Ada banyak cara untuk membuat ruang kamarmu lebih luas dan teratur. Dengan penataan yang tepat, beberapa trik dekorasi dan sedikit kesabaran, kamu bisa menciptakan walk-in closet sebagai pengganti lemari pakaianmu yang sudah mulai membosankan. 

Selain tampak lebih tertata dan bergaya, walk-in closet juga akan membuat pakaian serta aksesorimu terpampang dan terlihat semua. Sehingga, tidak ada lagi, tuh, keluar kata-kata, "Duh, nggak punya baju!"

Berikut ini Popbela sajikan 7 ide desain walk-in closet sekaligus tipsnya, yang akan mempermudah kamu menciptakan ruangan pakaian impianmu.

1. Declutter, atau memilah pakaian

Before & After: 7 Desain Walk-in Closet Sebagai Pengganti Lemarisarahpowel.co

Sudah lama tidak mendonasikan pakaian dan aksesori? ini adalah saat yang tepat, Bela! Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah merombak isi lemarimu. Pisahkan mana pakaian yang masih bersih, tidak cacat dan layak pakai, untuk kamu donasikan, turunkan ke adik atau sanak saudara, hingga yang mau dijual kembali sebagai produk pre-loved. 

2. Cat warna terang

Before & After: 7 Desain Walk-in Closet Sebagai Pengganti Lemaripinterest.com

Langkah selanjutnya, jika pakaian dan aksesori sudah tersisa hanya yang terpilih saja, temukan sudut ruang untuk kamu jadikan walk-in closet, lalu cat dengan warna terang, agar memberi kesan yang luas.

3. Ciptakan ruang tersendiri

Before & After: 7 Desain Walk-in Closet Sebagai Pengganti LemariFacebook.com/CalClosetSerie

Nah, menemukan sudut ruang sendiri itu penting, untuk mulai mengukur panjang, lebar dan kebutuhan rak untuk walk-in closet impianmu. Pastikan kamu punya cukup ruang untuk rak gantung bagi pakaian yang dilipat, pakaian digantung berukuran sedang dan dress yang panjang.

4. Tambahkan cermin

Before & After: 7 Desain Walk-in Closet Sebagai Pengganti Lemarithespruce.com

Jika sebelumnya cerminmu adalah sebuah benda yang terpisah, maka bisa kamu satukan di bagian dalam walk-in closet atau bagian luar sebagai pintu geser.

5. Rak sesuai kebutuhan

Before & After: 7 Desain Walk-in Closet Sebagai Pengganti Lemarimidwestclosets.com

Rak sesuai kebutuhan adalah jumlah rak yang tidak berlebihan, disesuaikan dengan pakaian serta aksesori yang sudah kamu sortir sebelumnya. Hal ini untuk menghindari kelebihan pakaian, serta mencegahmu untuk berbelanja secara impulsif di masa mendatang.

6. Kompartemen sesuai kebutuhan untuk ruang sempit

Before & After: 7 Desain Walk-in Closet Sebagai Pengganti Lemarilivinator.com

Bagi ruang yang lebih sempit, manfaatkan kompartemen-kompartemen lepasan yang dijual di pasaran, kemudian kamu tumpuk seolah menjadi rak susun. Selain menghemat budget, hal ini efektif untuk membuat ruang menjadi lebih minimalis dan efektif.

7. Penataan cahaya

Before & After: 7 Desain Walk-in Closet Sebagai Pengganti Lemariarchitectureartdesign.com, pinterest.com

Terakhir, hal yang membuat walk-in closet terlihat bergaya dan mewah adalah teknik penataan lampu yang benar. Temukan inspirasinya di internet, yang sesuai dengan tata ruang walk-in closet milikmu.

Itulah before after desain walk-in closet sebagai pengganti lemari. Selamat mencoba, Bela!

Baca Juga: Nggak Perlu Mahal, Ciptakan Desain Kamar Tidur Modern dengan 9 Ide Ini

Baca Juga: 9 Desain Taman di Dalam Rumah yang Bakal Bikin Makin Betah

Baca Juga: WFH Asyik dengan 9 Ide Desain Ruang Kerja Minimalis