Belum banyak yang mengetahui Faye Risakotta, penyanyi bersuara berat bak Amy Winehouse, yang terperangkap dalam tubuh mungil 17 tahun. Melihat kematangan suara dan pemahaman musiknya, Popbela berkenalan dengan gadis belia ini, selepas aksi panggungnya di gelaran Java Jazz Festival 2020, Sabtu lalu (29/02/2020).

Sebagai penampil termuda di festival musik jazz internasional, sudah sepatutnya Faye dikenal pecinta musik Indonesia—terutama generasi seusianya. Yuk, langsung simak rangkuman hasil wawancara Popbela dengan Faye!

Berkenalan Dengan Faye Risakotta, Penyanyi Old Soul yang Muda BeliaFaye Risakotta Management

1. Faye mulai bermusik sejak usia 7 tahun. Berada di dalam keluarga musisi (bahkan Webster Manuhutu, penabuh drum dari band Saint Loco, adalah pamannya), ia mencoba mengategorikan genre musiknya sebagai pop eksperimental—meskipun ia tidak mau mengotak-ngotakkan jenis musiknya.

Berkenalan Dengan Faye Risakotta, Penyanyi Old Soul yang Muda Beliapopbela.com/AyuUtami

2. Gadis yang sangat suka mendengarkan Adele, Amy Winehouse, hingga Coldplay sebagai inspirasinya dalam menulis lirik ini, ternyata home schooling dari SD kelas 2 loh, Bela! Namun berkat dukungan penuh dari orangtua, hal tersebut justru membuatnya lebih mudah mengatur jadwal antara belajar dan bermusik.

Berkenalan Dengan Faye Risakotta, Penyanyi Old Soul yang Muda BeliaInstagram.com/jfk.music

3. Di luar proyek solo, perempuan kelahiran 22 Desember 2002 ini juga tergabung dalam band yang ia bentuk bersama kakak dan adiknya, bernama JFK. Nama untuk band beraliran pop alternatif tersebut diambil dari inisial nama mereka, Josh, Faye, serta Kaleb (Kay) Risakotta.

Berkenalan Dengan Faye Risakotta, Penyanyi Old Soul yang Muda Beliapopbela.com/AyuUtami

4. Sejauh ini, Faye sudah menelurkan empat single. Dimulai dari tahun 2017 saat ia berusia 13 tahun, hingga yang terbaru adalah “Secret” keluar pada Agustus 2019 lalu. Secara presisi, ia belum tahu apa strateginya agar mendapat lebih banyak pendengar dari generasi seusianya. “Aku rasa cara aku bisa relate dengan generasi seusiaku, adalah dengan lirik-lirik laguku dan musikku yang tidak jauh dari problematika remaja. Mereka juga melalui hal yang sama denganku,” ungkapnya.

https://www.youtube.com/embed/odT88iCWv8w

5. Rencana di tahun 2020 ini, ia akan kembali melepas satu single dan album di bawah naungan lockermedia, sambil menunggu resi Kartu Tanda Penduduk miliknya jadi. Tujuannya, menyatakan bahwa ia layak untuk uji Surat Izin Mengemudi! Seperti apa sih, lagu Faye? Yuk, dengarkan sekarang.

Baca Juga: Mengalami Kekerasan Seksual, Penyanyi Duffy Berani Speak Up