Setiap orang memang punya cara self-care-nya masing-masing ya Bela, tapi ada beberapa hal dasar yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk self-care yang dampaknya bisa kamu rasakan nggak hanya saat itu saja tapi juga nanti di masa depan. Apa saja ya cara self-care-nya? Simak ulasannya berikut ini deh!

1. Awali pagimu dengan melakukan meditasi

Sadarkah Kalau 5 Cara Self-Care Ini Punya Impact Besar untuk Hidupmu?Shutterstock/Dusan Petkovic

Well Bela, first things first ketika kamu ingin memulai untuk self-care, hal yang bisa dilakukan yaitu meditasi di awal pagi. Efeknya, bisa membuat kamu lebih fokus beraktivitas selama seharian penuh, memperkuat mental, dan membuat hidupmu jadi punya tujuan yang jelas lho Bela. Caranya, cukup luangkan waktu selama 5-10 menit saja kok!

Baca Juga: Terapkan 5 Tips Self-Care Ini Selama Pandemi, Supaya Tetap 'Waras'

2. The more you sweat, the happier you become, olahraga yuk!

Sadarkah Kalau 5 Cara Self-Care Ini Punya Impact Besar untuk Hidupmu?Shutterstock/zeljkodan

Next step, olahraga! Selain bisa mendapatkan bentuk tubuh yang atletis dan sehat, berolahraga juga bisa meningkatkan kebahagiaan dan membuat kamu jadi panjang umur lho Bela. Kamu bisa mulai dengan olahraga yang kamu sukai ya, seperti lari, yoga, zumba, pound stick, boxing, dan lain-lain. Ingat ya Bela, lakukan olahraga yang bisa dilakukan di rumah dulu ya!

3. Melakukan perawatan diri terus bikin postingan self-affirmation

Sadarkah Kalau 5 Cara Self-Care Ini Punya Impact Besar untuk Hidupmu?Shutterstock/Prostock-studio

Setelah mendapatkan fisik yang sehat berkat olahraga, langkah selanjutnya Bela bisa mulai melakukan perawatan wajah dan tubuh ya. Soalnya, dengan melakukan perawatan ekstra pada bagian tersebut, itu artinya Bela lebih bisa menghargai dan mensyukuri apa yang kamu punya. 

Oh iya, Popbela juga mau share nih cara perawatan ekstra pada wajah dan tubuh. Untuk merawat wajah, Bela bisa gunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulit kamu ya. Pastikan juga harus bisa lebih #ExtraCare pada bagian bibir dan mata. Dan untuk bagian tubuh, Bela bisa gunakan lotion dan sunscreen, agar kulit Bela tetap ternutrisi ya! 

Soalnya, dengan kondisi Bela yang saat ini masih menjalani work from home atau online class, potensi kulit wajah dan tubuh Bela jadi kering itu makin besar lho. So, nggak ada salahnya Bela untuk lakukan #ExtraCareforExtraWomen. Perlu diingat nih Bela, semakin kamu bisa merawat diri sendiri, nantinya rasa percaya diri juga bakal muncul lho. Jadi makin pede deh posting di sosmed!

4. Ikutan webinar atau virtual workshop

Sadarkah Kalau 5 Cara Self-Care Ini Punya Impact Besar untuk Hidupmu?

Cara self-care selanjutnya, Bela bisa mengikuti webinar atau virtual workshop. Sesimpel itu kok Bela! Soalnya nggak cuma tubuh kamu aja nih yang perlu diperhatikan, tapi knowledge juga perlu ditambah nih. Nggak ada batasan kok, kapan saja dan dimana saja kamu bisa belajar berbagai hal yang kamu suka. Popbela bakal dukung kamu 100% deh!

5. Declutter a la Marie Kondo

Sadarkah Kalau 5 Cara Self-Care Ini Punya Impact Besar untuk Hidupmu?Shutterstock/Kostikova Natalia

Bela pasti tahu dong sama Marie Kondo, sosok wanita Jepang dikenal dengan keahliannya organizing dan decluttering. Nah, kamu bisa nih mengadaptasi KonMari Method ya Bela. Bisa dimulai dengan lemari pakaian, klasifikasikan atasan dan bawahan, baju tidur, jaket, kaos kaki dan underwear, baju olahraga dan baju renang, aksesoris, dan lain-lain. Tanpa Bela sadari, cara ini bisa buat kamu jadi lebih self-care lho Bela!

So Bela, are you ready for more self-care? 

Baca Juga: Di Rumah Saja, Cara Self-Care Bagi Perempuan yang Sudah Berkeluarga