Bagi kamu yang mengikuti segala acara ajang pencarian bakat, pasti nggak akan melupakan tahun 2003. Pada tahun tersebut, muncul beragam ajang pencarian bakat yang menjadi tontonan dengan rating tinggi pada masanya. Mulai dari Akademi Fantasi Indosiar, Indonesian Idol, Idola Cilik, dan masih banyak lagi ajang penghargaan serupa lainnya, menemani di akhir pekan kita.

Ada sensasi tersendiri bagi penonton saat menyaksikan para peserta berkompetisi, demi mendapatkan gelar idola baru yang siap meramaikan dunia hiburan Tanah Air. Tak heran, kalau kita sampai memiliki jagoan masing-masing yang diharapkan dapat menyandang gelar juara.

Acara-acara pencarian bakat tersebut sangat digandrungi. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah peserta yang ikut audisi, tingginya rating, hingga lagu jingle-nya yang dihafal luar kepala oleh para penontonnya.

Ngomong-ngomong soal jingle, deretan ajang pencarian bakat ini punya ‘lagu wajib’ mereka masing-masing. Popbela yakin kamu pasti hafal. Apa saja?

1. Akademi Fantasi Indosiar (AFI)

https://www.youtube.com/embed/pVtK4XTRNnA

Akademi Fantasi Indosiar (AFI) menjadi ajang pencarian bakat yang booming di Indonesia. Mengusung konsep sekolah berasrama, 12 peserta yang disebut akademia harus dikarantina selama proses kompetisi. Mereka nggak boleh berinteraksi dengan dunia luar agar fokus mempelajari soal teknik vokal, musik, koreografi, dan akting.

Sayangnya, setelah lima musim atau di tahun 2006, AFI tak lagi booming seperti sebelumnya dan hingga saat ini tak pernah diadakan lagi. Meski sudah tidak ada lagi, tapi kamu pasti masih hafal lagu jingle-nya, kan?

2. Indonesian Idol

https://www.youtube.com/embed/Rs8o_yWPm3o

Satu tahun setelah kemunculan AFI, Indonesian Idol mulai mengudara di tahun 2004. Ajang pencarian bakat ini merupakan adaptasi dari acara Pop Idol yang tayang di Inggris. Berbeda dengan AFI yang berakhir masa tayangnya, Indonesian Idol justru semakin diminati masyarakat saat ini. Hal itu terbukti dari seringnya Indonesian Idol masuk menjadi trending topic di media sosial setiap pertunjukannya berlangsung.

3. Kondang-In

https://www.youtube.com/embed/YisUeN0Nbus

Sukses dengan AFI, Indosiar membuat ajang pencarian bakat khusus untuk musik dangdut yang bertajuk Kontes Dangdut Indosiar atau Kondang-In. Acara ini tayang pertama kali pada tahun 2005 dan hanya tayang selama dua musim. 

4. KDI

https://www.youtube.com/embed/rH907BsbjTk

Tak mau kalah, salah satu stasiun televisi swasta Televisi Pendidikan Indonesia (TPI atau yang sekarang dikenal dengan MNCTV) membuat ajang pencarian bakat serupa dengan tajuk Kontes Dangdut TPI (KDI). Dari KDI, lahir penyanyi dangdut papan Indonesia, seperti Siti dan Nassar. 

5. Mamamia Show

https://www.youtube.com/embed/tvDvXkrq9ok

Ajang pencarian bakat Mamamia Show tergolong unik, Bela. Kamu nggak hanya bertanding sendiri, tapi juga bersama dengan Mama yang bertugas sebagai manajer sekaligus penolong apabila mendapat nilai tiga terbawah. Mamamia Show merupakan ajang pencarian bakat yang diadaptasi dari Quinceanera yang berkonsep sama asal Spanyol.

Di ajang pencarian bakat ini, peserta akan diajarkan teknik vokal dan koreografi. Sementara sang mama, akan diajarkan mengenai manajerial. Salah satu artis yang merupakan jebolan Mamamia Show adalah Mytha Lestari.

6. Idola Cilik

https://www.youtube.com/embed/pIECD9sqSgs

Semua ajang pencarian bakat yang sudah disebutkan di atas memiliki batas usia peserta, yakni minimal 15 tahun. Hal ini berbeda dengan Idola Cilik. Acara pencarian bakat yang mulai mengudara sejak tahun 2008 ini dikhususkan untuk anak-anak yang memiliki bakat menyanyi.

Nama-nama seperti Sivia Azizah, Bastian Steel, Angel Pieters, dan Cakka merupakan jebolan dari ajang pencarian bakat ini.

Dari enam jingle di atas, yang mana, nih, yang paling kamu hafal?

Baca Juga: Pangling, Perbandingan 14 Finalis Idola Cilik Season 2 Dulu & Sekarang

Baca Juga: Potret Dulu dan Kini Runner-up Indonesian Idol dari Masa ke Masa 

Baca Juga: Potret Perbandingan 16 Finalis Idola Cilik Season 1 Dulu dan Sekarang