Penggemar K-drama merapat!

Jika berbicara tentang penayangan K-drama yang melejit, tentu tak dapat dipisahkan dari beberapa indikator penting, Bela. Entah dari faktor bertabur bintang wajah aktor dan aktrisnya, alur cerita yang penuh kejutan, atau dapat pengakuan jadi tontonan nomor wahid dari kacamata penonton hingga kritikus industri drama dari Korea ataupun mancanegara.

Namun melansir dari Nielsen Korea, ada satu kunci yang membuat sebuah drama bisa terbilang laris di pasaran, yaitu adanya rating dari penonton. Terdengar jadi rahasia umum yang sedari dulu ada, akan tetapi, efek rating bagus dari pemirsa memang tetap jadi tolok ukur kesuksesan tiap penayangan K-drama hingga zaman sekarang. Lantaran, hal tersebut jadi data konkret pengukuran popularitas sebuah program berdasarkan jumlah kuantitatif dari banyaknya minat penonton.

Maka tak heran, penayangan K-drama melalui saluran TV kabel atau berbayar tetap menjadi jaring tersendiri untuk mengetahui minat masyarakat. Penasaran? Kira-kira apa saja judul K-drama yang masuk rating teratas di televisi Korea? 

Melansir dari Allkpop, simak dalam ulasan berikut, yuk, Bela!

1. The World of the Married (28.371%)

https://www.youtube.com/embed/_h5S37_pS2E

Masuk dalam jajaran K-drama nomor satu adalah serial televisi Korea Selatan 2020, dan remake dari serial Inggris Doctor Foster adalah The World of Married. Mengisahkan tentang Ji Seon U (Kim Hee Ae), seorang dokter keluarga terkenal dan direktur asosiasi yang menikah dengan sutradara menjanjikan Lee Tae Oh (Park Hae Joon). Hidupnya luar biasa dan sempurna sampai dia mengetahui kalau Tae Oh berselingkuh dengan perempuan lain bernama Yeo Da Kyung (Han So Hee).

Setelah mengetahui tentang perselingkuhan dan ternyata banyak masalah yang terurai, pengkhianatan satu sama lain mengarah pada angin puyuh balas dendam, kesedihan, pengampunan, dan penyembuhan. Meskipun serial ini dikritik karena penggambaran seks dan kekerasan, namun juga menuai pujian kritis untuk skenario, penyutradaraan, dan penampilan aktingnya. Maka tak heran, judul serial ini sempat meraih Penghargaan Sutradara Terbaik dan Penghargaan Aktris Terbaik di Penghargaan Seni Baeksang ke–56.

2. Sky Castle (23.779%)

https://www.youtube.com/embed/P6coIgyV9e0

Sky Castle hadir sebagai tayangan drama televisi satir, membahas tujuan materialistis orang tua kelas atas di Korea Selatan dan tindakan keras yang mereka ambil untuk memastikan kemakmuran keluarga mereka dengan mengorbankan nyawa orang lain. Drama ini berpusat pada kehidupan ibu rumah tangga yang tinggal di lingkungan kaya SKY Castle di pinggiran kota Seoul, di mana profesor dan dokter kaya juga tinggal.

Para istri, Han Seo Jin (Yum Jung Ah), No Seung Hye (Yoon Se Ah), Jin Jin Hee (Oh Na Ra), dan Lee Soo Im (Lee Tae Ran), akan menggunakan segala cara yang diperlukan untuk membahagiakan suami mereka. Termasuk, juga ingin selalu membuat anak-anaknya berprestasi dan masuk ke perguruan tinggi terbaik agar bisa menjadi sarjana, upaya yang cukup berambisi namun Kim Joo Young (Kim Seo Hyung) hadir untuk mewujudkan harapan-harapan tersebut. 

3. Crash Landing on You ( 21,683%)

https://www.youtube.com/embed/eXMjTXL2Vks

Sempat viral sampai Indonesia, drama hit Crash Landing on You menceritakan kisah pewaris chaebol Yoon Se Ri (Son Ye Jin), seorang pengusaha sukses dari Korea Selatan. Saat melakukan paralayang di dekat perbatasan Korea Utara, dia terjebak dalam badai dan kecelakaan tak terduga di sektor Zona Demiliterisasi (DMZ) Korea Utara.

Di sana, ia bertemu Kapten Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin), Kapten Perusahaan Lima di Tentara Rakyat Korea dan putra Direktur GBP di Tentara Rakyat Korea. Terlepas dari perbedaan dan ketidaksepakatan bangsa mereka, mereka akhirnya jatuh cinta satu sama lain.

4. Reply 1988 ( 18,803%)

https://www.youtube.com/embed/SV5jPHCMoJY

Reply 1988 hadir sebagai season ke tiga dari serial Reply tvN. Terbilang sukses, lantaran menerima pujian dari penonton dengan episode terakhirnya yang mencatat rating nasional hingga 18,8%. Tak heran, saat drama ini meraih peringkat tertinggi ke empat dalam sejarah televisi Korea dan drama televisi dengan peringkat tertinggi kategori waktu tayang. 

