Ungkapan kalau sekali berbohong maka akan ditutupi dengan kebohongan lain memang benar adanya. Bahkan kebohongan kecil saja bisa menghancurkan hidup seseorang yang tadinya baik-baik saja. Kisah ini menjadi benang merah dari film The Good Liar yang tayang pada akhir bulan November 2019.

Bagaimana kisah dengan plot twist super tak terduga ini? Simak review Popbela berikut yuk!

Sinopsis: Penipu Ulung yang Jatuh Cinta dengan Janda Kaya Raya

Review Film The Good Liar: Romansa Cinta Lansia Berbalut KebohonganDok. Warner Bros

Roy Courtnay (Ian McKellen) adalah seorang penipu ulung yang sudah berulang kali menipu teman kencannya yang ia temui di aplikasi kencan. Meski sudah lanjut usia, banyak orang mengakui kalau Courtnay masih memiliki pesona yang mampu memikat lawan jenisnya. Sehingga mereka mau melakukan apa saja untuk Courtnay dan tanpa sadar ditipu olehnya.

Sampai akhirnya ia bertemu dengan Betty McLeish (Helen Mirren) di aplikasi kencan. McLeish adalah janda kaya raya dengan kekayaan lebih dari 3 juta poundsterling. Tentu hal ini membuat Courtnay terpikat.

Berbeda dengan teman kencannya yang terdahulu, Courtnay merasakan hal yang berbeda. Ia benar-benar jatuh cinta dengan McLeish dan bahkan rela memberikan tabungannya senilai 3,5 juta poundsterling untuk disimpan di rekening bersama.

Semakin hari, Courtnay dan McLeish semakin jatuh cinta. Namun keduanya harus bersiap menghadapi kenyataan bahwa masa lalu mereka saling berkaitan dan mungkin menyakitkan satu sama lain.

Akting Luar Biasa dari Selebritas Senior Ian McKellen dan Helen Mirren

Review Film The Good Liar: Romansa Cinta Lansia Berbalut KebohonganDok. Warner Bros

Satu hal yang membuat saya awalnya ragu untuk menyaksikan film ini adalah mereka hanya memasang dua selebritas senior, yakni Ian McKellen dan Helen Mirren. Minimnya pemain muda membuat saya takut jika film ini akan membosankan karena pasti akan dipenuhi dengan banyak dialog.

Namun, keraguan saya sirna. Sebab, baik McKellen dan Mirren, keduanya benar-benar luar biasa. Lewat aktingnya yang mengagumkan, mereka bisa membawa penonton merasakan anomali emosi. 

Kalau kamu sudah menyaksikan filmnya, kamu pasti akan dibuat gregetan dan emosi saat melihat sifat licik McKellen. Kamu juga akan merasa kagum dan terpukau akan kecantikan Mirren yang menyimpan kecerdasan dan keberanian seorang perempuan. Benar-benar akting yang menakjubkan!

Plot Twist Serba Tak Terduga yang Membuat Kita Tak Bisa Menebak Jalan Ceritanya

Review Film The Good Liar: Romansa Cinta Lansia Berbalut KebohonganDok. Warner Bros

Sebelum menyaksikan film ini, saya sempat berbicara dengan beberapa penonton. Banyak yang awalnya enggan menonton The Good Liar karena mereka merasa kalau film ini terlalu berat. Alasannya? Banyak intrik dan detail yang harus diperhatikan jika kita nggak ingin ketinggalan cerita.

Jujur, mendengar statement seperti itu, membuat saya was-was juga saat akan menontonnya. Terlebih saya sedang dalam kondisi kurang fit untuk menyaksikan film yang mengharuskan ‘berpikir’ lebih berat.

Hal ini terbantahkan pada akhirnya. Ketika menyaksikan film ini, saya dapat mengikutinya dengan baik. Meski detail-detail kecil pada konflik terserak di sepanjang film, saya masih bisa menangkapnya tanpa ketinggalan sedikit pun.

Bagian paling seru dari film ini tentu di sepertiga akhir film alias klimaksnya. Kebohongan-kebohongan, baik yang dilakukan Courtnay maupun McLeish, pada akhirnya terbongkar dengan sendirinya dan mengarahkan pada sedikit adegan action yang cukup membuat degdegan.

Bagi saya, plot twist di bagian akhir film benar-benar tak terduga. Pikiran saya yang sudah menduga banyak hal mengenai akhir film ini, hilang begitu saja karena sama sekali salah. Saya bahkan sampai tak bisa berkata-kata melihat akhir film yang jauh di luar dugaan, dalam arti positif, tentunya.

Balas Dendam yang Menunggu Hingga 60 Tahun

Review Film The Good Liar: Romansa Cinta Lansia Berbalut KebohonganDok. Warner Bros

Pembalasan dendam, mungkin menjadi benang merah dari film ini sekaligus pesan moral yang ingin disampaikan kepada penonton. Karena kesalahan yang dibuat Courtnay di masa lalu ternyata membuat hidup McLeish hancur total. Ia pun mencoba membalaskan dendamnya meski harus menunggu hingga 60 tahun.

Untuk kamu yang ingin menyaksikan film dengan genre berbeda, lebih segar, dan kisah yang tak biasa, The Good Liar bisa jadi salah satu rekomendasinya. Kalau sudah menontonya, jangan lupa tulis pendapat kamu di kolom komentar ya!

Baca Juga: Review Film Frozen 2: Masa Lalu yang Patahkan Semua Teori Konspirasi