Hari kemerdekaan negeri tercinta tinggal tiga hari lagi nih. Lalu, bagaimana kamu memaknai kemerdekaan? Jika kamu sudah punya cara memaknai hari kemerdekaan, IDN Times memilih mengekspresikan merayakan kemerdekaan Republik Indonesia dengan menerbitkan 5 ribu eksemplar koran vol2 yang diluncurkan di 8 provinsi: DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, dan Sulawesi Selatan.

Peristiwa Proklamasi Versi Kekinian Jadi Cover Koran IDN TimesPopbela.com/IDN Media

Kali ini IDN Times memilih "Millennial Memaknai Kemerdekaan” sebagai tema koran vol 2. Tak hanya membahas seputar kemerdekaan, tapi artikel khusus berjudul "Apa Definisi Toleransi Menurut Millennial?" juga ada lho di dalam koran IDN Times, gunanya mengingatkan mu kembali Bhinneka Tunggal Ika yang Indonesia miliki. 

Peristiwa Proklamasi Versi Kekinian Jadi Cover Koran IDN TimesPopbela.com/IDN Media

Berbeda dengan headline koran Vol 1 sebelumnya, cover koran kali ini menampilkan interface email yang berisi percakapan antara tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa proklamasi RI: Soekarno, Hatta, Sayuti Melik, Achmad Soebardjo, Fatmawati, dan Tadashi Maeda. Percakapan tersebut menggambarkan persiapan menjelang Proklamasi namun direka ulang dengan setting masa kini.

Bayangkan saja bagaimana susahnya dahulu kala ketika merancang teks proklamasi di tengah situasi yang menegangkan. Cover IDN Times dibuat gaya masa kini demi menyegarkan kembali ingatan para millennial dan gen z tentang sejarah proklamasi. Apalagi sebagian dari kita banyak pula yang yang lupa atau bahkan baru tahu kalau selain Soekarno & Hatta, peristiwa proklamasi juga melibatkan beberapa tokoh penting lainnya seperti Achmad Soebardjo, Tadashi Maeda (menyediakan rumahnya sebagai tempat perundingan naskah proklamasi), Fatmawati (menjahit bendera merah putih), dan Sayuti Melik (mengetik naskah proklamasi).

Peristiwa Proklamasi Versi Kekinian Jadi Cover Koran IDN TimesPopbela.com/IDN Media

Atau kamu baru tahu meskipun peristiwa proklamasi terjadi pada tahun 1945, tahun yang tertulis di naskah proklamasi adalah '05 bukan '45? Ya, ini bukan typo tetapi penggunaan tahun tersebut mengikuti tahun Jepang pada saat itu, yaitu 2605.

Tentunya koran IDNTimes terbaru ini juga memenuhi kebutuhan informasi untuk perempuan millennial, pencinta kuliner hingga mama muda dengan memuat signature article dari IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, dan Yummy.

Baca Juga: "Siapa Pribumi Asli Indonesia?" Jadi Headline Koran IDN Times Pertama