Setelah kamu sudah mengetahui kesibukan tim editorial Popbela.com mulai dari Editor in Chief, Fashion Editor, Beauty Editor, Creative Writer hingga SEO Specialist, hari ini aku menyempatkan waktu untuk gantian bercerita mengenai kegiatanku sebagai Community Manager di Popbela.com. Sebagai Community Manager, aku bertugas membangun komunitas di Popbela.com, oh ya karena Popbela.com sedang membuka lomba menulis, jadi belakangan ini aku sedang fokus mengedit tulisan yang telah dikirim oleh para peserta lomba. Kamu tertarik ikut lomba menulis dan memenangkan jutaan rupiah? Aku punya kabar baik buat kamu lho, keep scrolling ya

06.00 AM

Mengingat rumahku di Depok, aku harus memastikan bangun pukul 6, supaya jam 7 tepat aku bisa berangkat menuju kantor dan sampai tepat waktu (meski sering juga meleset lebih setengah jam). Rutinitasku sebelum berangkat itu memaksakan diriku untuk menggunakan beberapa produk kecantikan untuk merawat kulitku yang kering, setelahnya berdandan cukup pakai bedak, lipcream dan "melukis" alis.

A Day in A Life of A Popbela’s Community Manager

07.00 AM

Waktunya berangkat! Aku pecinta transportasi umum, biasanya dari rumah, aku naik ojek langgananku menuju pasar minggu, alasannya biar cepat, tapi jalurku terkadang suka ajaib, yang tadinya dari rumah lancar banget, eh sampai di kawasan condet, mulai terlihat "lautan" kendaraan motor memenuhi dua jalur! iya dua jalur, dan nggak ada Polisi yang terlihat. Kalau sudah begini cuma bisa pasrah. Lalu sesampainya di Pasar Minggu, aku naik kopaja menuju kantor, yes aku memang senang banget naik bus, angkot dan kereta. Selain murah, aku suka memerhatikan para penjual asongan. 

Hanya satu penjual permen asem dan jahe yang membuatku berkaca untuk mensyukuri hidup ini, dia adalah seorang ibu berjilbab yang selalu tersenyum ramah ketika menawarkan barang dagangannya, ia juga memanggil konsumennya dengan sebutan "nak" kepada pembeli yang masih muda. Ya, senyumnya membuatku merasa haru dan mengingatkanku untuk bersyukur. Bayangkan Bela, di terik matahari ia tetap gigih berjualan sambil menggendong tas besar dengan beban yang aku yakin cukup berat. 

A Day in A Life of A Popbela’s Community Manager

09:00 AM

Biasanya aku dan teman-teman lainnya mulai membuat News yang telah disetujui oleh Editor in Chief. Yap, tiap paginya kami selalu memilih topik news dan menunggu persetujuan Editor in Chief, topik yang menariklah yang biasanya menjadi pilihan. Oh ya meski jabatanku sebagai Community Manager, aku juga berkewajiban menulis News khususnya section Career yang belakangan ini sempat membahas pemilihan Presiden US dengan konten yang ringan. Pusing juga kan membahas politik dengan isi yang terlalu berat? Supaya nggak ngantuk aku terbiasa minum kopi, aku memang suka banget sama kopi, tapi bukan coffee expert ya. 

A Day in A Life of A Popbela’s Community Manager

12:00 PM

Terkadang kalau sedang mengejar deadline, aku bisa makan di meja kantor sambil mengerjakan tanggung jawabku sebagai Community Manager, yaitu mengedit tulisan kiriman dari pembaca setia Popbela. Yap, Popbela sangat welcome lho kepada para pembaca yang hobi menulis. Kamu salah satunya kah? Kalau iya, kamu bisa kirim ke community@popbela.com. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan jutaan rupiah lho, karena kebetulan Popbela sedang membuka lomba menulis artikel mengenai Relationship dan Beauty! Aku senang dan bangga banget ketika mengedit tulisan peserta lomba. Karena mereka sangat serius dan benar-benar menyesuaikan gaya tulisan Popbela! I really appreciate them. Oh ya, banyaknya jumlah kiriman tulisan dari pembaca juga berkat tim Social Media Manager, Donny Andrian dan Janet Valentina, sebagai Digital Media Strategist begitu juga dengan tim IDNtimes.com, yakni  Ernia dan Ruth, meski mereka di Surabaya, keduanya rela "digangguin" dengan pertanyaanku. They're so helpful dan menyadarkanku bahwa teamwork adalah hal yang sangat penting. 

A Day in A Life of A Popbela’s Community Manager

3:30 PM

Nggak jarang pula aku ditugaskan Editor in Chief untuk menghadiri undangan food review di sebuah resto, dan biasanya hanya mengabiskan waktu 2 jam untuk liputan resto. Aku menganggap undangan semacam ini sebagai "bonus". Selain bisa refreshing ke luar kantor, aku bisa bertemu dengan jurnalis dari media lainnya dan bisa menikmati makanan lezat sambil mendengar penjelasan penyajian makanan yang kusantap langsung dari Chefnya! Nggak heran deh kalau berat badanku  naik terus, bye bye diet.

A Day in A Life of A Popbela’s Community Manager

7:30 PM

Setelah pukul 6 kembali ke kantor, dan kembali mengedit tulisan, tepat pukul 19:30 aku sudah harus pulang karena bus yang sering aku tumpangi sangatlah langka. Aku bisa menunggu bus selama 30 menit. Atau kalau menyerah, aku naik Transjakarta menuju stasiun Sudirman. Seperti yang sudah aku bicarakan di atas, aku memang pengguna transportasi umum, keuntungan lainnya ketika aku naik kereta ataupun bus, tanpa sengaja aku bisa bertemu dengan teman kampus atau teman sesama jurnalis dari media lain! 

A Day in A Life of A Popbela’s Community Manager

12:00 AM

Setiap harinya aku selalu sampai rumah pukul 22:30. Biasanya aku menyempatkan waktu untuk ngobrol dengan adikku, terkadang kami juga sharing mengenai pekerjaan masing-masing. Setelahnya, aku menyempatkan waktu mencari berita menarik yang bisa aku sadur esok harinya dan termenung sambil melihat lukisan "absurd" ku yang terpajang di dinding kamarku. Saat mulai ngantuk, aku langsung mematikan lampu kamar, mematikan telepon genggamku dan tidur!

A Day in A Life of A Popbela’s Community Manager

Bagi kamu yang tertarik ikut lomba menulis, ditunggu ya kiriman tulisannya. dan terimakasih sudah membaca.

 

BACA JUGA: A Day in A Life of Popbela’s SEO Specialist