Hujan kembali melanda kawasan DKI Jakarta. Musibah tersebut turut pula dirasakan oleh sebagian penduduk Kota Bekasi. Masih lekat ingatan peristiwa banjir tepat setelah tahun baru 2020, sehingga hujan yang mengguyur Jakarta dan Bekasi sejak dini hari tadi (25/02/2020) membuat hati getar-getir.

Dari pasca banjir, yang tersisa adalah membersihkan barang-barang yang terendam. Pakaian menjadi sebuah tumpukan barang yang harus segera kamu benahi. Tenang Bela, ada beberapa langkah yang bsa kamu lakukan, sebelum memutuskan membuang pakaian-pakaian kesayangan kamu. Ikuti langkah ini, ya.

1. Pilah pakaian sesuai warna

Banjir Datang Lagi, Ini 4 Cara Cuci Pakaian dari Lumpur Pasca Banjirpixabay.com

Mulai dengan memilah pakaian di ember terpisah, sesuai dengan warna yang sama. Tidak perlu langsung semua, cukup lima hingga tujuh helai pakaian. Rendam terlebih dahulu dengan air bersih untuk mengurangi lumpur yang menempel pada garmen. Sambil perlahan menguceknya, ulangi tahap ini sebanya empat hingga lima kali proses.

2. Gunakan sikat halus untuk pakaian

Banjir Datang Lagi, Ini 4 Cara Cuci Pakaian dari Lumpur Pasca BanjirDok. Internet

Nah, di tahap ini, pastikan kamu punya sikat halus yang bisa digunakan untuk pakaian, tanpa merusak bahannya. Lumpur yang terlalu menempel, bisa susah lepas dari kain. Sebelum direndam kembali dengan deterjen, sikat pakaian kamu—terutama pakaian putih—sampai noda kecokelatan dari lumpur hilang.

3. Rendam kembali dengan deterjen

Banjir Datang Lagi, Ini 4 Cara Cuci Pakaian dari Lumpur Pasca Banjirpixabay.com

Setelah kedua proses tersebut, saatnya merendam pakaian kamu dengan deterjen anti noda atau anti bau. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Terakhir, jemur pakaian hingga kering.

4. Keringkan lalu kumpulkan

Banjir Datang Lagi, Ini 4 Cara Cuci Pakaian dari Lumpur Pasca Banjirpxhere.com

Setelah kering, saatnya kamu mengumpulkan semua pakaian kering tersebut dan kembali mencucinya di tempat laundry kepercayaan kamu. Tujuannya, agar pakaian benar-benar bersih dan sudah langsung ada jasa menyetrika. Tenaga kamu bisa terpakai untuk kegiatan bersih-bersih lainnya.

Semangat ya, Bela!

Baca Juga: Hadapi Banjir, Siapkan Isi Tas Siaga Bencana Ini