Salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi oleh orang Indonesia adalah WhatsApp. Sejak ponsel pintar berkembang pesat mulai tahun 2010 lalu, WhatsApp menjadi aplikasi yang paling banyak diminati lantaran bisa mengirim dan menerima pesan baik dalam bentuk, gambar, maupun suara.

Namun, kita perlu khawatir nih, sebab WhatsApp baru saja mengumumkan bahwa ia akan berhenti beroperasi di beberapa perangkat ini. Alasan WhatsApp akan berhenti beroperasi macam-macam, salah satunya lantaran kapasitas ponsel tersebut sudah tidak lagi mampu untuk menerima WhatsApp yang selalu diperbarui secara berkala.

Di ponsel mana saja WhatsApp akan berhenti beroperasi? Simak daftarnya berikut ini ya.

Ponsel Berbasis Windows Phone

Siap-Siap, WhatsApp Akan Berhenti Beroperasi di Deretan Ponsel IniPexels.com/Jetshoots

Pertama, WhatsApp akan berhenti beroperasi di ponsel berbasis Windows Phone. Alasannya, Windows saat ini sudah tidak ada lagi lantaran Microsoft sendiri, sebagai penyedia layanannya, sudah beralih ke Android. Dijadwalkan WhatsApp akan berhenti beroperasi dari Windows pada 31 Desember 2019 mendatang.

Android Gingerbread atau yang Lebih Tua

Siap-Siap, WhatsApp Akan Berhenti Beroperasi di Deretan Ponsel IniWikimedia.com

Selanjutnya, WhatsApp juga mengumumkan akan berhenti beroperasi pada sistem ponsel 2.3.7 atau Android Gingerbread mulai 1 Februari 2020 mendatang. Selain karena ponsel berbasis Android Gingerbread juga sudah jarang ditemukan di pasaran, kapasitas dan kecepatan Android Gingerbread yang terbatas menjadi alasan berhenti beroperasi untuk ponsel tersebut. 

iOS 7 atau yang Lebih Tua

Siap-Siap, WhatsApp Akan Berhenti Beroperasi di Deretan Ponsel IniUnsplash.com/VanveenJF

iOS 7 atau sistem iOS yang lebih tua juga menjadi ponsel selanjutnya yang tidak akan didukung oleh WhatsApp. Sistem ini ada pada iPhone 4 atau iPhone yang diluncurkan sebelum tahun 2016. WhatsApp akan berhenti beroperasi dari sistem iOS 7 mulai 1 Februari 2019.

Apakah kamu menjadi salah satu yang masih menggunakan ponsel di atas? Jika iya, mulai menabung untuk mengganti ponselmu dengan sistem versi terbaru jika kamu masih ingin menggunakan layanan WhatsApp.

Baca Juga: Cara Agar Nggak Kelihatan Sedang Mengetik di WhatsApp