Berbicara soal masa depan, keadaan ekonomi kita saat ini sedikit banyak bisa memengaruhi kehidupan di masa mendatang. Dari waktu ke waktu, dana yang kita butuhkan (apalagi untuk kamu yang berencana berumah tangga dalam waktu dekat) tidaklah sedikit. Sebab, kita tidak bisa memprediksi kemungkinan buruk apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Agar masa depan terjamin, kita pun harus bijak dalam mengelola keuangan. Tak hanya dalam bentuk tabungan dan investasi, proteksi keuangan juga harus dilakukan agar kondisi keuangan terjamin. 

Tips Mengelola Keuangan agar Masa Depan Keluarga TerjaminDok. Popmama.com

Membahas soal mengelola keuangan di masa depan, Safir Senduk (Perencana Keuangan) bersama Ariavita Purnamasari (Head of Brand Marketing Communication Adira Insurance) berbagi tipsnya kepada kita lewat salah satu sesi talkshow di hari ketiga Popmama Parenting Academy 2020 yang diselenggarakan oleh Popmama.com. Apa saja tips-nya?

1. Kendalikan nafsu belanja untuk menekan pengeluaran yang tidak penting

Tips Mengelola Keuangan agar Masa Depan Keluarga TerjaminUnsplash.com/Stephen Phillips

Pertama, yang harus kamu lakukan untuk mengelola keuangan adalah mengendalikan nafsu belanja untuk menekan pengeluaran yang tidak penting. Buat daftar dan catatan jika kamu akan berbelanja bulanan.

Uang yang sisa dari budget belanja bulananmu, dapat kamu sisihkan untuk ditabung atau diinvestasikan. Tabungan tersebut berguna sebagai dana darurat apabila hal buruk terjadi pada keluargamu.

Selain tabungan dan investasi, kamu juga perlu mempertimbangkan asuransi. Asuransi memang tidak bisa mencegah risiko, namun dapat menjaga kerugian finansial yang mungkin saja muncul jika keluarga mengalami musibah.

2. Ajak keluarga agar kreatif dalam mengelola keuangan

Tips Mengelola Keuangan agar Masa Depan Keluarga TerjaminUnsplash.com/Micheile Henderson

Kreatif di sini maksudnya adalah menahan diri untuk nggak membeli sesuatu yang kurang dibutuhkan dan menyisihkan uang untuk ditabung. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, Ariavita Purnamasari menyarankan untuk membeli kebutuhan pokok terlebih dulu, tetap menyisihkan pendapatan, dan menyiapkan perlindungan diri untuk keluarga.

3. Terapkan tiga pilar untuk menjaga keuangan keluarga tetap stabil

Tips Mengelola Keuangan agar Masa Depan Keluarga TerjaminUnsplash.com/Damir Spanic

Menurut Safir Senduk, keluarga harus menerapkan tiga pilar untuk menjaga keuangan agar tetap stabil. Tiga pilar tersebut adalah tabungan, investasi dan asuransi. Jika kamu sudah menerapkan tiga pilar tersebut, keuangan keluarga bisa stabil dan meminimalkan risiko.

4. Manfaat memiliki proteksi keuangan berupa asuransi

Tips Mengelola Keuangan agar Masa Depan Keluarga TerjaminUnsplash.com/Sandy Millar

Menurut Ariavita Purnamasari, asuransi memiliki beragam manfaat dalam melindungi pengelolaan keuangan keluarga. Salah satunya untuk memitigasi risiko keuangan yang mungkin terjadi. Meliputi kejadian yang tidak diinginkan baik pada jiwa maupun aset keluarga.

Misalnya, menjaga kerugian finansial jika terjadi kerusakan mobil akibat kecelakaan. Atau menjaga kondisi keuangan tetap stabil jika sewaktu-waktu kita jatuh sakit dan tidak dapat bekerja.

Namun, jika kamu ingin memiliki asuransi sebagai proteksi keuangan, ada baiknya dibaca dengan jelas asuransi yang kamu pilih. Pelajari juga risiko dan manfaat asuransi yang kamu pilih.

Itu dia tips mengelola keuangan agar masa depan keluarga terjamin dan meminimalkan kerugian. Semoga kamu bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan, ya.

https://www.youtube.com/embed/SElY_PLMQcw

Popmama.com menggelar Popmama Parenting Academy 2020. Acara yang juga dikenal dengan Popac 2020 ini merupakan acara tahunan yang digelar oleh Popmama untuk belajar lebih banyak soal parenting. Popmama Parenting Academy 2020 ini berlangsung pada 28 September hingga 3 Oktober 2020 melalui Zoom dan chanel YouTube Popmama.com.

Baca Juga: Jangan Boros, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Baca Juga: Mudah Dibuat, Ini 3 Resep MPASI Premium A la Chef Amy Zein

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Saat Keuangan Memburuk!