Kisah nyata, khususnya biopik, tampaknya masih menjadi tren Bollywood pada tahun 2019 ini. Soalnya, sederet film yang diangkat dari kisah perjalanan hidup seseorang, terus menuai apresiasi positif. Pada tahun 2018 lalu, ada Sanju dan Padman, yang sukses mencuri hati para moviegoers.

Memang, film-film biopik mampu menawarkan cerita yang menarik tentang perjuangan hidup. Di dalamnya terdapat emosi dan motivasi yang bisa membuat penontonnya terikat dengan tokoh. Bollywood, tampaknya pandai mengemas cerita tersebut menjadi sebuah pengalaman menonton yang berharga.

Pada tahun-tahun sebelumnya, kebanyakan film biopik Bollywood menampilkan laki-laki sebagai tokoh utama. Walaupun kisahnya tentang perempuan, tetap saja tokoh utamanya laki-laki, seperti film Dangal (2016) dan Chak de! India (2007).

Namun pada tahun 2019 ini, terdapat enam film biopik yang benar-benar menceritakan perjuangan perempuan di India. Film apa saja itu? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. Manikarnika: The Queen of Jhansi

6 Film Biopik Bollywood 2019 Ini Tampilkan Sosok Perempuan nan Tangguh

Aktris Kangana Ranaut didapuk untuk menjadi Ratu Jhansi bernama Manikarnika. Tokoh Manikarnika sendiri diketahui merupakan seorang ratu yang memimpin perang kemerdekaan melawan Inggris pada zamannya. Manikarnika ini seperti Cut Nyak Dien-nya Indonesia.

Selain berperan sebagai aktris utama, Kangana Ranaut juga bertindak sebagai co-director alias asisten sutradara. Menarik untuk dinantikan bagaimana film yang benar-benar berpusat pada perempuan, khususnya kepahlawanan di India. Film Manikarnika: The Queen of Jhansi ini sesuai jadwal bakal rilis pada tanggal 25 Januari.

2. Chhapaak

6 Film Biopik Bollywood 2019 Ini Tampilkan Sosok Perempuan nan Tangguh

Aktris Deepika Padukone bakal membawakan kisah nyata dari seorang perempuan pemberani India bernama Laxmi Agarwal. Laxmi adalah seorang aktivis pembela hak-hak perempuan di Negeri Mahabharata itu.

Sebelumnya, Laxmi sendiri merupakan korban selamat dari serangan asam, setelah menolak lamaran menikah dari seorang pria. Ketika serangan itu terjadi, dia baru berusia 15 tahun.

Sangat menarik untuk mengetahui bagaimana cerita korban serangan asam yang ketika itu masih muda, berubah menjadi perempuan perkasa yang membela sesamanya.

3. Shakeela

6 Film Biopik Bollywood 2019 Ini Tampilkan Sosok Perempuan nan Tangguh

Aktris Bollywood Richa Chadha bakal bermain peran sebagai Shakeela Khan, seorang bintang film dewasa era tahun 1990-an. Film Shakeela sendiri menceritakan bagaimana perjuangannya membebaskan diri dari budaya yang ketat di India.

Betapa tidak, sejak dia merintis karier sebagai aktris, dia sering mendapat penghinaan dan berbagai tindak perundungan. Namun, dia tak patah arang sehingga membuat dirinya sebagai salah satu aktris paling berpengaruh di India. Bahkan, dia acap kali disebut-sebut sebagai revolusioner sejati dalam industri perfilman di India, khususnya di bagian selatan.

4. Gunjan Saxena

6 Film Biopik Bollywood 2019 Ini Tampilkan Sosok Perempuan nan Tangguh

Aktris Janhvi Kapoor, yang juga mantan aktris cilik Bollywood, bakal bermain peran yang cukup menantang. Dia akan memerankan tokoh pilot perempuan pertama yang terbang di medan perang bernama Gunjan Saxena.

Gunjan Saxena sendiri merupakan pilot pesawat pengangkut logistik tempur yang turut serta dalam Perang Kargil antara India dan Pakistan yang meletus pada tahun 1999.

Film yang dirilis pada tanggal 30 Agustus ini layak untuk ditonton, karena menampilkan perempuan berani yang menyelamatkan para prajurit India yang notabene laki-laki.

5. Saina

6 Film Biopik Bollywood 2019 Ini Tampilkan Sosok Perempuan nan Tangguh

Dalam film yang disutradarai Amol Gupte ini, Shraddha Kapoor akan memainkan peran sebagi ikon olahraga bulutangkis India, Saina Nehwal. Mantan pebulutangkis nomor satu dunia itu diketahui sukses memenangkan lebih dari 23 gelar internasional.

Film Saina yang belum mengumumkan tanggal rilisnya ini dipercaya akan meluncur pada pertengahan atau akhir tahun 2019. Banyak kalangan yang sudah tidak sabar lagi menunggu film ini diputar karena ingin mengetahui kisah sukses perempuan India di bidang olahraga.

6. Deborah Herold

6 Film Biopik Bollywood 2019 Ini Tampilkan Sosok Perempuan nan Tangguh

Sama halnya dengan Shraddha Kapoor, aktris Bollywood Jacqueline Fernandez juga akan berperan sebagai olahragawan. Kalau Shraddha berperan sebagai pebulutangkis, Jacqueline akan bertindak sebagai atlet bersepeda India bernama Deborah Herold.

Deborah sendiri saat ini masih berusia 23 tahun. Dia meruoakan atlet bersepeda perempuan pertama India yang mengikuti ajang Union Cycliste Internationale. Deborah juga menjadi waktil India di cabang balap sepeda Asian Games 2018 Jakarta - Palembang.

Yang menarik dari Deborah adalah, dia merupakan korban selamat dari bencana tsunami tahun 2004. Bencana yang sama dengan yang melanda Aceh. Menarik untuk dinanti cerita sukses dari korban bencana menjadi pahlawan bagi negara.

Mulai dari perang, sosial dan olahraga, itulah enam film biopik yang menampilkan perempuan berani dan kuat di India yang dirilis pada tahun ini. Apakah kamu juga sudah tak sabar ingin segera menontonnya?

 

Disclaimer: Artikel ini telah terbit di laman IDNTimes.com dengan judul "6 Film Biopik Bollywood 2019 Ini Tampilkan Sosok Perempuan nan Tangguh".