Minggu lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk ke dalam daftar 50 Besar Muslim Paling Berpengaruh versi the500muslim.com. Daftar ini didapatkan berdasarkan riset yang dilakukan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC) yang berlokasi di Amman, Yordania. Dalam daftar ini, Jokowi berada di posisi 13, naik tiga peringkat dari tahun 2018 lalu di peringkat 16.

Presiden Jokowi Masuk 50 Besar Muslim Paling Berpengaruh, Ini Faktanyathemuslim500.com

Apa alasan Presiden Joko Widodo bisa masuk ke dalam daftar ini? Serta siapa saja tokoh dari Indonesia yang juga masuk ke dalam daftar tersebut? Simak faktanya berikut ini.

1. Jokowi Dipilih karena Dinilai sebagai Pemimpin yang ‘Bersih’

Presiden Jokowi Masuk 50 Besar Muslim Paling Berpengaruh, Ini FaktanyaInstagram.com/jokowi

Sebetulnya ada beberapa alasan mengapa Jokowi terpilih masuk ke dalam daftar 50 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia. Salah satunya, menurut RISSC, Jokowi dinilai ‘bersih’ dari segala bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme. Ia merupakan pemimpin negara yang datang dari keluarga sederhana yang menggeluti bisnis furnitur di salah satu kota di Jawa Tengah. Kesederhanaan serta penampilan apa adanya membuatnya disukai oleh masyarakat.

2. Patahkan Anggapan Kalau Jokowi Anti-Islam

Presiden Jokowi Masuk 50 Besar Muslim Paling Berpengaruh, Ini FaktanyaInstagram.com/jokowi

Selama masa pemilu 2019 lalu, banyak berita yang mengatakan kalau Jokowi adalah sosok yang anti-Islam. Namun, dengan masuknya Jokowi dalam daftar ini, beberapa anggapan tentang Jokowi anti-Islam terpatahkan.

Merangkum dari berbagai sumber, banyak hal yang sudah dilakukan Jokowi untuk umat Muslim di negaranya. Salah satunya adalah Jokowi berhasil melobi Raja Salman dari Arab Saudi untuk meningkatkan kuota jamaah haji.

3. Dianggap Berhasil Berkat Asian Games 2018

Presiden Jokowi Masuk 50 Besar Muslim Paling Berpengaruh, Ini FaktanyaInstagram.com/jokowi

Tahun 2018 lalu, upacara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta berhasil menarik perhatian dunia. Penampilan para penari secara kolosal dan melibatkan ribuan orang benar-benar membuat banyak negara terpukau. Terlebih dengan tampilnya Jokowi di venue menggunakan motor besar, semakin memberikan kejutan tak terduga bagi para penonton yang menyaksikan acara tersebut.

4. Sosok yang Sukses Memimpin Negara dengan Jumlah Penduduk Muslim Terbesar di Dunia

Presiden Jokowi Masuk 50 Besar Muslim Paling Berpengaruh, Ini FaktanyaInstagram.com/jokowi

Meskipun Indonesia bukan negara muslim, namun jumlah penduduk muslim Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Melihat hal ini dan bagaimana perkembangan Indonesia, RISSC menganggap Jokowi sukses memimpin negara Indonesia. Makanya tak heran jika ia masuk ke dalam daftar tersebut.

5. Tak Cuma Jokowi, Tokoh Indonesia ini Juga Masuk dalam Daftar Muslim Berpengaruh

Presiden Jokowi Masuk 50 Besar Muslim Paling Berpengaruh, Ini FaktanyaInstagram.com/najwashihab

Tak hanya 50, namun sebetulnya ada 500 Daftar Muslim Paling Berpengaruh di Dunia yang diambil di berbagai bidang. Tokoh lainnya dari Indonesia yang juga masuk ke dalam daftar tersebut antara lain Megawati Soekarno Putri, Anis Matta dan Prabowo Subianto dari bidang politik, Abdullah Gymnastiar dan Quraish Shihab dari bidang pendidikan dan rohani, Sri Mulyani Indrawati di bidang bisnis, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tahan Granat, Ini Fakta Mobil Baru Jokowi Seharga Rp7,5 Miliar