Kamu termasuk orang yang selalu membuka media sosial ketika bangun tidur? Merasa resah ketika internet mati dan nggak bisa mengecek lini masa? Sibuk memeloti notifikasi usai mengunggah foto di Instagram?

Kalau hal-hal ini terlalu sering kamu lakukan, ada baiknya kamu melakukan refleksi diri, apakah selama ini media sosial mengontrol kehidupanmu. Beberapa orang bahkan selebritas luar negeri sempat memutuskan untuk istirahat dari media sosial karena alasan-alasan tertentu lho, seperti Miley Cryrus atau Selena Gomez.

Ketergantungan yang obsesif terhadap media sosial memang nggak baik. Apabila saat ini kamu merasa lelah dengan permainan media sosialmu, ada beberapa pelajaran yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk istirahat dulu nih.

Setelah Vakum dari Media Sosial, Ada 6 Pelajaran yang Bisa Diambil

Ketika perhatian kita berada pada konten yang harus diunggah di media sosial, seringkali kejadian di sekitar malah terlupakan. Misalnya, ketika kamu makan malam dengan keluarga besar atau reuni dengan teman lama. Kalau kamu malah sibuk berfoto dan memikirkan caption yang menarik di Instagram, nantinya kamu malah akan kehilangan momen untuk lebih lama mengobrol dengan mereka.

Jika kamu melepaskan jeratan media sosial itu untuk sementara saja, mungkin kamu akan mendengar kabar eksklusif dari mereka yang nggak bisa kamu saksikan dari unggahan media sosialnya saja.

Setelah Vakum dari Media Sosial, Ada 6 Pelajaran yang Bisa Diambil

Saat kamu berhenti membuktikan validitas hubungan pertemananmu lewat media sosial, kamu akan mengetahui siapa saja temanmu yang sesungguhnya. Ketika kamu nggak mengunggah kabar terbarumu, seorang teman akan tetap menanyakan bagaimana kabarmu.

Pada akhirnya, nggak peduli seberapa banyak pengikutmu di media sosial yang benar-benar memedulikanmu adalah teman sejatimu.

Setelah Vakum dari Media Sosial, Ada 6 Pelajaran yang Bisa Diambil

Kamu nggak lagi merasa khawatir yang berlebihan ketika mendapatkan komentar negatif di media sosial. Tidur malammu nggak lagi terganggu memikirkan teman dekatmu nggak pernah melihat Instagram story yang kamu unggah. Selalu fokus pada hal-hal positif dalam hidupmu ya, Bela!

Setelah Vakum dari Media Sosial, Ada 6 Pelajaran yang Bisa Diambil

Waktumu nggak lagi terbuang percuma dengan memegang ponsel saja. Kamu bisa melakukan banyak kegiatan yang sudah lama kamu rasa nggak sempat kamu lakukan seperti berolahraga, membaca buku, atau mencoba resep baru.

Seperti yang tertulis dalam artikel thoughtcatalog.com, “Every day is a chance to start over and the coices you make reflect who you are”.

Setelah Vakum dari Media Sosial, Ada 6 Pelajaran yang Bisa Diambil

Fear of Missing Out (FOMO) adalah salah satu alasan kenapa beberapa orang sangat sering main media sosial. Ketinggalan kabar tentang teman SMAmu yang main ke kafe lucu atau apa yang mantan gebetanmu makan ketika sarapan tadi nggak masalah kok! Nggak semua hal harus kamu ketahui.

Setelah Vakum dari Media Sosial, Ada 6 Pelajaran yang Bisa Diambil

Setelah rehat sejenak dari media sosial kamu jadi punya aura yang lebih positif. Untuk sekali dalam hidup, kamu merasa cukup untuk dirimu sendiri dan selangkah lebih dekat dengan sosok yang kamu idamkan. Kamu nggak lagi perlu menggantungkan diri pada penilaian orang lain di media sosial.

Be happy!

Baca Juga: Belajar Berbisnis di Media Sosial dalam Rangkaian Acara InstaMarket