Sadar tidak? Selama karantina mandiri dan PSBB di tiga bulan terakhir kemarin, semakin banyak orang membeli tanaman indoor, semi outdoor dan bahkan mulai belajar bercocok tanam? Apakah termasuk kamu, Bela? Well, aku juga. Mungkin karena 24/7 mendekam di rumah, kita jadi melihat hunian kita perlu semarak warna yang akan lebih menghidupkan suasana.

Bisa juga karena selama karantina, bercocok tanam atau mengurus tanaman, memberikan sebagian porsi dari meditasi yang menenangkan diri dari stres berita pandemi. Apa pun alasannya, bertanam merupakan kegiatan positif tidak hanya bagi dirimu, tapi juga keindahan rumahmu.

Buat kamu yang baru mau mulai, aku punya rekomendasi beberapa akun Instagram yang menjual tanaman indoor dan outdoor cantik, berikut dengan pot yang menarik. Psst… hasil dari stalking langganan seleb juga, nih!

1. @urbanlittlegarden – Jakarta

7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera TerbaikInstagram.com/urbanlittlegarden

Memasuki bulan kedua masa WFH, aku mulai iseng buka Instagram mencari pedagang tanaman yang tepat di Instagram, akrena ketika mencoba e-commerce, merasa kurang puas dengan foto yang kurang menarik dan ‘menjual’. Urban Little Garden adalah pedagang pertama yang membuat saya rajin melihat-lihat akunnya selama dua hari, hingga akhirnya memutuskan membeli. Kenapa aku rekomendasikan? Karena pelayanannya cepat. Kalau kehabisan, pedagang akan merekomendasikan tanaman lain yang tidak kalah cantik. Pengiriman juga tidak bermasalah dan tanaman tiba dengan kondisi baik.

2. @jualmonstera – Jakarta

7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera TerbaikInstagram.com/jualmonstera

Nah, akun yang satu ini adalah akun kedua yang aku follow. Hal yang aku suka adalah sosok Mak Kebun selaku penjual, yang suka berbagi tips dan memastikan kamu jangan sampai salah beli tanaman atau cara merawatnya. Cara memilih tanaman juga mudah, kalau sudah tidak tersedia, pasti ada tulisan “adopted”, “Booked”, atau “sold”. Jadi, jangan sampai tidak dibaca captionnya. Cari yang masih “Ready”, ya.

3. @pot.kecil – Jakarta

7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera TerbaikInstagram.com/pot.kecil

Kalau ini bisa kamu temui juga di Tokopedia, Bela. Meskipun saat ini sedang tutup hingga tanggal 30 Mei 2020, namun kamu bisa tetap follow akunnya untuk tahu tanaman apa lagi yang akan ia jual. Mulai dari Monstera, Kerri Variegata, Peace Lily, hingga Ficus Altrissima, semuanya dengan harga terjangkau.

4. @mengakar - Yogyakarta

7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera TerbaikInstagram.com/mengakar

Tidak hanya di Jakarta, aku juga menemukan akun dengan feed manis yang bikin kita fokus dengan foto tanamannya. Mengakar berbasis di Yogyakarta, nih, Bela. Meskipun tidak terlalu memliki ragam tanaman, namun kamu bisa menemukan varian Monstera dan kaktus koboi yang sedang hits, di sini, lengkap dengan pot terracotta.

5. @tumbuhkecil – Yogyakarta

7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera TerbaikInstagram.com/tumbuhkecil

Satu lagi dari Yogyakarta adalah tumbuhkecil. Ketika aku lihat feednya, fotonya niat sekali! Pilihan potnya pun beragam, tidak hanya terracotta, ia juga menyediakan pot batu mungil, rotan, kaca, hingga tabung mungil di dudukan kayu. So cute! Kalau kamu adalah golongan pembeli tanaman pemula yang berbasis di kota pelajar tersebut, dijamin apapun pilihan kamu, pasti akan bertengger indah di sudut manapun pilihanmu.

6. @homey.plant – Salatiga

7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera TerbaikInstagram.com/homey.plant

Bergeser ke Salatiga, Jawa Tengah, opsi varian tanaman di akun ini membuat aku kagum. Tidak hanya Monstera, ia juga menjual Calathea Silver, Calathe Onata, Aglonema Super White, sampai Rubber Plant Variegate yang cantik. Duh, jadi pengen punya rumah di Salatiga.

7. @summerbliss.planter – Surabaya

7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera TerbaikInstagram.com/summerbliss.planter

Last but not least, di Surabaya ada summerbliss. Begitu buka akunnya, rasanya ingin nangis, Bela. Nangis karena aku pengen punya semuanya yang ia jual! Mulai dari Monstera “halfmoon marble” yang terlalu cantik, kaktus lilin yang gagah, hingga Ketapang Biola Variegate yang akan tampak manis berada di balkon rumahku. Beruntunglah warga Surabaya yang bisa dengan mudah mendapatkan tanaman-tanaman terawat ini.

Nah, itu dia rekomendasi akun Instagram penjual tanaman untuk rumah, ya, Bela. Sebenarnya masih banyak juga yang bagus, aku sendiri bisa kebingungan. Kalau dari kamu ada rekomendasi buat aku, nggak, Bela?

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Hiasan Tanaman yang Bikin Adem

Baca Juga: Belajar Berkebun Yuk! Sisa 8 Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagi

Baca Juga: 7 Jenis Monstera Berdaun Cantik yang Cocok Jadi Penghias Rumahmu