“Hei sahabat, kali ini aku akan menunjukkan tutorial makeup menggunakan balon. Pertama-tama, aku mau pake foundation..”

Begitulah kalimat yang keluar ketika Rahmawati Kekeyi, beauty vlogger sedang menunjukkan tutorial andalannya di program talkshow  “Hitam Putih” (7/11). Berangkat dari Nganjuk, Kekeyi pergi ke studio televisi untuk berbagi pengalaman hidupnya.

Walaupun menjadi orang baru dalam dunia televisi, Kekeyi tampak sangat santai dan ceria. Senyum ramah nggak pernah lepas dari wajahnya, sesekali Kekeyi juga melemparkan candaan. Bahkan ketika menceritakan perundungan yang dialaminya, ia tetap tersenyum.

“Karena aku dulu tuh sempet di-bully ya, katanya aku jelek,” ujar Kekeyi menceritakan alasannya ingin mempelajari make-up.

Meski dirundung karena fisiknya, Kekeyi nggak meratapi nasibnya. Dia berusaha untuk mencintai dirinya dengan menciptakan karya. “Terus aku berpikir, kenapa sih orang pendek, orang gemuk, nggak bisa cantik? Aku harus nunjukkin dong, pada orang, pada temenku kalo aku bisa cantik,” katanya.

Aura positif yang terpancar dari Kekeyi lahir dari rasa sayangnya kepada diri sendiri. Ada banyak situasi yang bisa membuat kepercayaan diri seseorang menurun, entah itu ekspektasi yang terlalu tinggi kepada diri sendiri atau terlalu fokus pada pencapaian orang lain. Untuk membangun hubungan yang sehat antara tubuh dan pikiranmu, kamu harus mempelajari self-love, Bela!

Tiru Cara Rahmawati Kekeyi Menanggapi Perundungan: Balas dengan Karya!

Ketika kamu menyelesaikan sesuatu yang telah kamu perjuangkan, kamu boleh kok merasa bangga pada diri sendiri. Hal ini bisa membangun kepercayaan dirimu. Jangan terlalu sering memberikan kritik, coba deh tantang dirimu untuk terus berpikir positif setiap hari.

Tiru Cara Rahmawati Kekeyi Menanggapi Perundungan: Balas dengan Karya!

Seseorang dengan self-esteem yang baik biasanya terlihat dari cara bicaranya. Mereka berbicara dengan assertive, menjaga nada suaranya untuk tetap stabil, juga ditambah gesture tubuh yang mendukung. Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat berguna dalam situasi apapun, kamu bisa lho melatihnya setiap hari.

Tiru Cara Rahmawati Kekeyi Menanggapi Perundungan: Balas dengan Karya!

Ada tiga catatan yang bisa kamu tulis, yaitu: apa saja kekuatanmu, hal yang mendukungmu untuk mencapai kesuksesan, dan hal yang kamu apresiasi dari dirimu sendiri. Kalau self-esteem-mu sedang menurun, kamu bisa membaca catatan itu untuk merasa lebih baik. Kalau ternyata cara ini kurang berhasil, kamu bisa meminta bantuan temanmu untuk meyakinkanmu. Be confident, Bela!

Tiru Cara Rahmawati Kekeyi Menanggapi Perundungan: Balas dengan Karya!

Kamu boleh merasa senang dan bangga ketika temanmu mendapat prestasi. Tapi, jangan sampai kamu tenggelam dalam rasa minder karena itu ya. Kamu harus selalu ingat ini, setiap orang punya timing-nya sendiri.

Tiru Cara Rahmawati Kekeyi Menanggapi Perundungan: Balas dengan Karya!

Ketika kamu menjaga passion-mu, kamu akan lebih fokus untuk produktif. Seperti Kekeyi, dia nggak berhenti belajar makeup meski alat-alat yang digunakannya masih sederhana. Nggak ada yang menghambatmu untuk mempelajari apapun, lho! Ketika kamu bersikap tekun, otomatis kamu jadi lebih pede di bidang itu. Beri bukti bahwa kamu bisa melakukan apapun pada orang-orang yang meragukanmu!

Tiru Cara Rahmawati Kekeyi Menanggapi Perundungan: Balas dengan Karya!

Kamu tahu nggak sih, tersenyum itu bisa membuat perasaanmu jadi lebih baik. Meskipun kamu sedang merasa nggak terlalu bersemangat dan memaksakan dirimu untuk tersenyum, kamu akan merasa lebih lega. Senyum yang kamu jaga di wajahmu juga bisa menular pada orang-orang sekitar lho!

Seperti yang dibilang Kekeyi, “Yang penting itu tetep semangat, tetep ketawa. Optimis aja”.

 

Penulis : Tyas Hanina

Baca Juga: Berkaca dari Kasus Nana Mirdad yang Jadi Korban Perundungan di Medsos