Desain Curriculum Vitae (CV) saat ini semakin beragam. Sebelum perekrut bertemu dengan mu, CV menjadi penilaian pertama. Jadi jika kamu ingin memberi kesan pertama yang baik, desain CV yang menarik dan tak membosankan jadi cara ampuh. Ya, kesan pertama memang selalu penting, nggak heran kalau CV juga jadi penilaian utama, tapi nggak hanya dari desain aja lho, tapi juga informasi yang detil tentang mu, yang bisa membuat perekrut tertarik mewawancarai mu hingga akhirnya kamu jadi karyawan di perusahaan incaran.

Lalu bagaimana membuat CV menarik dan mudah? Tenang, membuat CV lebih menarik lewat online sudah jelas praktis dan gratis. Sebab kita nggak perlu menghabiskan waktu berjam-jam membuat layout CV, memilih font bagus. Terlebih lagi, kita nggak perlu report mengeluarkan uang untuk membayar desain grafis untuk membuat CV yang cantik dan menarik.

Memanfaatkan situs online gratis untuk membuat CV memang jadi solusi, begini cara membuat CV menarik sesuai selera mu, Bela.

Cara Membuat CV

Sebelum membahas step by step dan cara membuat CV online, hal pertama yang harus kamu utamakan ialah melakukan riset jabatan yang kamu inginkan di perusahaan incaran mu. Cari tahu juga informasi detil tentang perusahaan. Cara ini bisa memudah kan mu untuk menyesuaikan visi dan misi perusahaan dengan karaktermu.

Setelah melakukan riset, kamu harus mencatat informasi apa saja yang harus kamu masukkan pada CV. 

Ini Cara Membuat CV Online dengan Hasil Menarik  

Berikut konten yang harus ada dalam CV:

  • Hobi: Tentunya bagian Hobi ini harus berhubungan dengan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jika kamu ingin melamar sebagai penulis, tulis dengan detil jika hobi mu membaca. Lalu tulis pada CV karya novel siapa yang kamu sukai?
  • Training/Pelatihan Terbaru: Jelaskan berapa lama training yang kamu jalani.
  • Pengalaman Kerja: Jelaskan berapa lama kamu bekerja di perusahaan sebelumnya
  • Organisasi: Tulis organisasi yang pernah kamu ikuti, tentunya yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar.
  • Keterampilan yang kamu miliki
  • Personalitas : gambaran singkat karakter dirimu
  • Pendidikan : pendidikan terakhir, jurusan dan IPK
  • Identitas Diri : nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email.

Cara Membuat CV Online dengan Hasil Menarik dan Cantik

Untuk membuat CV yang bagus, Popbela menyarankan mu menggunakan Canva. Website online satu ini sangat mudah digunakan dan punya pilihan layout yang menarik banget. Dijamin nggak norak. So berikut langkah membuat CV online menggunakan Canva.

1. Setelah membuka canva.com dan log in. Klik bagian ‘Create Design’, lalu klik ‘Resume’ pada bagian ‘Document’.

Ini Cara Membuat CV Online dengan Hasil Menarik  

2. Lalu Canva akan mengarahkan mu untuk memilih desain layout yang tersedia. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Tapi layout gratis juga nggak kalah menarik kok dibanding berbayar. Jika sudah memilih desain yang kamu suka, kamu sudah bisa mengedit konten CV

Ini Cara Membuat CV Online dengan Hasil Menarik  

3. Oh ya, walau Canva sudah menyediakan layout, kamu tetap bisa kok mengubah warna font serta mengubah jenis font.

Ini Cara Membuat CV Online dengan Hasil Menarik  

4. Jika kamu ingin mengubah background pada CV, kamu juga bisa mengubahnya. Kamu bisa membuka website foto gratis, seperti Pexels atau Unsplash. Lalu upload foto yang akan jadi latar CV

Ini Cara Membuat CV Online dengan Hasil Menarik  

5. Jika sudah selesai mendesain dan mengisi konten, cek kembali hasilnya. Jangan sampai ada typo dan informasi yang tertinggal. Jika sudah yakin CV milikmu sudah sempurna, kamu tinggal klik download dengan pilihan format JPEG, PDF, PNG dan MP4.

Ini Cara Membuat CV Online dengan Hasil Menarik  

Bagaimana dengan cara membuat CV online di atas, cukup memudahkan mu kah? Jadi jangan sampai lupa ya kalau CV itu sangat penting, repot sedikit saat membuat CV yang menarik itu nggak masalah selama bisa memberi dampak positif buatmu ketika melamar kerja.

Baca Juga: Apa Itu Surat Lamaran Kerja? Ini Arti Penting dan Bedanya dengan CV