Minggu ini, tepatnya di tanggal 20 Agustus 2018, penghargaan musik MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 siap digelar di Radio City Music Hall, New York, Amerika Serikat. Banyak selebritas yang akan hadir, baik sekadar sebagai undangan atau sebagai pengisi acara.

Acara yang rencananya akan dibuka oleh penyanyi rap yang tengah naik daun, Cardi B ini akan membagikan sekitar 19 kategori penghargaan. Di tahun ini Cardi B menjadi penyanyi yang paling banyak masuk nominasi, yakni sebanyak 12 nominasi, disusul oleh Beyonce sebanyak 8 nominasi.

Ngomong-ngomong soal Beyonce, dilansir dari Statista, Beyonce menjadi penyanyi perempuan yang menerima penghargaan paling banyak selama MTV VMA berlangsung. Selama kariernya, Beyonce telah menerima penghargaan MTV VMA sebanyak 26 penghargaan, disusul Madonna sebanyak 20 penghargaan dan Lady Gaga sebanyak 13 penghargaan.

Ketiga penyanyi perempuan tersebut memang bukan penyanyi sembarangan, Bela. Ketiganya telah menerima puluhan penghargaan, selalu menjadi jajaran teratas tangga lagu, hingga pendapatan yang fantastis. Bagaimana prestasi dan sepak terjang ketiga penyanyi perempuan tersebut? Popbela telah merangkumnya berikut ini.

1. Beyonce

3 Perempuan Peraih Penghargaan MTV VMA Terbanyak Sepanjang SejarahPeople.com

Menempati urutan pertama ada penyanyi kelahiran 4 September 1981, Beyonce Knowles. Mengawali kariernya sebagai penyanyi yang bergabung dalam grup Destiny’s Child, Beyonce kini menjadi salah satu solois yang paling sukses dan terkenal saat ini. Prestasinya yang paling diingat oleh banyak orang hingga saat ini adalah ketika ia berhasil membawa pulang sebanyak enam penghargaan dari sepuluh nominasi di ajang Grammy Awards di tahun 2010. Penghargaan tersebut antara lain Best Contemporary R&B Album, Best Female Pop Vocal Performance, Song of the Year, Best R&B Song, Best Female R&B Vocal Performance, dan Best Traditional R&B Vocal Performance.

Meski telah sukses sebagai penyanyi, Beyonce nggak berhenti melebarkan sayapnya ke bidang lain. Beyonce saat ini telah memiliki clothing line-nya sendiri dengan nama Ivy Park. Sayangnya, menurut gosip yang beredar, Beyonce membayar para pekerja pabrik Ivy Park yang berlokasi di Sri Lanka ini sangat rendah, yakni sekitar $0,64 per jam atau setara dengan Rp8 ribu, tetapi nggak pernah ada konfirmasi atau pembelaan apapun dari pihak Beyonce. Berkat bisnis dan semua royalti lagu yang pernah dibawakannya, nggak heran deh kalau Beyonce kini menjadi penyanyi perempuan dengan pendapatan yang tinggi. Kalau ditotal hingga saat ini pendapatan bersih Beyonce mencapai $350 juta atau setara dengan Rp4,9 triliun.

2. Madonna

3 Perempuan Peraih Penghargaan MTV VMA Terbanyak Sepanjang SejarahPeople.com

Urutan kedua penyanyi perempuan yang berhasil meraih penghargaan MTV VMA sepanjang masa adalah Madonna dengan jumlah sebanyak 20 penghargaan. Penyanyi perempuan yang lahir pada 16 Agustus 1958 ini sempat dijuluki sebagai Queen of Pop sejak tahun 1980. Meski banyak penghargaan yang pernah diterimanya, namun banyak pula prestasi di luar ajang penghargaan yang pernah diterima oleh perempuan asal Michigan, Amerika Serikat ini. Prestasi tersebut antara lain, Madonna pernah mencatatkan namanya di Guinness World Records sebagai penyanyi perempuan paling laris sepanjang masa yang menjual lebih dari 300 juta album di seluruh dunia. Selain itu versi Rolling Stone, Madonna masuk ke dalam 100 Greatest Artists of All Time dan 100 Greatest Songwriters of All Time, serta masih banyak lagi penghargaan yang pernah diraihnya.

Setelah dikenal dan sukses sebagai penyanyi papan atas, Madonna menginvestasikan pendapatannya di beberapa lini bisnis. Pertama, lini bisnisnya yang dirintisnya adalah parfum dengan nama Truth or Dare, pemilik clothing line Material Girl, serta investor minuman Vita Coco dan pusat latihan olahraga Hard Candy. Dari banyaknya bisnis yang ditekuninya tersebut, kini jumlah kekayaan bersih yang dimiliki Madonna senilai $560 juta atau setara dengan Rp7,8 triliun.

3. Lady Gaga

3 Perempuan Peraih Penghargaan MTV VMA Terbanyak Sepanjang SejarahBillboard.com

Sejak kemunculannya di dunia hiburan di tahun 2009, nama Lady Gaga langsung menarik perhatian. Gaya berpakaiannya yang nyentrik, video klipnya yang kontroversi, hingga lirik lagunya yang sarat dengan pesan membuat nama perempuan kelahiran 28 Maret 1986 ini kian menjadi bahan pembicaraan. Namun, apa yang dilakukannya ternyata sebanding dengan prestasi yang didapat. Terbukti, sejak kemunculannya di dunia musik, Gaga nggak pernah absen mendapatkan menyabet piala dari berbagai ajang penghargaan. Selama karier musiknya, Gaga sudah mendapatkan 13 piala dari ajang penghargaan MTV VMA.

Sukses dan banyak uang membuat Lady Gaga menginvestasikan kekayaannya melalui bisnis yang dirintisnya. Tercatat, hingga saat ini Gaga pernah merintis bisnis parfum, aksesori hewan dan menginvestasikan uangnya di perusahaan air mineral. Dari bisnis dan penjualan album-albumnya, perempuan yang dijuluki Mother Monster ini memiliki total kekayaan $275 juta atau setara dengan Rp3,8 miliar.

BACA JUGA: Selalu Tampil Memesona, Ini Momen Red Carpet Terbaik Beyoncé!​