Pada tanggal 4 Maret lalu, BTS yang sukses membuat beberapa lagunya dari album Map of the Soul:7 berada di tangga lagu teratas Billboard Amerika, telah merilis video musik “Black Swan”. Dalam dua hari terakhir pula, video musik ini menjadi bahan omongan hingga menjadi trending di Twitter. Jika kamu tidak termasuk dalam BTS ARMY, coba deh, tonton videonya. Memang keren banget sih, Bela!

Pasalnya, video yang sampai saat ini sudah menembus lebih dari 11 juta views tersebut, menampilkan koreografi apik dari setiap personel BTS, di sebuah gedung opera klasik. YongSeok Choi mampu mengarahkan video menjadi lebih berseni dan 'berani'. Terlihat dari sudut pengambilan gambar yang bisa mewujudkan kemegahan antara koreografi dan gedung opera tersebut. Coba kita simak beberapa fakta menarik, di balik pembuatan video musik ini, yuk!

1. Video “Black Swan” mengikuti visual sinematik single “ON” yang rilis pada akhir Februari lalu. Pada 21 Februari, BTS juga mengeluarkan “’ON’ Kinetic Manifesto Film: Come Prima” sebagai visual awal untuk klip “ON” yang mengarah seperti film pendek. Sudah lihat, belum? Hingga saat ini video itu telah ditonton lebih dari 114 juta views!

BTS, Mendobrak Jagat Maya dengan “Black Swan” nme.com

2. Album terbaru BTS sangat mengeksplorasi berbagai genre musik, mulai dari pop ballads sampai hip-hop jams. Namun pada sebuah wawancara dengan Grammy, Suga—personel BTS—mengatakan, ”Sepertinya sekarang pembagian genre semakin kurang bermakna.” “Genre kami adalah BTS. Itulah genre yang ingin kami buat dan musik yang kami mau. Genre baru,” tambah V dan J-Hope.

BTS, Mendobrak Jagat Maya dengan “Black Swan” Dok. Internet

3. Sebulan sebelumnya, BTS juga mengeluarkan film seni "Black Swan" yang ditarikan oleh MN Dance Company. Sebuah grup tari kontemporer, fusion, serta urban dance, yang berbasis di Slovenia. Dengan menyoroti tarian kontemporer, Jimin yang mempelajari tarian kontemporer sepanjang masa mudanya, menjadi fokus di film pendek ini.

BTS, Mendobrak Jagat Maya dengan “Black Swan” youtube.com/BigHitLabels

4. Di awal bulan Februari pula, muncul foto-foto saat BTS pemanasan dan video latihan koreografi tari untuk video musik “Black Swan” di YouTube. Ketika itu, mereka sedang berada di Amerika untuk tampil di acara Grammy Awards 2020, acara langsung iHeartRadio dan The Late Late Show with James Corden. Padat sekali ya, Bela!

BTS, Mendobrak Jagat Maya dengan “Black Swan” 

5. Kembalinya BTS dengan karya baru memang tidak tanggung-tanggung. Begitu banyak eksekusi seni yang menjadi daya tarik baru tidak hanya untuk penggemarnya, namun juga bagi telinga dan mata awam. Langsung saja simak klip terbaru BTS, dan saksikan kenapa video ini menjadi trending di jagat maya!

https://www.youtube.com/embed/0lapF4DQPKQ

Baca Juga: Baru Rilis, Ini 5 Fakta dan Rekor Album Baru BTS