Meski selalu dikaitkan dengan laki-laki, namun banyak juga lho band yang memiliki vokalis perempuan. Bahkan band dengan vokalis perempuan di dunia berumur panjang dan baru menggantikan sang vokalis saat mereka sudah meninggal dunia.

Seperti empat vokalis perempuan di band berikut ini, tanpa disadari kini mereka sudah meninggal dunia. Siapa saja mereka?

1. Marie Fredriksson - Roxette

Sempat Hits, 4 Vokalis Perempuan Band Ini Sudah Meninggal DuniaBillboard.com

Di era 80-an nama Marie Fredriksson cukup dikenal luas. Terlebih lagi saat lagunya It Must Have Been Love dipakai menjadi soundtrack film Pretty Woman, namanya kian melambung dan membuatnya menjadi salah satu band yang cukup diperhitungkan di industri musik.

Pada tahun 2002, Marie didiagnosa mengidap kanker otak. Ia pun mulai melakukan pengobatan dan dinyatakan sembuh beberapa tahun setelahnya meskipun ia kehilangan kemampuan mendengar dan penglihatan sebelah, tak bisa lagi membaca dan menulis, serta kemampuan gerak yang menurun.

Marie tak menyerah, ia terus berjuang untuk sembuh sampai pada akhirnya di tahun 2009 ia pulih dan mulai mengadakan tur seperti biasa. Namun, hal itu tak berlangsung lama, kondisi Marie terus menurun dan dokter menyarankan untuk nggak terlalu lelah.

Sampai pada akhirnya di tanggal 10 Desember 2019 waktu setempat, Marie dinyatakan meninggal dunia di usia 61 tahun setelah perjuangannya melawan kanker otak selama 17 tahun.

2. Dolores O'Riordan - Cranberries

Sempat Hits, 4 Vokalis Perempuan Band Ini Sudah Meninggal DuniaBillboard.com

Band dengan vokalis perempuan selanjutnya yang sangat terkenal adalah Cranberries. Suara unik Dolores O'Riordan membuat lagu Zombie menjadi sangat hits pada tahun 90-an dan seperti menjadi lagu wajib remaja di masa itu.

Sayangnya, kini Dolores sudah meninggal dunia. Pada 15 Januari 2018 lalu, Dolores ditemukan meninggal dunia dalam keadaan tenggelam di bak mandi di Hotel Hilton, Park Lane, London, Inggris. Saat polisi melakukan investigasi, tak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh Dolores. Polisi juga tak menemukan tanda-tanda menyakiti diri sendiri.

Menurut saksi ahli, Dolores meninggal dunia lantaran konsumsi alkohol yang berlebihan. Sebab, ditemukan kadar alkohol yang cukup tinggi pada tubuh Dolores.

3. Karen Anne Carpenter - The Carpenter

Sempat Hits, 4 Vokalis Perempuan Band Ini Sudah Meninggal DuniaBillboard.com

Mundur kembali di tahun 1970-an, band The Carpenter menjadi band fenomenal dan hits pada masanya. Lagu yang mereka rilis selalu masuk ke dalam top hits dan bahkan membuat The Carpenter dan sang vokali, Karen Anne Carpenter, masuk ke dalam 100 penyanyi terbaik sepanjang masa versi The Rolling Stone.

Kejayaan Karen ternyata nggak bertahan lama. Ia meninggal dunia pada tahun 1983 atau saat usianya menginjak 32 tahun. Karen memiliki kelainan anorexia nervosa yang menyebabkan gangguan makan dan tubuhnya tidak stabil. Di tahun 1983 Karen ditemukan meninggal dunia lantaran gagal jantung akibat komplikasi penyakit yang dideritanya.

4. Kim Shattuck - The Muffs

Sempat Hits, 4 Vokalis Perempuan Band Ini Sudah Meninggal DuniaPeople.com

Pada 2 Oktober 2019 band The Muffs kehilangan vokalisnya, Kim Shattuck. Kim meninggal dunia lantaran penyakit ALS atau Lou Gehrig yang mengakibatkan matinya saraf neuron. ALS membuat sistem saraf melemahkan otot yang kemudian berdampak pada turunnya kondisi fisik.

Kim sendiri dikenal sebagai vokalis The Muffs yang sukses dengan lagu mereka yang berjudul Really Really Happy. Kim meninggal dunia di usia 56 tahun setelah dua tahun berjuang melawan penyakitnya.

Baca Juga: Tragis, Deretan 7 Artis Korea Ini Meninggal Dunia di Usia Muda