Meski belum resmi jadi pengacara, tapi Kim dan tim legalnya sudah membantu 17 tahanan narapidana narkoba non-kekerasan bebas dari penjara dalam waktu 3 bulan belakangan. Kim Kardashian West, memang mengimpikan ingin menjadi pengacara. Demi mewujudkan mimpi, istri Kanye West ini rela belajar selama 18 jam perminggu untuk mengikuti ujian pengacara dan diperkirakan pada awal tahun 2022 Kim akan menjadi pengacara. Lalu bagaimana Kim Kardashian bisa terlibat membantu membebaskan tahanan narapidana narkoba?

Berhasil Lobi Donald Trump

Kim Kardashian Berhasil Bebaskan 17 Tahanan Narkoba Non-Kekerasan cnn.com

Misi sosial Kim Kardashian ini bisa terjadi berkat keterlibatannya dalam gerakan ‘90 Days of Freedom’ yang dirilis oleh pengacara Kim, Brittany K. Barnett dan pengacara MiAngel Cody dari ‘The Decarceration Collective’. Nggak hanya sekedar sumbang dana saja, tapi Kim juga nggak ragu untuk terlibat penuh dalam  membantu membebaskan narapidana narkoba non-kekerasan yang dihukum seumur hidup. Tapi Kim ternyata nggak hanya tinggal diam, bahkan pengacaranya pun mengakui misi ini belum tentu berjalan kalau tanpa Kim.

Buktinya, pada tahun lalu Kim menemui Donald Trump di Gedung Putih mendiskusikan kasus Alice Marie Johnson (63), tahanan narkoba non-kekerasan yang sudah dipenjara selama 21 tahun. Pada pertemuannya itu, Kim meminta Trump untuk memberikan pengampunan terhadap Alice. Beberapa minggu kemudian, Trump langsung memberi grasi dan membebaskan Alice dari penjara. Terbukti ya kalau link itu penting banget, mengingat Kim dan Kanye West juga cukup dekat dengan Trump sejak ia dan sang suami mendukung Trump menjadi presiden sejak masa kampanye.

“Dia menggunakan ketenarannya untuk memberi harapan pada isu ini,” ucap Barnett, pengacara pribadi Kim. “Dia sangat membantu pekerjaan kami selama ini, dan ia membantu memperkuat suara tahanan yang tidak mendapat hak bebas bersyarat, ranah ini memang benar-benar passion dirinya,” tambah Barnett seperti yang sudah diterbitkan BuzzFeed News.

Tahanan yang Sudah Terbebas dari Penjara

Kim Kardashian Berhasil Bebaskan 17 Tahanan Narkoba Non-Kekerasan 

Bahkan tak cuma Alice saja yang jadi tolak ukur kesuksesan Kim beserta pengacaranya, tapi juga masih banyak nama lainnya. Seperti Jamelle Carraway, Eric Balcom, dan Terrence Byrd.

Jamelle Carraway yang kini sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga setelah menjalani masa hukuman di penjara selama 11 tahun. Jamelle yang ditangkap saat ia berusia 31 tahun karena kepemilikan kokain ini kini tinggal dan bekerja di Illinois meski butuh waktu lama untuk kembali terbiasa menyatu dengan banyak orang.

Sedangkan Eric Balcom, baru bisa kembali ke rumahnya di Florida dan bertemu ibunya untuk pertama kali setelah 16 tahun dipenjara. Ia ditangkap karena narkoba saat usianya berusia 29 tahun tanpa mendapat pembebasan bersyarat.

Lalu Terrene Byrd, setelah dipenjara selama 25 tahun, kini ia bisa kembali memeluk neneknya (96) yang telah membesarkannya dari kecil.

Misi sosial Kim Kardashian West, Brittany dan MiAngel memang bukanlah kasus yang mudah, terlebih lagi masih banyak ratusan tahanan narkoba non-kekerasan yang tidak mendapatkan pembebasan bersyarat dan harus tinggal di dalam sel seumur hidup. Namun semua pihak yang terlibat mengaku akan mendedikasikan diri mereka atas kasus ini.

Baca Juga: Posting Foto Liburan ke Bali, Kim Kardashian Disemprot Netizen