AKhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga. Rurouni Kenshin: The Final akhirnya resmi tayang kemarin, Jumat (18/06/2020) di layanan streaming Netflix. Merupakan film keempat dalam rangkaian adaptasi manga dan anime populer yang bagi masyarakat Indonesia lebih dikenal dengan Samurai X, film ini cukup lama ditunggu setelah terakhir rilis pada tahun 2014, Rurouni Kenshin: The Legend Ends.

Jika kamu sudah semangat ingin menontonnya, atau malah sudah dan penasaran mengenai beberapa fakta mengenai film ini, berikut 7 fakta Rurouni Kenshin: The Final yang perlu kamu tahu.

1. Siapkan camilan, durasi film ini panjang

7 Fakta 'Rurouni Kenshin: The Final' yang Perlu Kamu Tahuthemoviedb.org

Berdurasi sekitar 2 jam 19 menit, Rurouni Kenshin: The Final akan membawamu ke kisah balas dendam yang sudah memendam terlalu lama dan akhirnya memuncak. Yukishiro Enishi (Mackenyu Arata) muncul dalam misi pribadi mencari Himura Kenshin (Takeru Satoh). Meski di awal drama cukup lama mengalir, namun cerita seterusnya akan membuatmu fokus menyelami film ini.

2. Diperankan oleh aktor lama dan baru

7 Fakta 'Rurouni Kenshin: The Final' yang Perlu Kamu Tahutwitter.com/rurouni_movie

Di antara lima pemeran utama, Riku Onishi hadir menggantikan Kaito Oyagi sebagai Yahiko Myojin. Sementara itu kamu tetap bisa menyaksikan lakon Takeru sebagai Kenshin, Emi Takei sebagai Kaoru Kamiya, Munetaka Aoki sebagai Sanosuke Sagara, serta Yu Aoi sebagai Megumi Takani. Selain itu Yosuke Eguchi juga akan kembali sebagai kepala polisi eksentrik, Hajime Saito.

3. Mackenyu Arata yang mencuri perhatian

7 Fakta 'Rurouni Kenshin: The Final' yang Perlu Kamu Tahumoshimoshi-nippon.jp

Meski mendapat peran sebagai villain, namun Mackenyu Arata mampu mengerahkan kemampuan aktingnya dan mencuri perhatian! Aktor 24 tahun tersebut menunjukkan komitmen akting yang mutlak sebagai Yukishiro Enishi. Meskipun masih muda, ia sudah mengantongi jam terbang yang cukup panjang lho, Bela. Ada belasan judul film dan drama televisi yang sudah ia bintangi.

4. Alur cerita yang berbeda dari manga

7 Fakta 'Rurouni Kenshin: The Final' yang Perlu Kamu Tahujapantimes.co.jp

Meski sangat menghibur, namun film ini berbeda dengan cerita di manganya. Melansir ABS-CBN, Film ini berpusat pada cerita dari manga "Jinchu", yang menampilkan konflik Kenshin dengan penjual senjata misterius, yaitu Enishi.

5. Koreografi pertarungan yang gila

https://www.youtube.com/embed/S_btOVgsjwI

Dalam hal pertarungan melibatkan samurai, senjata lain maupun tangan kosong. Kamu akan melihat salah satu adegan dengan pertarungan yang panjang, bahkan lebih dari 5 menit! Tidak terbayangkan bagaimana menghafal koreografinya sehingga begitu membuat matamu terbelalak dan terkagum-kagum dengan kelihaian para aktor tersebut. Karena penasaran, Popbela hadirkan di balik layar latihan koreografi untuk film Rurouni Kenshin: The Final di atas.

6. Jadwal rilis yang mundur karena pandemi

7 Fakta 'Rurouni Kenshin: The Final' yang Perlu Kamu Tahunetflix.com

Rurouni Kenshin: The Final selesai syuting pada tahun 2019 dan sebenarnya jarak waktu tunggu antara film pertama di tahun 2012 dan 2014, sudah cukup jauh dengan 2020. Sehingga, penggemar atau penonton pun perlu seperti diingatkan kembali apa yang terjadi sebelumnya.

Rencana awalnya memang rilis di awal musim panas tahun 2020. Namun karena situasi pandemi, jadwal rilis diubah menjadi 23 April 2021 untuk di Jepang. Baru pada tanggal 18 Juni, akhirnya masuk ke layanan streaming Netflix per Jumat kemarin. Film ini pun sudah berhasil masuk jajaran box office Jepang dengan pendapatan sebesar US$31,5 juta, atau setara dengan Rp21 miliar.

7. One OK Rock berkolaborasi dengan Ed Sheeran untuk soundtrack "Renegades"

https://www.youtube.com/embed/Ajr18Yw5xdY

Pada 9 April 2021, One OK Rock mengumumkan kolaborasi mereka dengan Ed Sheeran dalam membuat lagu soundtrack Rurouni Kenshin: The Final, dengan judul "Renegades".

One OK Rock memang sudah terlibat dalam mengisi lagu tema untuk film-film Rurouni Kenshin, sejak tahun 2012. Sementara, Ed Sheeran menulis lagu dari kampung halamannya, Inggris.

Itulah ketujuh fakta Rurouni Kenshin: The Final yang perlu kamu tahu. Jika belum sempat menontonnya, saksikan trailernya dulu di bawah ini, ya.

https://www.youtube.com/embed/eAA1ZDSCWjI

Baca Juga: 10 Film Jepang yang Wajib Masuk Watch-List Para Pencinta Drakor

Baca Juga: 10 Film Anime Terbaik Sepanjang Masa, Bisa Ditonton Bareng Keluarga

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Jepang untuk Mengisi Waktu Libur Akhir Tahun