Gagal lulus tepat waktu? Gagal mendapatkan pekerjaan impian? Gagal dalam hubungan percintaan? Semua orang punya kesempatan yang sama untuk mengalami kegagalan dan tidak ada yang salah dengan hal tersebut. 

Ketika kamu menghadapi kegagalan, kamu sebenarnya kaya akan cerita hidup namun kebanyakan dari kita hanya terfokus pada bagian negatif dari kegagalan itu sendiri. Sebenarnya, banyak banget lho pelajaran yang bisa kamu ambil dari kegagalan, seperti ini contohnya.

1. Hal-hal buruk bisa terjadi kapan saja

10 Pelajaran Hidup Berharga Berkat Kegagalanunsplash.com/Shashank Sahay

Kalau kamu tidak mengalami kegagalan, kamu tidak akan pernah tahu rasanya jatuh dan ini perlu kamu sadari. Hal-hal negatif bisa terjadi pada kamu bahkan untuk kejadian kecil sekalipun, namun percayalah kamu bisa bangkit dan survive kembali seperti sedia kala.

2. Menyadari kalau kamu orang yang kuat

10 Pelajaran Hidup Berharga Berkat Kegagalanunsplash.com/Eric Ward

Ketika kamu berada di titik paling bawah dalam hidup kamu, kamu akan menyadari kalau kamu memiliki sesuatu dalam diri kamu sendiri yang tidak bisa orang lain ambil dari kamu. Ketangguhan kamu, kepercayaan diri kamu dan banyak lagi hal-hal positif yang membuat kamu semakin menjadi orang yang kuat menghadapi kerasnya dunia.

3. Kamu akan tahu siapa sebenarnya teman

10 Pelajaran Hidup Berharga Berkat Kegagalanunsplash.com/Volkan Olmez

Ketika kamu gagal, kamu akan tahu siapa sebenarnya teman yang akan selalu ada bersamamu kapanpun kamu butuhkan. Mereka yang mengetahui kamu gagal, tidak akan meninggalkanmu hanya karena sesuatu yang buruk terjadi padamu. Terlebih lagi, mereka sudah berada bersamamu saat kamu dalam proses memulai.

4. Belajar untuk rendah hati

10 Pelajaran Hidup Berharga Berkat Kegagalanunsplash.com/Luiza Sayfullina

Tidak semua hal baik atau hal buruk akan terjadi padamu begitulah dunia ini berjalan maka itu kamu bisa gagal ataupun berhasil kapan saja. Meski begitu, hargailah diri orang-orang yang berada di sekeliling kamu. Bisa saja mereka membawa rejeki dan keburuntungan bagi kamu.

5. Mencoba bangkit lagi adalah satu-satunya jalan

10 Pelajaran Hidup Berharga Berkat Kegagalanunsplash.com/Nathan Dumlao

Pelajaran ketika kamu menghadapi kegagalan adalah ketika kamu terjatuh, bangkit dan mencoba lagi adalah cara terbaik untuk membentuk otot kamu. Faktanya, kamu tidak akan menjadi kuat hanya dengan berlarut-larut dalam kesedihan dan keputusasaan. 

6. Kegagalan bisa akan lebih mudah dilupakan di masa depan

10 Pelajaran Hidup Berharga Berkat Kegagalanunsplash.com/Gyorgy Bakos

Meski kegagalan terasa sangat menyakitkan saat ini, percaya lah di masa depan nanti kamu bisa akan lebih bangga menceritakan kegagalan ini pada orang lain. Momen putus asa dari kegagalan saat ini akan jadi pengalaman yang menguatkan kamu nantinya dan kamu akan banyak belajar dari kegagalan saat ini.

7. Pasti akan ada orang yang meremehkan kamu

10 Pelajaran Hidup Berharga Berkat Kegagalanunsplash.com/Bryan Apen

Dari kegagalan kamu bisa mendapatkan teman sejati, namun di lain pihak kamu juga akan bertemu dengan orang-orang yang hanya akan menghakimi kamu karena mereka pikir kamu tidak berguna. Namun hal ini lumrah kok dan kamu hanya perlu menanggapinya dengan cuek. Di masa depan, kamu akan tahu kalau orang-orang ini tidak cukup layak untuk mendapatkan perhatian kamu.

8. Berbagai kegagalan memiliki nilai positif dan negatif

10 Pelajaran Hidup Berharga Berkat Kegagalanunsplash.com/Roberto Tumini

Setiap hal dalam hidup ini memiliki hal yang positif dan negatif. Pasangan kamu, pekerjaan kamu, lingkungan sosial kamu pasti memiliki nilai positif dan juga negatif. Hal ini juga terjadi pada setiap kegagalan, paling tidak akan ada satu hal yang kamu syukuri dari kegagalan tidak melulu harus menyesal dan putus asa.

9. Orang hebat selalu mengalami pasang surut kehidupan

10 Pelajaran Hidup Berharga Berkat Kegagalanunsplash.com/Emily Morter

Orang sukses tidak pernah mengalami kesulitan? Siapa bilang? Orang paling hebat di dunia ini pun pasti pernah mengalami kegagalan dan rasa putus asa dalam dirinya namun orang yang mampu menangani perasaan negatifnya seperti inilah yang akhirnya bisa berdiri dengan tegak sampai dengan sekarang.

10. Kegagalan bisa jadi kebiasaan yang menyenangkan

10 Pelajaran Hidup Berharga Berkat Kegagalanunsplash.com/Ehimetalor Unuabona

Ketika kamu sering kali ditolak dan gagal, kamu akan menyadari dan kegagalan bukanlah hal yang besar. Sesering kamu jatuh dan bangkit lagi, kamu akan merasakan kesenangan ketika kamu mulai terbiasa dengan hal tersebut.

 

BACA JUGA: Tips Jitu Menyikapi Takdir Jika Kamu Gagal dalam Mencapai Impian