Drama ini mengisahkan tentang lima sahabat sejak kecil yaitu Duk Seon (diperankan oleh Lee Hye Ri) satu-satunya perempuan dalam gank yang selalu membuat suasana ceria. Jung Hwan (Ryu Jun Yeol) memiliki sifat pintar dan dia anak dari keluarga kaya raya, Sun Woo (GobKyung Pyo) mempunyai hati lembut, pintar dan tampan. Kemudian, Dong Ryong (Lee Dong Hwi) si konyol yang dapat menghibur teman-temannya dan memiliki banyak pengetahuan tentang kehidupan, Choi Taek (Park Bo Geum) mempunyai keunggulan di bidang olahraga, ia pandai bermain catur korea meskipun penampilannya polos tapi otaknya jenius.

Mereka menghabiskan hari bersama hingga tumbuh dewasa di Ssangmundong. Kedekatan keluarga mereka pun sangat harmonis. Saat tumbuh dewasa masing-masing dari mereka ada yang menjadi penari terkenal, pemain sepak bola hingga model mahasiswa.

5. Guardian: The Lonely and Great God (18,680%)

https://www.youtube.com/embed/6tOxnroOTWU

Mengisahkan tentang raja muda Kim Shin (Gong Yoo) yang menjebak seorang perwira militer dari Dinasti Goryeo sebagai pengkhianat dan mengeksekusinya. Dia dijatuhi hukuman oleh Yang Mahakuasa untuk tetap abadi selamanya, bertahun-tahun setelah kematiannya, dia berubah menjadi goblin abadi. Terlepas dari sejarah yang menyakitkan, ia adalah pria yang penuh kasih, dan menggunakan kekuatannya untuk membantu orang lain.

Satu-satunya orang yang dapat mengakhiri keabadian yang menyiksa dirinya adalah jodoh dari Goblin. Maka menilik sisi lain, ada seorang Ji Eun Tak (Kim Go Eun) meskipun berhidup malang, ia adalah seorang gadis ceria yang tidak pernah kehilangan optimismenya. Waktu berjalan dan atas garisan takdir, dia bertemua dengan Goblin hingga akhirnya muncul benih-benih cinta di antara keduanya. 

6. Mr. Sunshine (18,129%)

https://www.youtube.com/embed/rPJSo4fhtRU

Tak hanya menyuguhkan romansa cinta, serial satu ini berfokus pada hidup seorang aktivis yang berjuang untuk kemerdekaan Korea, berlatar di Hanseong (Seoul modern) pada awal 1900-an. Eugene Choi (Lee Byung Hun) lahir sebagai budak di Joseon, berperan sebagai protagonis dari Mr. Sunshine. Dia bergabung dengan Korps Marinir setelah melarikan diri ke Amerika mengikuti Shinmiyangyo tahun 1871. 

Tak disangka selama perjalanan kembali ke Joseon untuk menjalankan sebuah misi, Eugene menyimpan rasa terhadap cucu seorang bangsawan, Go Ae Shin (Kim Tae Ri) sekaligus anggota Righteous Army. Namun, perbedaan sosial di antara mereka serta ditambah kehadiran Kim Hui Seong (Byun Yo Han), seorang bangsawan yang telah bertunangan dengan Ae Shin sejak kecil, menghadirkan tantangan bagi cinta Eugene dan Go Ae Shin. Romansa yang makin jauh tergapai, lantaran Eugene menghadapi masalah saat Kekaisaran Jepang dikabarkan segera menyerang Korea. 

7. Extraordinary Attorney Woo (17.534%)

https://www.youtube.com/embed/MxeXECe2t-c

Saat menyaksikan drama satu ini, penonton akan secara otomatis dibuat fokus dengan cerita Woo Young-woo (Park Eun Bin), seorang pengacara muda dengan gangguan spektrum autisme (ASD) yang dipekerjakan oleh sebuah firma hukum bergengsi Seoul. Gaya komunikasi yang secara frontal oleh teman-temannya dianggap sebagai sesuatu aneh sekaligus membuat tidak nyaman.

Berangkat dari berbagai hinaan tersebut, Woo Young-woo menjelma jadi pengacara yang lebih cakap dengan setiap kasus hukum berkat kecemerlangan dan ingatan fotografisnya. Di samping itu, ada Dong Geu Ra Mi (Joo Hyun Young) seorang gadis yang berani membela kekurangannya. Bahkan, terbilang satu-satunya teman yang ia miliki di sekolah hingga saat tumbuh dewasa. 

8. Mr. Queen (17,371%)

https://www.youtube.com/embed/SjGrpgUkZMI

Mr. Queen adalah drama Korea yang dibintangi Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun. Mereka dipasangkan dalam cerita menarik genre sejarah dan bercampur komedi romantis. Mr. Queen membuat penonton tertawa sekaligus terbawa perasaan dengan cerita era kerajaan. 

