Pada perhelatan Oscar 2020 lalu ada satu momen yang cukup unik dan menarik perhatian. Yakni saat Idina Menzel membawakan lagu soundtrack Frozen 2, Into the Unknown, bersama dengan sembilan penyanyi perempuan lainnya.

Yang membuat lagu ini unik dan spesial adalah Into the Unknown dibawakan dalam sembilan bahasa yang berbeda selain bahasa Inggris. Di panggung Academy Awards ke-92 itu Into the Unknown dibawakan dalam bahasa Inggris, Danish, Jerman, Jepang, Spanyol, Norwegia, Polandia, Rusia, Castilia, dan Thailand.

Bagaimana penampilan mereka? Simak videonya berikut ini ya.

https://www.youtube.com/embed/iI_cnK_YSro

Melihat sejarah film animasi produksi Disney, Into the Unknown bukanlah lagu pertama yang dibuat versi medley dalam berbagai bahasa. Sebelumnya, Disney pernah membuat konsep serupa pada lagu Let It Go dalam film Frozen dan How Far I'll Go yang merupakan soundtrack Moana.

Memang, sebagai salah satu bentuk promosi Disney terhadap film yang dirilisnya, mereka selalu membuat dan menerjemahkan lagu soundtrack-nya ke dalam berbagai bahasa lokal. Hal ini dimaksudkan supaya film yang mereka rilis dapat diterima oleh masyarakat.

Apa saja ya soundtrack film yang pernah dibuat medley ke dalam berbagai bahasa secara resmi oleh Disney? 

Let It Go

https://www.youtube.com/embed/BS0T8Cd4UhA

Let It Go menjadi lagu pertama yang secara resmi dibuat versi berbagai bahasa oleh Disney. Lagu ini dibawakan secara medley oleh 25 penyanyi perempuan dalam 25 bahasa yang berbeda, termasuk Idina Menzel.

Bahasa yang ada di dalam lagu ini antara lain Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, Mandarin, Swedia, Jepang, Amerika Latin, Polandia, Hungaria, Spanyol Castilia, Catalonia, Italia, Korea, Serbia, Kanton, Portugis, Melayu, Rusia, Denmark, Bulgaria, Norwegia, Thailand, Perancis-Kanada, dan Flemish.

How Far I'll Go

https://www.youtube.com/embed/0g29Wg4oyek

Selanjutnya ada lagu How Far I'll Go yang dibuat ke berbagai bahasa. Lagu ini cukup hits terutama saat film Moana rilis di tahun 2016 lalu.

Sebenarnya, Maudy Ayunda menjadi salah satu penyanyi yang dipercaya membawakan lagu How Far I'll Go ke dalam bahasa lain selain bahasa Inggris. Sayangnya, lagu versi Maudy nggak masuk ke dalam lagu medley ini.

Into The Unknown

https://www.youtube.com/embed/GgPmy8RnlCA

Lagu Disney yang paling baru yang diubah ke dalam berbagai bahasa ada Into the Unknown yang merupakan soundtrack dari Frozen 2. Berbeda dari penampilan di Oscar 2020 yang hanya dibawakan ke dalam sepuluh bahasa, aslinya Into the Unknown dibawakan ke dalam 24 bahasa.

Dari semua lagu di atas, mana yang kamu suka?

Baca Juga: Masih Seru untuk Dibahas, Ini Fakta Menarik di Balik Film Frozen 2