Jika di antara kita masih mencari bisnis apa yang akan kita jalani, seorang anak perempuan asal Texas bernama Mikaila Ulmer (11) justru sudah membangun kerajaan bisnis! Ya, bisa jadi Mikaila menjadi pebisnis paling muda di seluruh dunia yang sudah mempunyai bisnis minuman lemonade resep keluarganya. Bagaimana seorang anak berusia 11 tahun ini bisa sukses di berbisnis ya?

Mikaila, Gadis Berusia 11 Tahun yang Sukses Raih Investasi Rp846 juta!bbc.com

Ternyata semua bermula ketika Mikaila dalam satu minggu disengat lebah ketika ia berusia 4 tahun. Bukannya trauma, Mikaila justru penasaran dengan keberadaan lebah di dunia ini, Bela. Untuk menjawab rasa ingin tahunya, Mikaila pun melakukan riset dan hasilnya menyadari Mikaila kalau lebah punya peranan penting dalam ekosistem. Sebab, lebah jadi agen utama penyerbukan untuk 70% tanaman yang kita konsumsi, artinya sekitar 63% pasokan makanan manusia bergantung langsung pada lebah. Mikaila pun sedih banget ketika tahu kalau eksistensi lebah di dunia ini semakin berkurang jumlahnya dan terancam punah.

Mikaila, Gadis Berusia 11 Tahun yang Sukses Raih Investasi Rp846 juta!bbc.com

Mikaila bisa merilis minuman lemonade segar menggunakan resep dari sang nenek, bisnisnya pun ia beri nama “Bee Sweet Lemonade”, yang membandingkan produksi lemonade miliknya dengan brand lain ialah Mikaila mendonasikan keuntungan dari penjualannya kepada organisasi lebah lokal dan internasional! Bahkan tak cuma berdonasi, ketika Mikaila berjualan dan membuka stand, dia pun mengedukasi konsumen tentang manfaat lebah.

Mikaila, Gadis Berusia 11 Tahun yang Sukses Raih Investasi Rp846 juta!bbc.com

Tak mudah puas sepertinya juga harus ditanamkan dalam diri setiap pebisnis. Mikailan pun menunjukkan semangat itu dengan mengikuti kompetisi entrepreneur muda, sebab dia sangat ingin menyebarluaskan pesan penting manfaat lebah. Kerennnya lagi, Mikaila berhasil mendapatkan penghargaan dari Shark Tank sejumlah $60 ribu atau setara Rp846 juta! Saat ini, Bee Sweet sudah didistribusikan di 55 gerai Whole Foods AS.

Good Job Mikaila! Terbukti kan berbisnis itu nggak kenal usia.

Baca Juga: 5 Tips dari Awkarin untuk Kamu yang Mulai Merintis Bisnis Sendiri