Aktor berbakat, Gary Iskak dikabarkan sedang dirawat di rumah sakit, karena mengidap kanker hati. Mengutip dari Instagram story manajer artis Markoneng @markonengjtown pada Jumat (19/06/2021), ia menuliskan "GWS @iskak_gary semoga pulih kembali dari sakitnya amin". Tak lama, sang istri, Richa Novisha menyampaikan bahwa Gary sudah berangsur pulih dan "sedang ditangani dengan baik," tulisnya melaui Instagram Story.

Bgai kamu yang belum familiar dengan aktor 47 tahun ini, ia telah memerankan 36 judul film layar lebar hingga turut berlakon di puluhan sinetron di layar televisi. Aktingnya yang sangat mumpuni dan seringnya senang berkomedi, membuat ia kerap disandingkan bersama Tora Sudiro dan Indra Birowo. Berikut rekomendasi film Gary Iskak yang wajib kamu tonton. 

1. Rumah Ketujuh (2003)

https://www.youtube.com/embed/iqg7ljJj6cU

Ini adalah film layar lebar ketiga Gary setelah Bintang Jatuh (2000) dan Tragedi (2001) yang keduanya adalah arahan Rudi Soedjarwo. Meski kedua film itu tidak terlalu mendapat perhatian publik walaupun turut menjadi film pertama Dian Sastro dan Marcella Zalianty, namun berkat keduanya, nama Gary mulai diperhatikan oleh produser film Indonesia. Setelah Rudi memercayakan Gary kembali di produksi Rumah Ketujuh bersama Riri Riza dan Mira Lesmana, era tahun 2000 menjadi tahun keemasan karier akting Gary Iskak.

2. 30 Hari Mencari Cinta (2004)

Film Terbaik Gary Iskak Selama 20 tahun Terakhirwikipedia.org

Upi Avianto tahu benar bagaimana mengumpulkan idola remaja pada masanya, menjadi satu film yang sukses di pasaran. Dibintangi oleh Nirina Zubir, Maria Agnes, Dinna Olivia, Revaldo, Vino G. Bastian, Luna Maya, Rionaldo Stockhorst, berkisah tentang tiga sahabat yang salah satunya melakukan taruhan menemukan cinta dalam 30 hari dan pemenangnya akan dilayani oleh yang kalah selamanya.

Memang Gary tidak mendapatkan peran utama di sini, namun setelah ini, salah satu shabatnya yang juga seorang sutradara, Rako Prijanto, sudah melirik Gary untuk proyek D'Bijis dan Merah Itu Cinta di tahun 2007.

3. D'Bijis (2007)

https://www.youtube.com/embed/fXVJhVmjD64

D'Bijis hadir di masa gemilang perfilman Indonesia yang sudah bangkit kembali dan bebas merdeka dalam mengeksplorasi cerita, sejak Ada Apa dengan Cinta. Berperan sebagai Bule, Gary bersanding dengan Tora Sudiro, Rianti Cartwright, Indra Birowo dan Darius Sinathrya.

Gary berhasil mendapatkan nominasi di Most Favorite Actor di MTV Indonesia Movie Awards serta Pendukung Pria Terbaik di Festival Film Indonesia, namun sukses menyabet penghargaan Aktor Pendukung Terbaik di Indonesian Movie Awards untuk film ini.

4. Merah Itu Cinta (2007)

https://www.youtube.com/embed/Q8lzioieUAU

Rako tidak salah memilih Gary lagi untuk melakoni peran utama bersama Marsha Timothy. Merah Itu Cinta adalah kisah cinta tragis dengan sentuhan kontemporer. Cinta pada zaman modern yang jauh lebih berbelit ketimbang cinta Romeo dan Juliet. Di sini Gary berperan sebagai Aria, sahabat dan teman SMP Rama (Yama Carlos) yang mengisi hidup Raisa (Marsha). Gary juga sukses menyabet piala Indonesia Film Critics Society sebagai Best Actor untuk film ini.

5. Republik Twitter (2012)

https://www.youtube.com/embed/li0yE0MD1f4

Meski tahun 2009 hingga 2019 menjadi tahun sibuk juga bagi karier akting Gary, namun Republik Twitter adalah yang menarik perhatian Popbela. Bersama dengan Abimana Aryasatya, Laura Basuki, Ben Kasyafani, hingga aktor kawakan Tio Pakusadewo, film ini berkisah tentang kegilaan anak muda akan Twitter dan jejaring sosial.

Adalah Sukmo (Abimana Aryasatya), lelaki jogja yang ambisius, lucu dan cerdas. Sukmo menjalani kesehariannya leih banyak di belakang komputer, hingga ia jatuh cinta kepada Hanum (Laura Basuki), perempuan cantik yang pemurung, yang dikenalnya juga melalui Twitter. Beda di medsos, beda pula di kehidupan nyata, karena Sukmo lupa satu hal, ada kelas sosial di dunia nyata. Itulah yang baru dia sadari ketika bertemu dengan Hanum. 

6. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

https://www.youtube.com/embed/TcHh986XvI4

Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (One Day We'll Talk About Today) adalah film drama keluarga yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Marchella FP, serta dibintangi oleh Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha hingga Ardhito Pramono.

Di web series keluaran Visinema ini memang tidak banyak memunculkan Gary yang berperan sebagai seorang mekanik, namun untuk generasi muda, web series ini termasuk tontonan wajib yang harus ada di list kamu.

7. Unknown (2021)

Film Terbaik Gary Iskak Selama 20 tahun Terakhirinstagram.com/iskak_gary

Sebelum diberitakan dirawat di rumah sakit, saat ini Gary sedang disibukkan dengan proyek film pendek, serta serial misteri bertajuk Unknown, yang ditayangkan di Vidio. 

Mari kita doakan kesembuhan bagi Gary Iskak, agar ia bisa kembali aktif menekuni karier perfilman yang ia cintai, ya, Bela.

Baca Juga: 10 Film Indonesia Bertema Keluarga yang Bisa Kamu Tonton

Baca Juga: Gara-Gara Pandemi, 10 Film Indonesia Ini Rilis di Aplikasi Streaming

Baca Juga: Ini 5 Film Indonesia dengan Adegan Panas yang Jarang Diketahui Orang