Beberapa bulan lalu sebelum dunia dilanda Pandemi, Popbela berkesempatan untuk berbincang singkat namun padat, dengan sosok di balik suksesnya Avatara 88, sebuah manajemen artis yang menaungi nama-nama selebriti besar, seperti Julie Estelle, Cathy Sharon, Asmara Abigail, Dion Wiyoko, Morgan Oey, hingga Lukman Sardi dan Nicholas Saputra.

Sulung bukan dari keluarga terpandang di kota besar yang bisa begitu mudah bergaul dengan kalangan selebriti dan meraih kepercayaan mereka. Ia memulainya benar-benar dari nol. Sebelum menjalani Avatara 88, Sulung sudah lebih dulu mencicipi posisi runner (posisi orang suruhan di bawah crew), di IP Entertainment milik mendiang Indra Safera. Dari situ ia akhirnya beranjak ke posisi asisten manajer artis, asisten pribadi artis, bekerja di LOOK.Inc, hingga akhirnya memberanikan diri untuk membuat Manajemen Artis sendiri di tahun 2005.

"Gue nggak percaya sama yang namanya instan," tegas lelaki Aries ini. "Cathy Sharon dan Dian HP adalah artis pertama gue yang bergabung. Awalnya kan, di LOOK,.Inc, lalu pas gue bikin sendiri, mereka mau ikut gue," tambahnya.

Bagi Sulung, kesuksesan serupa sebenarnya bisa juga para millennials adaptasikan ke karier mereka sendiri. Ada 5 hal yang menjadi kunci kesuksesan karier di masa depan, versi Sulung. Apa saja?

1. Harus berani bermimpi

5 Kunci Kesuksesan Sulung Landung untuk Para MillennialsInstagram.com/sulunglandung

Tinggal di kota kecil di Pematang Siantar, Sumatra Utara semasa mudanya, ia senang melihat aktris dan aktor di layar kaca dan berkhayal bisa bertemu dengan mereka. Tanpa ia sadari, ternyata hal tersebut menjadi mimpi di alam bawah sadarnya. 

Hingga akhirnya ia mengikuti Widya Wisata dari Pematang Siantar ke Jakarta, semasa SMA kelas satu di tahun 1985. Sesampainya di Jakarta, ia ketahui ada pertunjukan Gilang Indonesia Gemilang dari Guruh Soekarno Putra di Istora Senayan. Sulung muda nekad minta izin dari rombongan untuk menonton pagelaran tersebut. "Gue naik bis dari Manggarai ke Istora. Gue telat karena nggak tahu jalan, sampai beli tiket sama calo. Gue beli tiket paling murah dan yang paling jauh. Begitu selesai nonton, gue nggak tahu dapat keberanian dari mana, gue turun ke bawah, gue salaman sama mas Guruh, Vina Panduwinata, dan lain-lain," kenang Sulung yang kemudian membuatnya pulang dengan perasaan bahagia.

Tanpa disadari, hal tersebut ternyata menjadi pemicu dirinya untuk konsentrasi mengejar impian bekerja di industri hiburan di Jakarta.

"Apapun mimpi itu, harus berani bermimpi," kata lelaki kelahiran 22 Maret 1969 tersebut, setelah bercerita panjang lebar.

2. Jangan takut memulai segala sesuatu yang kamu suka

5 Kunci Kesuksesan Sulung Landung untuk Para MillennialsInstagram.com/avatara88

Sulung mengumpamakan jika ada seseorang yang merasa tidak cocok dengan jalur kuliah yang ia jalani dan ingin mencari yang lain, harus berani mengubah jalurnya, berani berargumen dengan orangtua dengan dalil yang tepat, kemudian siap untuk menunjukkan keberhasilan dari keinginan tersebut.

"Lebih baik dia mengejar apa yang menjadi passion dan mimpinya dia," katanya. "Memang dalam menjalani ada step-step nya, tidak ada yang instan," lanjutnya lagi mengenai langkah mencapai kesuksesan.

3. Konsistensi

5 Kunci Kesuksesan Sulung Landung untuk Para MillennialsInstagram.com/sulunglandung

Sulung memulai usaha pribadinya dengan modal yang minim dan koneksi yang sedikit. Bahkan, ia tidak memiliki kantor, Bela. "Modal gue cuma trust," ungkap Sulung. Justru, adalah Dian HP yang meminjamkan sebuah ruangan di sekolah musiknya di kawasan Cilandak, untuk Sulung gunakan dalam bekerja. "Itu gue pake hampir tiga tahun," ceritanya.

Ia adalah sosok yang tidak mudah goyah dalam meraih impiannya, sehingga konsistensi menjadi kunci keberhasilan Sulung dan Avatara 88 saat ini.

4. Punya chemistry dengan partner kerja

5 Kunci Kesuksesan Sulung Landung untuk Para MillennialsInstagram.com/sulunglandung

"Gue itu sangat percaya dengan yang namanya 'getaran'. Gue juga percaya dengan trust satu sama lain. Nah, sebelum kita melangkah ke trust, kita cari dulu vibesnya, sama nggak? karena yang lain-lain itu bisa kita urus sambil jalan," jelas Sulung.

Contohnya, artis pertamanya, Cathy. Menurut ceritanya, Cathy ingin ikut Sulung karena kepercayaan Cathy yang bisa seiring sejalan dengan Sulung. Begitu juga dengan Dian HP. "Kemanapun lo pergi, gue ikut," kata Dian HP seperti yang dikisahkan Sulung. "Dari situ gue merasa mendapatkan satu energi dan kekuatan yang membuat gue janji akan menjalani ini dengan sepenuh hati gue," terang pria pecinta meditasi dan yoga ini.

5. Berbuat kesalahan tapi jangan mengeluh

5 Kunci Kesuksesan Sulung Landung untuk Para MillennialsDok. Hakim Satriyo

"Dari apa yang sudah gue bangun, all of the ups and downs, I am grateful, I have no complaints. I make mistakes, a lot of mistakes. Tapi, gue nggak selalu menyalahkan diri sendiri. Setiap hari harus ada yang gue perbaiki lagi, ada yang gue upgrade lagi, improve lagi. Nah, hal-hal seperti itulah yang membuat gue merasa dalam hidup ini nggak sekadar memburu materi atau popularitas. Tapi  ada hal-hal lain juga yang harus elo value. Klise tapi penting, yaitu mensyukuri hidup," tutupnya. 

Kisah inspiratif tersebut Popbela dapatkan di sela-sela penjurian Beauty Awards 2020 untuk Beautyfest Asia 2020 by popbela.com

Berkolaborasi dengan Shopee sebagai exclusive online event shopping platform, acara ini akan berlangsung selama tiga hari di tanggal 6 - 8 November 2020, dengan bintang tamu seperti Raisa, Rossa, Cathy Sharon sampai Rinni Wulandari, serta global influencer  yang paling dinanti, PONY. Jangan lupa juga untuk ikut berbagai kelas dan workshop yang tersedia, untuk menggali potensi dirimu, ya, Bela!

See you soon!

Baca Juga: Belum Genap Berusia 40 Tahun, Cathy Sharon Sudah Menekuni 4 Bisnis Ini

Baca Juga: Ternyata Julie Estelle Dikontrak Agensi Hollywood Karena 5 Hal Ini

Baca Juga: Berawal Jadi Model Ternyata Begini Jenjang Karier Dion Wiyoko