Pernahkah kamu mendekati kucing dan ingin mengelusnya, tetapi mereka justru menjauh atau mendesis galak? Ya, beberapa kucing memang tidak menyukai manusia. Tak heran mereka menjadi defensif atau justru kabur saat didekati.

Seperti apa tanda-tanda kucing yang membenci kita? Coba perhatikan baik-baik!

1. Ekornya menjadi horizontal

Sadarkah Kamu? Ini 5 Tanda Kucing Membencimu!Pexels.com/Pixabay

Mungkin kita sudah tahu kalau ekor kucing digunakan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Namun, menurut Russell Hartstein, ahli perilaku kucing bersertifikat, kucing menggunakan ekornya untuk mengekspresikan emosi.

Waspadalah jika ekornya terlihat horizontal. Apalagi, kalau bulu di tengkuk dan punggungnya ikut berdiri. Russell mengatakan kepada Insider bahwa itu pertanda ketakutan dan permusuhan.

2. Memilih untuk bersembunyi

Sadarkah Kamu? Ini 5 Tanda Kucing Membencimu!Pexels.com/Francesco Ungaro

Kucing memilih untuk bersembunyi saat didekati? It's not a good sign. Mengutip Battersea, kucing bersembunyi untuk melindungi diri dari hal-hal yang mereka anggap berbahaya atau membuat mereka stres.

Ini biasa terjadi pada kucing jalanan yang pernah mendapat kekerasan dari manusia atau kucing rumahan yang tidak pernah bersosialisasi. Mereka takut dengan orang asing dan menganggapnya sebagai ancaman.

3. Menjauh saat didekati

Sadarkah Kamu? Ini 5 Tanda Kucing Membencimu!Pexels.com/Anel Rossouw

Tidak semua kucing suka disentuh. Ada yang merasa tidak nyaman, lalu berjalan menjauh. Mungkin saja, mereka trauma dengan manusia karena pernah diperlakukan buruk sebelumnya.

Bagaimana supaya kucing mempercayai kita? Dekati perlahan dan panggil dengan nada yang lembut. Lebih baik sambil jongkok atau duduk, karena berdiri membuat kita terlihat seperti ancaman. Lalu, elus tubuhnya dan berikan makanan, saran Union Lake Pet Services.

4. Mendesis kepada kita

Sadarkah Kamu? Ini 5 Tanda Kucing Membencimu!Pexels.com/Cats Coming

Dilansir Purina, kucing akan mendesis (hissing) pada kita karena kesal dan memperingatkan kita untuk menjauh. Ini adalah sikap defensif yang akan ditunjukkan ketika merasa terancam.

Lebih baik, biarkan mereka sendiri selama beberapa waktu. Jangan mendekat atau bahkan menggodanya, karena mereka akan semakin marah dan mungkin akan mencakar atau menggigit kita!

5. Puncaknya, mereka akan menggigit!

Sadarkah Kamu? Ini 5 Tanda Kucing Membencimu!Pexels.com/Amir Ghoorchiani

Semua pakar sepakat bahwa menggigit adalah tanda kucing tidak menyukai kita. Menurut Mieshelle Nagelschneider, pendiri Cat Behavior Clinic, menggigit merupakan perilaku normal anak kucing, tetapi tidak untuk kucing dewasa.

Selain sakit, gigitan kucing bisa berbahaya bagi manusia. Mengutip VCA Animal Hospitals, dalam mulut kucing terdapat bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Salah satunya adalah Pasteurella multocida.

Nah, itulah tanda-tanda kucing yang tidak menyukai kita. Perlu waktu dan kesabaran untuk membuat mereka luluh!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Sadarkah Kamu? Ini Tanda-tanda Kucing Membencimu!" ditulis oleh Nena Zakiah

Baca Juga: 5 Ciri Kucing Hamil Selain Perut Buncit dan Cara Merawatnya

Baca Juga: 7 Cara Mudah Merawat Anak Kucing Tanpa Induk, Siap Mengadopsinya?

Baca Juga: 7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!