Cerita berawal dari Jang Bong-hwan (Choi Jin Hyuk) yang bekerja sebagai koki di istana kepresidenan, Blue House. Dia memiliki jiwa yang bebas. Namun entah kenapa jiwanya menemukan jalan ke dalam tubuh Ratu Cheorin (Shin Hye-sun) pada periode Joseon. Raja Cheoljong (Kim Jung-hyun) adalah orang yang lembut dan santai secara lahiriah tetapi memiliki sisi yang berbeda.

Ratu Sunwon (Bae Jong-ok) adalah istri almarhum Raja Sunjo yang memegang kekuasaan sejati di negara itu dan menjadikan Raja Cheoljong sebagai raja boneka. Kim Jwa-geun (Kim Tae-woo) adalah adik yang ambisius dari Ratu Sunwon. Ratu Sunwon bersekutu dengan Kim Jwa-geun demi meraih ambisinya. 

9. Love (ft. Marriage and Divorce) 2 (16.582%)

https://www.youtube.com/embed/KZT255qNnXw

Drama lain dengan plot kontroversial, musim kedua Love (ft. Marriage and Divorce) 2 menempati peringkat ke sepuluh dalam rating penayangan drama Korea. Ceritanya berkisah pada tiga pernikahan yang di ambang kehancuran, dan beberapa hampir cerai karena kebohongan dan perselingkuhan. Meskipun Song Won (Lee Min Young) mengandung anak Pan Sa Hyun (Sung Hoon) karena perselingkuhan mereka, Boo Hye Ryung (Lee Ga Ryeong) tetap berkomitmen pada pernikahan mereka meskipun Sa Hyun berselingkuh. Orang tuanya mulai memiliki pendapat yang lebih baik tentang Song Won.

Namun, Shin Yu Shin (Lee Tae Kon) mempertahankan hubungan terlarangnya dengan A Mi (Song Ji In) sambil berpura-pura setia kepada pasangannya Sa Pi Young (Park Jo Mi). Bagai bangkai yang lambat laun tercium baunya, sandiwaranya segera terbongkar sebagai ibu tiri Kim Dong Mi (Kim Bo Yeon). Padahal di sisi lain, justru Park Ha Ryun (Jeon No Min) telah meninggalkan istrinya, Lee Si Eun (Jeon Soo Kyeong), dan anak-anaknya untuk kekasihnya Nam Ga Bin (Lim Hye Young). 

10. Itaewon Class (16.548%)

https://www.youtube.com/embed/NeaHNQJ1kCo

Data dari Nielsen Korea menunjukkan bahwa pemutaran perdana Itaewon Class pada 31 Januari mencetak rating pemirsa rata-rata 5,0% secara nasional dan 5,3% di wilayah Seoul. Itaewon Class menceritakan kehidupan Park Sae-roy (Park Seo Joon), seorang pemuda gigih yang tak berkompromi dengan ketidakadilan dan korupsi. Pada hari pertama masuk di sekolah menengah, Park Sae-Roy meninju teman sekelasnya, Jang Geun-won, yang menindas teman sekelasnya yang lain. Jang Geun-won merupakan putra CEO Jang Dae-Hee (Yoo Jae Myung).

Jang Dae-Hee kemudian diketahui menjalankan bisnis restoran Jagga tempat ayah Park Sae-roy bekerja. Dia menuntut Park Sae-roy meminta maaf ke putranya, tapi Park Sae-roy menolak. Penolakan itu membuat Park Sae-roy dalam masalah. Dia dikeluarkan dari sekolah dan ayahnya dipecat dari perusahaan Jang Dae-Hee. Tak lama kemudian, Ayah Park Sae-roy meninggal dalam kecelakaan sepeda motor yang disebabkan oleh mantan teman sekelas Jang Geun-won. Park Sae-roy yang terbakar amarah pun membalaskan dendam kepada Jang Geun-won. Lagi-lagi Park Sae-roy merasa diperlakukan tak adil. Dia ditangkap dan menerima hukuman penjara atas serangan kekerasan itu kepada Jang Geun-won.

Sejak itu, Park Sae-roy memutuskan untuk menghancurkan perusahaan Jagga dan membalas dendam kepada CEO Jang Dae-hee dan putranya, Jang Geun-won. Setelah dilepaskan dari penjara, ia membuka sebuah restoran di Itaewon, Seoul. Jo Yi-seo (Kim Da-mi) yang populer di media sosial kemudian bergabung dengan restoran Park Sae-roy dan bekerja di sana sebagai manajer. Berpegang teguh pada keyakinan dan amarah atas kejadian yang menimpa sang ayah, Park Sae-roy kemudian berteman dengan pemuda lainnya yang sama-sama keras kepala dan tak kenal takut. Mereka kemudian bersama-sama mengejar mimpi di antara jalan-jalan Itaewon yang sempit.

Itulah, 10 judul K-drama yang masuk rating teratas di televisi Korea! Adakah judul drama favoritmu? Tulis lewat komentar, yuk, Bela! 

Baca Juga: 23 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa, Bikin Ketagihan Nonton!

Baca Juga: 8 Serial & Drama Korea Ini Bakal Tayang di Netflix, Seru Banget!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Drama Korea Bulan Oktober 2022 yang Patut Dinanti