Bagi kamu yang baru saja memiliki hunian sendiri maupun yang sudah lama. Situasi pandemi ini meningkatkan kreativitas kita dalam mencari ide untuk mengubah penampilan ruangan rumah. Tentu saja, hal tersebut karena rumah menjadi pemandangan sehari-hari yang rasanya ingin selalu ada upgrade.

Masalah umum yang timbul adalah keterbatasan biaya. Tentu di masa serba sulit ini, pengeluaranmu akan fokus mana yang primer, sekunder, kemudian renovasi rumah yang tidak bersifat kerusakan, masuk ke golongan tersier.

Punya budget sisa untuk merombak ruangan rumah demi suasana baru agar lebih betah? Nah, perhatikan dulu tips renovasi rumah dengan biaya rendah berikut ini ya, Bela.

1. Halaman depan

Butuh Penyegaran? Ini 9 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya Terbataspinterest.com

Tip pertama: Tentukan bagian mana yang paling urgent yang ingin kamu renovasi. Misalnya, kondisi taman rumah yang sudah amburadul dan butuh penyegaran. Sesuaikan pula dengan budgetmu ya, Bela. Jangan terlalu memaksakan harus sempurna. Misalnya, cukup mengganti rumput dahulu dengan sedikit tambahan jalan setapak. Hal ini saja sudah memberikan tampilan berbeda. 

Jika ada budget ekstra, baru tambahkan tanaman-tanaman yang kamu idamkan selama ini. Masih ada budget berlebih? Cat ulang pagar atau dinding depan rumahmu, kemudian pelitur kembali bagian-bagian kayu yang sudah mulai memudar.

2. Ruang tamu

Butuh Penyegaran? Ini 9 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya Terbataspinterest.com

Tip kedua: Ada  empat hal sederhana yang bisa mengubah tampilan ruang tamu kamu lebih segar, tanpa harus mengganti perabotan yang sudah ada. Yaitu bisa dengan mengganti warna dinding, memasang ornamen yang mempercantik dinding, mengganti jenis dan warna gorden, hingga memasang vinyl atau parket pada lantai. 

Tapi ingat, tentukan desainmu mau minimalis, kontemporer, industrialis, vintage atau modern. Jangan menggabungkan desain, karena hanya akan membuatmu jadi pusing ketika memasuki ruangan.

3. Ruang Makan

Butuh Penyegaran? Ini 9 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya Terbataspinterest.com

Tip ketiga: take your time. Tidak perlu terburu-buru dalam merenovasi seluruh isi rumah. Gunakan waktu untuk menabung demi mengubah tampilan ruangan lainnya, satu per satu. Contohnya, ruang makan yang bisa saja menyedot budget. Tahukah kamu, dalam dunia desain interior, ada jarak tersendiri antara cahaya lampu ke arah meja makan? Nah, jika kamu sudah menemukannya, dua hal yang bisa mengubah tampilah ruang makanmu adalah mengganti lampu gantung sesuai selera, serta mengubah arah meja makan.

4. Meja makan

Butuh Penyegaran? Ini 9 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya Terbataspinterest.com

Merenovasi set meja makan juga bisa kamu lakukan kok, Bela. Jadi tidak perlu membeli set meja makan baru. Misalnya, dengan mengecat ulang sesuai dengan padanan warna di ruangan, atau menambah busa pada jok dan mengganti cover kursi dengan melapisi kain.

5. Ruang dapur

Butuh Penyegaran? Ini 9 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya Terbataspinterest.com

Memasuki tip kelima, utamakan menggunakan cat waterproof pada ruang dapur ketika akan mengganti warna cat, agar segala kotoran dari proses memasak atau makan, bisa mudah dibersihkan. Sama seperti ruang tamu, ruang dapur juga perlu terlihat cerah dan segar, agar kegiatan masak dan makanmu lebih bersemangat. 

Sayangnya, dapur kerap menjadi 'anak tiri' dalam penataan rumah, sehingga tiga langkah awal yang bisa kamu lakukan dalam merombaknya adalah mengganti warna dinding menjadi lebih cerah, mengaplikasikan parket pada seluruh atau sebagian lantai, hingga faktor penentu—mengganti penataan lampu.

6. Kamar mandi

Butuh Penyegaran? Ini 9 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya Terbataspinterest.com

Terkadang, hal yang membuat kamar mandi senantiasa terasa kotor dan lembap adalah menjadikannya sebagai kamar mandi basah. Di sini kamu perlu biaya sedikit ekstra, untuk mengubahnya menjadi kamar mandi kering minimalis, modern dan kekinian. Untuk dinding, masih bisa mengaplikasikan vinyl yang lebih murah ketimbang menggantinya dengan keramik.

7. Kamar tidur utama

Butuh Penyegaran? Ini 9 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya Terbatasboredpanda.com

Sebagai ruangan paling pribadi, desain kamar tidur sangat menentukan moodmu ketika mau beristirahat dan bangun untuk beraktivitas. Di sini, penting untuk menentukan desain bed set (seprai, sarung bantal, selimut) yang tidak terlalu banyak warna maupun tabrak motif, ya, Bela. 

Langkah awal untuk membuatnya nyaman? Tentukan penataan lampu yang terasa tenang untuk matamu, karpet yang lembut, serta minimalkan perabotan agar hal pertama yang kamu lihat di pagi hari, bukan banyaknya barang yang tergeletak di mana-mana.

8. Kamar tidur anak atau tamu

Butuh Penyegaran? Ini 9 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya Terbataspinterest.com

Tip berikutnya untuk kamar, jika kamar tersebut mungil, kembali lagi penataan lampu yang sejuk untuk mata, warna cat dinding yang tidak terlalu berwarna-warni, serta pemilihan bed set yang modern, menjadi kunci untuk ruangan terlihat nyaman. Pastikan pula cahaya alami matahari bisa masuk dengan leluasa ke kamar tersebut, agar terlihat lebih luas.

9. Teras belakang

Butuh Penyegaran? Ini 9 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya Terbatasboredpanda.com

Terakhir, jika kamu mau merenovasi teras belakang rumahmu, kamu bisa tinggal memberikan karpet dari bahan apapun (kain, rotan, anyaman) serta tambahkan bantal-bantal besar, yang bisa kamu beli paketan secara online. Jadi, menjamu tamu tidak hanya di ruang tamu, bukan?

Itulah 9 tips sederhana untuk merenovasi rumah dengan biaya terbatas yang kamu miliki. Sekali lagi, lakukan secara bertahap, bersabar untuk renovasi ruangan berikutnya dan selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Motif Wallpaper Kamar Tidur yang Siap Bikin Nyenyak

Baca Juga: 9 Desain Lantai Dapur Minimalis yang Bikin Betah 

Baca Juga: 9 Inspirasi Taman Mungil di Halaman Belakang Rumah