Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day 2019 yang dirayakan tiap 8 Maret memang nggak boleh kita lupakan nih, Bela. Sebab, hari tersebut adalah momen spesial buat para perempuan, ingat kan bagaimana dulu perempuan dianggap sebagai ‘makhluk nomor 2’? Ya, berkat gerakan perempuan pada tahun 1909 yang melakukan pemogokan kerja pegawai perempuan di salah satu pabrik garmen di New York, barulah kehadiran perempuan diakui dan perlahan mendapat hak yang setara dengan pria. 

Hari Perempuan Internasional pun membuat berbagai instansi ikut merayakan hari bersejarah ini. Seperti UN Women, European Commission saja pernah membuat kompetisi membuat komik dan kartun bertema Kesetaraan Gender, uniknya karya lomba ini tidak diperbolehkan menggunakan narasi. Berikut karya menyentuh yang bertemakan kesetaraan gender.

Karya Emilio Morales Ruiz ini menggambarkan balon berbentuk simbol gender dengan tinggi yang tidak setara. Maknanya perempuan seharusnya berhak mendapat kesempatan yang sama seperti para pria.

7 Karya Seniman yang Suarakan Perjuangan Perempuan Tuntut KesetaraanDavid Ibáñez Bordallo

Karya David Ibáñez Bordallo, Spanyol ini ingin menyampaikan pesan harusnya perempuan tak usah percaya dengan dongeng, karena kita sangat superpowerful!

7 Karya Seniman yang Suarakan Perjuangan Perempuan Tuntut KesetaraanSamuel Akinfenwa Onwusa

Miris ya ketika melihat komik karya Samuel Akinfenwa Onwusa. Komiknya ini merefleksikan bagaimana perempuan menerima penolakan dan mengalami intoleransi di dunia kerja, padahal latar pendidikan sang perempuan membuatnya mampu mendapatkan posisi kerja yang ia lamar.

7 Karya Seniman yang Suarakan Perjuangan Perempuan Tuntut KesetaraanAkinfenwa Onwusa

Aleksi Siirtola, asal finlandia ini ingin menyampaikan pesan lewat gambarnya bahwa setiap perempuan di seluruh dunia memperjuangkan kesetaraan hak.

7 Karya Seniman yang Suarakan Perjuangan Perempuan Tuntut KesetaraanAleksi Siirtola

Melihat gambarnya saja sudah paham kan kalau perempuan harus merintis karier dengan proses yang sulit, itulah yang ingin disampaikan seniman Agata Hop, dari Polandia.

7 Karya Seniman yang Suarakan Perjuangan Perempuan Tuntut KesetaraanAgata Hop

Lewat karyanya, Joanna Grochulska ingin menyampaikan kalau perempuan itu makhluk yang kuat. Kita bisa memperbaiki kondisi di dunia ini. Dan yang paling penting, perempuan sudah melakukannya sedari dulu!

7 Karya Seniman yang Suarakan Perjuangan Perempuan Tuntut Kesetaraan

Komik Laurence Herfs membuktikan kalau perempuan juga bisa melakukan apapun yang ingin ia kerjakan, tak ada batasan!

7 Karya Seniman yang Suarakan Perjuangan Perempuan Tuntut KesetaraanLaurence Herfs

Happy International Women Day, Bela!

Baca Juga: Diperingati Setiap Tahun, Ini Sejarah Hari Perempuan Internasional