Tangga adalah sebuah konstruksi yang dirancang untuk menghubungi dua tingkat vertikal yang memiliki jarak satu sama lain. Tangga di dalam rumah tingkat dua atau lebih memang berfungsi menghubungkan kita dari satu lantai ke lantai lainnya untuk menuju area kamar atau ruang kerja. Tapi bagi kamu yang concern banget dengan desain interior berfungsi maksimal, memikirkan desain tangga nggak akan mungkin dilupakan. Bahkan kini tangga nggak hanya sekedar berfungsi menjadi penghubung dari lantai satu ke lantai dua, tapi juga punya fungsi lain, seperti menjadi tempat duduk santai singkat, atau bahkan jadi point of view di dalam ruangan.

Jika kamu ingin mempunyai tangga dengan desain yang nggak membosankan, tentu kamu harus punya banyak referensi, pula harus memikirkan dari berbagai aspek. Jika kamu ingin memiliki tangga minimalis, walau terkesan sederhana dan nggak makan banyak tempat, tetapi selain memikirkan desain tangga yang diinginkan, kamu tetap harus memikirkan di area mana tangga akan dibangun, dan apa material yang digunakan.

Hal yang Harus Dipikirkan Membuat Tangga

Inspirasi Desain Tangga Minimalisdesignboom.com

Membangun tangga sebetulnya butuh perhatian yang detil, seperti memikirkan rencana, perkiraan, penghitungan dan konstruksi. Pertama-tama, kita harus memikirkan apa fungsi tangga yang kamu inginkan, apakah tangga yang akan dibangun untuk di luar atau di dalam rumah? Lalu material apa yang digunakan?

Jika kamu ingin membangun tangga di dalam rumah atau tangga interior, konstruksi tangga harus dipilih menggunakan material yang butuh perawatan ekstra, sedangkan tangga eksterior di luar rumah, harus dipilih material yang tahan untuk segala cuaca, supaya awet.

Untuk fungsinya, kamu juga harus menentukan apakah tangga di dalam rumahmu nantinya menjadi tempat penyimpanan furnitur lain dan wajib memikirkan berat furnitur penghias yang akan ditaruh di atas tangga. Hal lain yang harus kita perhatikan adalah anak tangga tidak boleh licin, tanpa ada baut, sekrup, atau paku yang menonjol.

Model Tangga Minimalis

Setelah mempertimbangkan segala halnya untuk membangun tangga dan memilih desain tangga minimalis, berikut ini rekomendasi desain dan model tangga minimalis yang unik untuk menjadi referensimu.

1. Tangga Floating

Inspirasi Desain Tangga Minimalisgenico.be

Metal stairs atau tangga logam berwarna hitam cocok dengan hunian yang mengadaptasi konsep modern dan industrial pada interiornya. Selain memberi kesan fancy, tangga bermaterial metal ini perawatannya sangat mudah, cukup bersihkan menggunakan kain, tangganya akan kembali kemilau. Desain tangga floating seperti foto di atas juga bisa kamu aplikasikan, tetapi risikonya akan berbahaya bagi anak kecil. Sebaiknya lengkapi tangga menggunakan pegangan tangan dengan sudut bulat. 

2. Tangga Modern Industrial

Inspirasi Desain Tangga Minimalisdesign-milk.com

Jika kamu ingin punya tangga dengan bentuk konvensional tapi tetap terlihat modern, kamu bisa mencontoh desain tangga bermaterial baja seperti di atas. Desainnya yang sederhana tetap terlihat modern karena pilihan warna tangga berwarna hitam, serta tralis pegangan tangga yang memberi tampilan ala industrial.

3. Tangga Gantung

Inspirasi Desain Tangga Minimalislux-art.lu

Jika menginginkan tangga gantung seperti di atas, sesuaikan pula dengan desain rumahmu, apakah di lantai dua akan tertutup seperti di foto di atas. Jika interiormu sama persis, kamu bisa mencontek desain tangga gantung material baja di atas, dengan desain unik ini akan membuat hunianmu juga terlihat lebih berkarakter.

4. Tangga Urban Modern

Inspirasi Desain Tangga MinimalisFuturistarchitecture.com

Desain interior Urban Modern adalah gaya menata ruang dengan pengaruh atau nuansa kosmopolitan namun tetap memberi unsur yang lembut. Contohnya seperti interior pada foto di atas, ruangannya tak terlalu dipenuhi banyak furnitur, kelihatannya begitu lapang dan homey, tangga bentuk konvensional warna hitam tetap terlihat modern dan menyatu dengan ruangan karena frame pegangan tangan menggunakan kaca.

5. Tangga Kantilever Bentuk Kotak

Inspirasi Desain Tangga Minimalisdailytonic.com

Desain tangga floating karya Kenji Ido berbentuk box ini termasuk jenis tangga berdesain kantilever atau tangga yang memberi ilusi melayang. Memang banyak banget bentuk anak tangga dengan desain kantilever atau floating, tapi desain satu ini layak dicoba supaya nggak pasaran dan unik.

6. Tangga Kaca

Inspirasi Desain Tangga Minimalisdesignboom.com

Tangga kaca pada hunian di Funabashi, Jepang ini memang terlihat sophisticated. Tentu sang arstektur sangat merencanakan konstruksi tangga dengan maksimal, mulai dari ketebalan kaca dan penggunaan tangga hingga perawatannya. Tertarik?

Keenam desain tangga minimalis di atas memang sangat menarik ya? Tetapi jangan dipaksakan jika desain tangga nggak sesuai dengan bangunan rumah. Pastikan memilih desain tangga yang aman juga buat penghuni rumah ya.

Baca Juga: Desain Tempat Tidur Tingkat Minimalis Yang Instagramable