Home Sweet Home. Kiasan ini sering banget kan kita dengar? Ungkapan ‘Home Sweet Home’ semakin terasa kalau kita lagi bepergian jauh dari rumah, rasanya istirahat paling nyaman itu ya memang di rumah sendiri. Tapi kalau kamu sedang merasa bawaannya malas di rumah, pertanda harus mendekorasi rumah nih, supaya mood positifmu kembali meningkat.

Mendekorasi rumah dengan budget terbatas bukan hal yang nggak mungkin lho, Bela. Kamu bisa memulai dari langkah sederhana, seperti mempercantik dinding rumah dan kamar menggunakan wallpaper tempel dinding. Supaya nggak nambah biaya, lebih baik kamu beli wallpaper lalu memasangnya sendiri deh. Sebetulnya nggak ribet, asal ada kemauan sih sebenarnya. 

Berikut cara memasang wallpaper dinding sendiri di rumah.

Alat yang Harus Disiapkan

Cara Mudah Memasang Wallpaper Dinding Sendiri yang BenarPexels.com/Úrsula Madariaga

Sebelum mulai memasang wallpaper, kamu harus siapkan perlengkapan pendukung ini ya supaya rapi.

  1. Alat Pengukur (meteran)
  2. Sponge
  3. Pen Cutter
  4. Wiper kaca atau bisa juga pakai emoney
  5. Tangga atau kursi

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Cara Mudah Memasang Wallpaper Dinding Sendiri yang BenarPexels.com/Pixabay

Jika perlengkapan di atas sudah siap dan sudah membeli wallpaper sticker, jangan ditunda-tunda lagi kalau mau pasang. So, berikut cara memasang wallpaper dinding sendiri.

  1. Sebetulnya jika kamu ingin mempercantik dinding memakai wallpaper sticker, pastikan dindingmu rata ya kondisinya, alias nggak ada cacat seperti bolong dan kondisi lain yang bisa mengganggu proses pemasangan. Sebaiknya tambal dinding yang bolong jika kamu pengen banget pasang wallpaper.
  2. Jika kondisi dindingmu rata dan masih bagus, berarti kamu tinggal membersihkan dinding dari debu menggunakan sponge kering. Gunanya agar wallpaper dinding menempel dengan sempurna.
  3. Setelah selesai membersihkan dinding, ukur bagian dinding yang kamu inginkan untuk ditempel menggunakan wallpaper. 
  4. Lalu, sesuaikan ukuran wallpaper dengan ukuran dinding, sebaiknya potong dengan pen cutter supaya lebih rapi. Jika nggak punya pen cutter, kamu bisa pakai cutter kertas biasa yang kita gunakan di rumah, pastikan tajam yah.
  5. Jika ukuran wallpaper sudah disesuaikan dengan ukuran dinding, saatnya menempel wallpaper di dinding, siapkan tangga atau kursi yah jika kamu nggak bisa menggapai bagian ujung dinding. Lalu, pastikan kamu sudah membuka sticker dinding sepanjang 20 cm untuk menempel wallpaper secara bertahap. 
  6. Saat menempelkan wallpaper, haluskan dengan menggunakan wiper kaca atau emoney supaya menghindari gelembung udara. Jika wallpaper terlihat tak rata saat ditempel, kelupas kembali secara perlahan dan tempel lagi sambil menghaluskan wallpaper pakai wiper kaca.
  7. Jika ada bagian wallpaper yang lebih, tinggal potong saja mengikuti garis menggunakan pen cutter. 

Itulah tahap dan cara memasang wallpaper dinding sendiri di rumah. Mudah kan? Daripada membayar jasa menempel wallpaper dinding, lebih baik pasang wallpaper dinding sendiri, selain lebih hemat, pasti rasanya puas banget kalau kamu berhasil menantang diri untuk mendekor rumah berkat kerja keras sendiri.