop BTS Populer di Amerika dan Eropahttp://www.asianjunkie.com
 

BTS terkenal sebagai grup boyband Korea Selatan yang selalu memproduksi sendiri lagunya dan secara konsisten terus ingin mengeksplor genre musik baru. Agensinya juga mengaku kalau mereka tidak terlalu mengambil banyak peran dalam produksi musiknya karena mereka memberikan kebebasan pada masing-masing anggota untuk berkarya.

Berbeda dengan grup kpop kebanyakan yang mengambil tema tentang cinta, pesta dan lainnya, BTS lebih banyak mengangkat lirik yang berbau sosial yang juga disukai pendengar musik internasional. Dalam lagunya mereka banyak bercerita tentang kecenderungan anak muda, ekspektasi sosial dan lain-lain yang bisa langsung diterima oleh pendengar muda di berbagai negara.

Kreatif menggunakan media sosial

Ini Faktanya Kenapa Boyband Kpop BTS Populer di Amerika dan Eropawww.billboard.com
 

Selain memang bertalenta di bidang musik, member BTS juga secara aktif mengelola media sosialnya. Tidak ada satu pun dari member yang memiliki akun media sosial individual dan sebagai gantinya mereka secara bergantian menggunakan satu akun resmi. Member BTS juga secara aktif menggunakan media sosial khususnya Twitter sebagai media untuk berinteraksi dengan fansnya yang kebanyakan digunakan oleh penggemar di luar Korea Selatan. 

Fans yang kompak dan loyal

Ini Faktanya Kenapa Boyband Kpop BTS Populer di Amerika dan Eropadagelan.co

Salah satu faktor utama mengapa BTS bisa menembus pasar internasional adalah mereka memiliki fans yang setia. ARMY, sebutan untuk fans BTS termasuk dalam salah satu kelompok fans yang paling besar tidak hanya di Korea Selatan tapi juga di dunia. 

Meskipun memiliki keterbatasan dalam hal bahasa, fans internasional ini biasanya berusaha untuk mendatangi konser, membeli album atau sekedar menghafalkan fan chant dari beberapa lagu populer BTS. Salut deh sama ARMYs internasional!

Chart Billboard

Ini Faktanya Kenapa Boyband Kpop BTS Populer di Amerika dan Eropahttp://farahalfadhillah.blogspot.co.id
 

Billboard tampaknya juga berpengaruh besar kepada perkembangan musik BTS. Di awal masa debutnya pun, BTS sudah mengantongi peringkat tiga tangga album dunia di situs Billboard. Pencapaian terbesar BTS adalah memenangkan kategori Top Social Artist dalam ajang Billboard Music Award di pertengahan tahun ini dan menjadi grup kpop pertama yang memenangkan tropi di ajang internasional bergengsi tersebut. 

Berkat Billboard, BTS mulai dikenal di Amerika dan akhirnya terbukalah kesempatan untuk BTS untuk bekerjasama dengan musisi keren dari Amerika Serikat, termasuk diantaranya The Chainsmokers.

 

BACA JUGA: 6 Kpop Idol dengan Masa Lalu Mereka yang Kelam