Tidak seperti lilin, diffuser listrik dan reed diffuser bebas dari api maupuan asap yang mengganggu, juga tidak memerlukan panas. Aromaterapi ini menyebarkan aroma ke udara secara alami. Ini membuat diffuser menjadi solusi aroma yang lebih praktis untuk beberapa rumah.

Penelitian pun telah menunjukkan bahwa stres dapat menyebabkan peradangan di dalam otot, yang menyebabkan tubuh menjadi gelisah. Jika tubuh gelisah, maka akan membuatmu sulit tidur, bukan? Untungnya, penelitian terbaru menemukan bahwa diffuser adalah sumber aromaterapi yang bagus. 

Menambahkan diffuser ke lingkungan sekitarmu atau ruangan favoritmu sebelum tidur, dapat membantu mengendurkan ketegangan dan meningkatkan kadar oksigen di otot, yang membantu tubuh dalam suasana relaksasi. Secara keseluruhan, saat tubuh rileks dan oksigen meningkat, tidurmu pun akan berkualitas.

Lalu apa bedanya reed diffuser dengan diffuser listrik?

Kelebihan reed diffuser

Mengenal Diffuser, Aromaterapi Masa Kini Pengganti Lilin dan Dupahairessofficial.com

Kelebihan diffuser adalah kenyataan bahwa produk ini dapat bertahan hingga enam bulan, sehingga menghemat waktu dan uangmu. Diffuser dibuat tanpa bahan kimia tambahan dibandingkan dengan penyegar udara, sekaligus memberikan dekorasi yang indah untuk ruanganmu. 

Tidak seperti lilin, kamu tidak perlu khawatir tentang penggunaan listrik atau nyala api untuk menyebarkan aroma ke dalam ruangan. Reed diffuser dapat digunakan di mana saja, dan tahan sepanjang hari. Sebuah produk yang sempurna untuk semua ukuran ruangan dan memberikan hasil yang sama seperti lilin tanpa membawa asap ke dalam ruangan.

Kekurangan reed diffuser

Mengenal Diffuser, Aromaterapi Masa Kini Pengganti Lilin dan Dupablissandcodberry.com.au

Meskipun praktis, namun penelitian baru dari San Diego State University, menunjukkan bahwa wewangian sintetis dalam reed diffuser dapat berdampak sangat berbahaya pada kualitas udara, jika ruangan tempat kamu meletakkannya tidak memiliki jendela atau pintu, untuk membiarkan udara mengalir di saat tertentu. Hal ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan, terutama jika kamu memiliki masalah pernapasan, alergi atau asma.

Jadi, pastikan meletakkannya di ruangan yang memiliki aliran udara cukup, atau rajin membuka jendela dan pintu, agar udara ruangan bisa mengalir dan tergantikan.

Kelebihan Diffuser listrik

Mengenal Diffuser, Aromaterapi Masa Kini Pengganti Lilin dan Dupaallure.com

Kamu pasti pernah melihat alat ini muncul di media sosialmu. Memilki beragam bentuk dan material, cara penggunaannya pun sangat mudah. Cukup mencampurkan air dengan tetesan essential oil pilihan dengan takaran tertentu, lalu diffuser listrik akan mengeluarkan uap wangi ke seluruh ruangan.

Kelebihannya? Kamu bisa mencampurkan aroma sesuai keinginan dan kebutuhanmu saat itu. Berbeda dengan reed diffuser yang sudah dijual dengan aroma yang mereka tetapkan. Selain itu, tidak hanya memberikan aroma, diffuser yang menggunakan essential oil juga bermanfaat untuk kesehatanmu, mulai dari mengurangi gejala GERD, kembung, pusing, hingga gejala flu.

Kekurangan diffuser listrik

Mengenal Diffuser, Aromaterapi Masa Kini Pengganti Lilin dan Dupaunsplash.com/FeliciaBuitenwerf

Tentu nomor satu adalah penggunaan listrik, tapi tidak terlalu besar kok, Bela. Jadi jangan khawatir menyalakannya sepanjang malam. Kekurangan kedua adalah harganya yang cukup mahal (Mulai dari Rp100 ribu-an hingga Rp400 ribu-an), kombinasi dari produk essential oil dan alat diffuser itu sendiri. Apalagi, kamu tidak mungkin hanya membeli satu jenis essential oil. 

Pasalnya, beberapa kondisi tubuh seperti pusing, kembung atau gejala flu, memerlukan beberapa jenis campuran essential oil, untuk membantu meringankan kondisi tersebut saat kamu tidur.

Jadi, siapkan budget, ya.

Jadi, mana yang lebih baik? Kalau menurut Popbela, tidak bisa dibandingkan, ya. Kamu bisa menggunakan keduanya, kok. Misalnya, meletakkan reed diffuser di ruangan yang lebih banyak kemungkinan udara mengalir, seperti ruang tamu, dapur atau ruang makan, serta diffuser listrik di kamar tidur atau kamar mandimu.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Reed Diffuser Lokal untuk Hunianmu Beraroma Kamar Hotel Bintang Lima 

Baca Juga: Ini Dampak Buruk Menggunakan Antiseptik Untuk Diffuser ke Paru-paru

Baca Juga: Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah