Walau sebetulnya kehadiran aplikasi wajah tua, FaceApp sudah pernah viral pada tahun 2017 lalu, aplikasi Artificial Intelligence (AI) karya Yaroslav Goncharov asal Rusia ini kembali trending. Nggak hanya seleb Hollywood saja yang menggunakan aplikasi ini, tetapi juga seleb Indonesia. 

Setelah viralnya aplikasi wajah tua, beredar kabar kalau FaceApp bisa saja mencuri datamu, banyak pula yang menyarankan untuk segera menghapus aplikasi FaceApp karena dianggap nggak menjaga privacy pengguna. Jadi yang benar gimana dong?

Soal privacy, melansir Forbes, Elliot Alderson ahli cyber asal Paris ini mengatakan FaceApp hanya mengambil potret yang kita pilih untuk diedit. Servernya pun sebetulnya berpusat di Amerika, tepatnya di pusat data Amazon AS dan Australia. Alderson juga mengatakan kalau aplikasi FaceApp menggunakan developer pihak ketiga untuk menjangkau server mereka.

FaceApp Ancam ‘Privacy’ Pengguna, Haruskah Uninstall?stayhipp.com

Pastinya walau server mereka berada di luar Rusia, tetap saja wajah kita akan terlihat dan proses editingnya juga dilakukan di perusahaan mereka yang berbasis di St. Petersburg, Rusia. Tapi belum ada kejelasan detil seberapa dalam pekerja FaceApp bisa mengakses data kita. Lalu bagaimana dengan privacy yang seharusnya kita dapat ya?

Meski belum ada tanggapan resmi dari founder FaceApp soal jaminan privacy, peneliti iOS Will Strafach mengatakan sebetulnya bisa saja foto yang kita unggah ke aplikasi diedit oleh handphone kita sendiri mengingat fitur Android dan iOS memang sudah mendukung. Tetapi FaceApp sepertinya tetap menggunakan alat mereka untuk memproses foto AI.

FaceApp Ancam ‘Privacy’ Pengguna, Haruskah Uninstall?

Tapi kalau kamu concern banget dengan privacy, selain uninstall FaceApp, kamu juga bisa menghindari si aplikasi membaca lokasimu berada. Caranya, ubah pengaturan pada iPhone atau Android milikmu, jika menggunakan iPhone, klik Setting > Slide ke bawah klik aplikasi FaceApp > lalu matikan tombol hijau Camera dan klik “Never” supaya FaceApp tidak bisa mengakses galeri fotomu, contohnya seperti di atas. 

Jika menggunakan Android cukup ikuti cara ini, klik Settings > More Setting > App Manager > Matikan semua setting akses foto. Detilnya, bisa dilihat foto di bawah ini.

FaceApp Ancam ‘Privacy’ Pengguna, Haruskah Uninstall?Instagram.com/agnezmo

Baca Juga: Cara Pakai Aplikasi FaceApp untuk Ikutan #AgeChallenge