Mungkin kamu sudah sangat nyaman dengan interior rumah kamu. Sehingga, ada baiknya kamu turut mengisinya dengan hal-hal positif. Seperti apa? Misalnya dengan memasukkan unsur feng shui ke dalam tata letaknya.

Feng shui merupakan praktik Tiongkok kuno yang memetakan keseimbangan energi, atau chi, melalui kalkulasi ilmiah. Tujuan feng shui adalah mengundang chi positif ke dalam hunian kamu, sehingga hidup kamu terasa berenergi dan seimbang.

Meskipun kami bukan ahli, serta penghitungan sangat bergantung pada ruang kamu yang sebenarnya, namun ada pedoman umumnya nih, Bela. Melansir dari architecturaldigest.com, berikut desain rumah berdasar feng shui yang menginspirasi beberapa energi baik untuk menjadikan rumah kamu senyaman mungkin.

1. Periksan 'posisi komando' kamu

7 Cara Sederhana Menerapkan Feng Shui di Desain Rumah Kamuhappylifeathome.com

Dalam feng shui, salah satu prinsip terpenting adalah posisi komando. Pada dasarnya, ini adalah posisi dari beberapa perabot penting, seperti: tempat tidur (mewakili dirimu), meja (mewakili karier kamu), serta tempat memasak (mewakili kekayaanmu). 

Meskipun kamu mungkin tidak dapat memindahkan tempat memasak, mungkin cukup mudah untuk mengatur tempat tidur dan meja pada posisi yang lebih baik. Hal utama di sini adalah dapat melihat pintu saat berada di tempat tidur atau duduk di meja. 

Hindari peletakkan tempat tidur tepat berhadapan langsung dengan pintu, tetapi juga tidak boleh membelakangi pintu. Semua ini berperan sehingga kamu dapat menerima energi positif yang optimal.

2. Unsur vertikal

7 Cara Sederhana Menerapkan Feng Shui di Desain Rumah Kamuarchitecturaldigest.com

Integrasikan beberapa bentuk dan garis vertikal di rumah, yang mewakili pertumbuhan dan perluasan. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, misalnya menambahkan beberapa pencahayaan dengan cahaya yang bergerak ke atas. Tambahkan pohon ke sudut untuk membuat ruang terasa lebih tinggi. Bisa juga dengan peletakkan rak buku atau rak sepatu di sudut yang memberi kesan ruang lebih tinggi.

3. Jaga kebersihan rumah

7 Cara Sederhana Menerapkan Feng Shui di Desain Rumah Kamuexemplore.com

Memiliki terlalu banyak barang di sekitar kamu, bisa mengganggu kejernihan mentalmu pula, Bela. Dalam feng shui, kekacauan seperti ini diyakini memakan ruang berharga yang dibutuhkan energi baru untuk masuk. 

Sebaiknya, biasakan membersihkan ruangan di rumahmu setiap hari. Tidak hanya akan membuat stres kamu berkurang, tetapi juga akan menciptakan rasa keteraturan. Selain itu, kamu akanmengawali harimu dengan bersih, yang menguntungkan produktivitas kamu pula. 

Pembersihan mudah lainnya namun berdampak besar: jendela rumah (ini dianggap sebagai 'mata' bangunan). Enyahkan debu pada kaca jendela, untuk memaksimalkan sinar matahari yang masuk.

4. Kosongkan selasar depan

7 Cara Sederhana Menerapkan Feng Shui di Desain Rumah Kamuthespruce.com

Dalam ilmu feng shui untuk desain rumah, pintu masuk mewakili cara energi memasuki rumah dan kehidupan kamu. Singkirkan tumpukan benda tidak penting, seperti sepatu dan kaus kaki yang bertebaran. 

Jika kamu punya ruang, tambahkan beberapa tanaman dan karya seni. Lakukan apa pun yang kamu bisa untuk membuat area tersebut terasa mengundang. 

Kristin Esposito, seorang arsitek interior dan desainer yang mempelajari feng shui, mengatakan "Selalu coba untuk menyertakan pengait untuk mantel dan penyimpanan untuk perlengkapan hujan atau payung. Penting bahwa semua barang ini memiliki 'tempat sendiri untuk disebut rumah'. karena mereka menahan energi dunia di luar pintu depan kamu."

5. Singkirkan halangan

7 Cara Sederhana Menerapkan Feng Shui di Desain Rumah Kamuarchitecturaldigest.com

Apakah rute yang paling sering dilalui di rumah kamu? Misalnya, dari kamar tidur ke kamar mandi—apakah bebas dari bahaya tersandung? Apakah ada meja yang kerap menjadi benda tempatmu tersandung? 

Nah, jika ada, berarti harus ditata ulang, Bela. Efisiensi adalah segalanya dalam feng shui, jadi penting untuk menghilangkan rintangan dari jalur yang kamu lalui dan membuat aliran kegiatan kamu lebih leluasa, kenapa, tidak?

6. Tambahkan tanaman

7 Cara Sederhana Menerapkan Feng Shui di Desain Rumah Kamulushome.com

Tanaman mewujudkan energi kehidupan, jadi mereka akan menambah kesegaran dan vitalitas di rumah kamu. Tidak heran jika kondisi pandemi yang menyebabkan banyak orang melakukan aktivitas di rumah, jadi pada sering beli tanaman indoor, kan?

7. Tambahkan sentuhan metal

7 Cara Sederhana Menerapkan Feng Shui di Desain Rumah Kamuanatolife.com

Elemen logam sangat bagus untuk dimasukkan ke dalam kantor atau rumah kamu, karena membantu dengan kejernihan, ketajaman pikiran, menenangkan dan menyeimbangkan energi, juga dapat membantu produktivitas. Kamu bisa mengaplikasikannya lewat lampu berdiri, jam dinding, vas bunga atau hiasan meja.

Itulah 7 desain rumah berdasarkan feng shui dan cara sederhana memasukkan elemen feng shui di desain rumah kamu. Kalau sudah dicoba, share pengalaman kamu, ya!

Baca Juga: Bisa Ciptakan Energi Positif, Ini 6 Tips Feng Shui untuk Hunian Kecil

Baca Juga: 11 Desain Interior Ruko untuk Kantor Kecilmu

Baca Juga: Lebih Praktis, Inilah 8 Tren 2021 untuk Desain Interior Rumah Kekinian