Tahun 2019 sebentar lagi akan berakhir. Menyambut tahun 2020, tak ada salahnya jika kita melihat kembali ke satu tahun ke belakang untuk mengetahui apa saja yang sudah kita lewat.

Tahun ini menjadi tahun yang cukup meriah bagi masyarakat Indonesia. Pesta demokrasi dan beberapa sejarah baru ditorehkan di tahun 2019 ini. Untuk merangkum apa saja yang sudah dilewati oleh masyarakat Indonesia dalam satu tahun ke belakang, Google merilis sepuluh hal paling banyak dicari di Google.

Berikut daftar hal yang paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2019 yang harus kamu tahu.

1. Cinta Luar Biasa

https://www.youtube.com/embed/FcOctsNXyjk

Cinta Luar Biasa merupakan lagu milik Andmesh yang rilis pada 1 November 2018 ini mendadak sangat viral. Banyak orang mencari tahu bagaimana lirik lagu Cinta Luar Biasa karena maknanya yang sangat dalam. Saking viralnya, lagu ini sampai dibawakan kembali oleh personel NCT, Doyoung dan Haechan.

2. Pilpres 2019

10 Hal Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang Tahun 2019Dok. Internet

Tahun 2019 menjadi tahun demokrasi bagi Indonesia. Pemilihan umum 2019 menjadi pemilu terbesar di dunia karena dalam satu kali waktu masyarakat Indonesia harus memilih presiden dan wakilnya, DPR, DPRD, DPD, DPR tingkat provinsi dan DPR tingkat kota. Bukan cuma itu, kontroversi di balik pilpres 2019 membuat topik ini sangat hangat diperbincangkan dalam beberapa bulan sepanjang tahun 2019.

3. Dua Garis Biru

10 Hal Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang Tahun 2019Instagram.com/duagarisbirufilm

Film Dua Garis Biru nyatanya tak hanya meraup lebih dari 2 juta penonton dalam waktu penayangannya, film garapan Gina S. Noer ini juga banyak diperbincangkan karena kontroversinya. Dua Garis Biru sempat akan diboikot bahkan sebelum filmnya tayang karena dinilai akan memberikan dampak negatif bagi penontonnya. Nyatanya, keadaan berbalik, dan banyak orang mulai peduli dengan pendidikan seksual bagi remaja.

4. Hidup Sehat

10 Hal Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang Tahun 2019Instagram.com/saepulhdyt

Penelusuran yang paling banyak dicari selanjutnya adalah Hidup Sehat. Hal ini menandakan kalau di tahun 2019 ini banyak masyarakat Indonesia yang semakin peduli dengan kesehatan dan mulai mengubah pola hidup mereka menjadi lebih sehat.

5. Bucin

10 Hal Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang Tahun 2019Instagram.com/andovidalopez

Bagi yang belum tahu, bucin merupakan singkatan dari budak cinta. Kata ini pertama kali dipopulerkan oleh Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez lewat salah satu video mereka di channel YouTube SkinnyIndonesia24. Awalnya kata bucin merupakan sebutan dari Andovi untuk Jovi yang selalu mementingkan pacarnya dan dibudakan oleh cinta. Lama kelamaan, istilah ini menyebar dan menjadi viral di mana-mana. Bahkan di tahun 2020, mereka berdua akan merilis film yang berjudul Bucin.

6. KKN Desa Penari

10 Hal Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang Tahun 2019Dok. Internet

Ngaku deh siapa yang nggak baca kisah ini? Jawabannya pasti nggak ada. Sejak kemunculannya di salah satu thread akun Twitter dengan nama Simpleman, KKN Desa Penari langsung menjadi trending. Meski nama dan lokasi kisah KKN Desa Penari disamarkan, banyak warganet yang mencoba menebak di mana lokasi ini berada. Menurutmu di mana nih lokasi KKN Desa Penari?

7. Telur Gulung

10 Hal Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang Tahun 2019Yummy Indonesia

Bagi anak 90-an, telur gulung merupakan jajanan favorit karena rasanya yang gurih dan harganya yang murah. Sadar nggak sih telur gulung sempat hilang dari peredaran dan mulai ada lagi di awal tahun 2019 ini? Beberapa mungkin akan dengan mudah membelinya. Namun, jika kamu yang sangat menjaga makanan, biasanya akan membuat sendiri resep telur gulung. Karena hal inilah resep telur gulung menjadi resep yang paling banyak dicari di tahun 2019.

8. Keluarga Cemara

10 Hal Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang Tahun 2019Instagram.com/filmkeluargacemara

Lagi-lagi hal yang paling banyak dicari di tahun 2019 ini datang dari era 90-an, yakni Keluarga Cemara. Keluarga Cemara kembali dicari lantaran di awal tahun 2019 dibuat kembali filmnya dengan versi lebih modern. Meski modern, namun tokohnya tetap sama kok. Tetap ada Emak, Abah, Euis dan Ara.

9. Nadiem Makarim

10 Hal Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang Tahun 2019Instagram.com/kemdikbud.ri

Mantan CEO Gojek ini juga menjadi salah satu tokoh paling dicari di mesin pencari Google tahun 2019. Sepak terjangnya dibilang cukup mulus. Setelah melepas jabatannya sebagai CEO Gojek, Nadiem Makarim diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Pendidikan periode 2019-2024. 

10. RUU KUHP

10 Hal Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang Tahun 2019Dok. Internet

Agustus-September 2019 menjelang dilantiknya Presiden Joko Widodo, mahasiswa dari seluruh Indonesia turun ke jalan untuk berunjuk rasa. Mereka berunjuk rasa menolak revisi RUU KUHP yang dinila merugikan rakyat Indonesia. Dua orang mahasiswa meninggal dunia akibat unjuk rasa ini. Hingga kini, RUU tersebut masih dipending.

Dari sepuluh hal yang paling banyak dicari di Google tahun 2019 ini, kamu pernah Googling yang mana nih?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Film Keluarga Cemara