Aplikasi kamera cantik memang jadi sangat fenomenal sejak kemunculannya mengisi ponsel canggih. Baik beberapa perempuan hingga pria juga ikut mencoba dan menggunakan aplikasi kamera cantik. Selain membuat wajah terlihat lebih mulus, aplikasi ini juga membantu kita ketika ingin selfie tapi wajah terlalu dekil karena berkeringat. Tapi tentu saja kecanduan menggunakan aplikasi ‘ajaib’ ini memberi dampak buruk, bisa-bisa kamu kehilangan kepercayaan diri.

Memang aplikasi kamera cantik mana saja sih yang paling sering dipakai? Berikut aplikasi kamera cantik yang bikin foto selfie kita berbeda jauh dengan wajah asli.

1. BeautyPlus

5 Aplikasi Kamera Cantik popbela.com/Rara Peni Asih

Hebatnya, aplikasi kamera cantik ini bisa mengubah warna kulit kita lebih cerah, nama filternya ‘skin-smoothing'. Nggak hanya itu saja, kamu bisa membuat wajah yang berjerawat tampak lebih mulus menggunakan ‘blemish remover’. Aplikasi ini digunakannya cukup mudah, tinggal klik ‘HD Retouch’ tools ini akan bekerja secara otomatis untuk mengubah warna kulit dan kontur wajah. Lihat saja pada foto di atas, ketika mencobanya, saya cukup terkesima dengan hasilnya, karena kulit wajah saya tanpa pori-pori, jauh lebih cerah dan tentunya sangat jauh berbeda dengan wajah asli saya. Gawat kan aplikasi kamera cantik ini canggih banget? Tapi yakin mau terus-terusan pakai kamera cantik?

2. Camera360

5 Aplikasi Kamera Cantik popbela.com/Rara Peni Asih

Camera360 yang sudah memiliki pengguna sebanyak 100 juta dari pengguna ponsel android ini filter kameranya memang benar-benar membuat wajahmu berbeda. Cukup dengan fitur ‘Beauty Selfie’ wajahmu bisa terlihat lebih mulus dan cerah walau tanpa makeup, buktinya pada foto di atas, Bela. Bahkan wajah penulis juga tampak lebih tirus dan dilengkapi makeup menggunakan filter ‘Goddes’ dan ‘Cat eye’. Hmmm, walau hasilnya memuaskan mu, kurangi penggunaan kamera cantik ya, just show your natural beauty darling. 

3. B612

5 Aplikasi Kamera Cantik popbela.com/Rara Peni Asih

Aplikasi kamera cantik yang sudah rilis sejak tahun 2014 ini bisa membuat warna kulit lebih cerah dan mampu membentuk wajah mu lebih tirus atau sesuai keinginanmu. Dan ketika mencobanya, tanpa perlu klik filter atau mode natural, kamera B612 ini benar-benar sesuai fungsi sebagai aplikasi kamera cantik. Ya, tanpa filter saja kamera ini sudah menampilkan skin tone wajah yang berbeda dengan hasilnya. Berbeda jauh kan dengan skin tone asli saya? Selain itu, aplikasi kamera cantik ini juga mempunyai sticker gemas untuk menambah hasil foto mu terlihat lebih cute

4. Perfect365

5 Aplikasi Kamera Cantik popbela.com/Rara Peni Asih

Bisa dibilang, aplikasi kamera cantik yang satu ini punya keunikan tersendiri. Sebab, Perfect365 adalah aplikasi edit foto untuk membuat wajah mu yang polos alias bare face berubah jadi berwarna, alias full makeup. Aplikasi kamera cantik ini punya sekitar 20 peralatan makeup yang bisa dipakai oleh penggunanya. Pilihan konsep makeup pun beragam, mulai dari makeup sehari-hari, smoky, romantic hingga wild! Bahkan kamu bisa mencoba hasil gaya makeup karya makeup artist hingga brand. Uniknya, aplikasi ini masih mempertahankan skin tone aslimu, Bela.

5. Snow

5 Aplikasi Kamera Cantik popbela.com/Rara Peni Asih

Aplikasi kamera cantik Snow memang banyak banget yang pakai. Sebab, dengan aplikasi ini, kamu bisa mempercantik diri dengan tools custom beauty effects dan stylish AR makeup yang ada pada Snow. Setelah saya mencoba, ternyata kamera Snow ini sama seperti kamera B612 yang langsung menampilkan wajahmu lebih cerah tanpa menggunakan tools apapun. Namun kalau klik filter ‘Adorable’ wajahmu otomatis lebih tirus. Bahkan tools custom beauty effects-nya pun sangat lengkap, kamu bisa mengubah wajah tanpa makeup menjadi full makeup. Lihat foto di atas, tanpa pakai makeup dan soft lens saya bisa mengubah wajah sesuka hati cukup dengan aplikasi kamera cantik ini. Begitu juga dengan warna kulit wajah saya, berubah drastis dari aslinya. Parahnya lagi, aplikasi kamera cantik ini bisa menyimpan setting custom beauty effect yang sudah kamu buat, jadi jika esoknya kamu membuka aplikasi Snow, wajah full makeup lah yang langsung muncul di kamera handphone kalau kamu mau selfie. Hmm jadi mau pilih cantik virtual aja atau cantik alami nih?

Dari kelima aplikasi kamera cantik di atas, memang sih terkadang membantu kita untuk menyamarkan wajah kita yang sedang keringetan dan terlihat nggak segar. Tapi, ketergantungan aplikasi kamera cantik juga nggak baik buat psikis kita. Sebab, kepercayaan diri bisa-bisa perlahan menghilang. Jadi, mulailah menghindari menggunakan aplikasi kamera cantik terlalu sering ya, Bela. Penulis saja lebih memilih menggunakan kamera bawaan handphone dan tanpa menggunakan dan menginstal aplikasi kamera cantik (langsung uninstall setelah mencoba aplikasi ini untuk kebutuhan artikel). Sebab, menunjukkan wajah natural lebih real dibanding virtual. Just keep being you!

Baca Juga: Efek Psikologi yang Timbul dari Kamera Cantik