Bela, belakangan viral video yang memperlihatkan nisan biru bertuliskan Upin dan Ipin. Banyak spekulasi beredar bahwa kuburan tersebut adalah milik Upin dan Ipin yang kemudian mengilhami kisah animasi Upin & Ipin. 

Dikisahkan bahwa Upin-Ipin adalah khayalan Opah, nenek mereka, yang begitu sedih karena kehilangan anak sekaligus cucunya dalam sebuah kecelakaan mobil. Keluarga Upin-Ipin ini mengalami kecelakaan saat akan berlibur. 

Kisah ini pun kemudian menjadi viral dan banyak yang mempercayainya. Namun, apakah kisah ini benar?

Viral Video Kuburan Bertuliskan Upin-Ipin, Ini Klarifikasi Kreatornya!Dok. Les' Copaque

Penasaran, Popbela pun bertanya langsung ke Les' Copaque, rumah produksi yang menaungi serial animasi Upin & Ipin. Dalam klarifikasinya, Mohd Zarin Bin Abdul Karim, Head of New Media and Public Affairs Les' Copaque mengatakan bahwa tidak benar jika Upin & Ipin dibuat berdasarkan kisah nyata.

"Kuburan yang viral di video tersebut tidak benar," tulis Zarin dalam keterangan tertulis yang dikirimkan kepada Popbela.

Zarin juga mengatakan bahwa Upin & Ipin hanyalah cerita rekaan yang semata-mata tidak memiliki kaitan apapun dengan mereka yang masih hidup atau telah tiada.

Viral Video Kuburan Bertuliskan Upin-Ipin, Ini Klarifikasi Kreatornya!Instagram.com/Upinipinofficial

Dalam email-nya, Zarin juga menuliskan bahwa mereka cukup kaget menerima banyak pertanyaan terkait kuburan Upin dan Ipin. Mereka menegaskan bahwa saat ini, pihak tim produksi Upin-Ipin sedang mempersiapkan cerita untuk musim baru mereka.

"Kami mengetahui topik ini beredar di media sosial, tetapi sayangnya kami cukup sibuk dengan produksi kami untuk menanggapinya. Namun, inilah jawaban dari Pak Burhanuddin Md Radzi, Managing Director Les' Copaque Production terkait hal tersebut. Ia juga merupakan pengisi suara untuk Tok Dalang," jelas Zarin.

"Upin Ipin meninggal?
Pagi ini Atok kaget membaca berita dari Jakarta bahwa Upin Ipin meninggal dunia karena kecelakaan saat sedang berlibur di Sulawesi. Bagaimana mereka bisa pergi berlibur karena sekolah-sekolah di Malaysia tidak libur. Padahal tadi pagi akulah yang mengirim mereka ke taman kanak-kanak. Untuk semua penggemar Upin dan Ipin, jangan khawatir mereka selalu sehat dan akan muncul bersama teman-temannya di musim baru. Ini akan lebih menarik dan standar animasi telah meningkat pesat. Terima kasih atas perhatian kalian kepada semua penggemar Upin Ipin."

Pesan tersebut disampaikan oleh Burhanuddin yang merupakan kreator Upin & Ipin sekaligus Managing Director Les' Copaque dan pengisi suara karakter Tok Dalang. 

Selain itu, melalui Twitter resminya, Les' Copaque juga menjelaskan alasan mereka menjadikan tokoh Upin-Ipin sebagai anak yatim piatu dan berambut botak. Alasannya adalah kekurangan sumber daya manusia yang ada untuk membuat ilustrasi orangtua Upin-Ipin. Alasan Upin-Ipin dibuat botak adalah agar menghemat waktu dan memangkas biaya produksi.

Melihat klarifikasi ini, sudah jelas, ya, Bela kalau video yang beredar itu adalah hoaks. Selain itu, membaca penjelasan dari Les' Copaque membuat Popbela jadi nggak sabar menunggu kisah baru dari Upin & Ipin serta teman-temannya. Akan seseru apa, ya, nantinya?

Baca Juga: Video Diduga Kuburan Upin dan Ipin Viral, Bagaimana Kebenarannya? 

Baca Juga: Deretan Video Lelucon Fizi 'Upin-Ipin' yang Dinilai Dark Jokes

Baca Juga: 10 Film Kartun Animasi Tak Terlupakan yang Bikin Kamu Nostalgia