Setelah memutuskan untuk pindah dari Kensington Palace, Pangeran Harry dan Meghan Markle tinggal di Frogmore Cottage, Windsor Castle. Keputusan pindah dipilih karena Pangeran Harry dan Meghan menginginkan lebih banyak privasi untuk dirinya serta anak mereka Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Sebelum resmi pindah ke Windsor Castle, bangunan tersebut sempat dilakukan renovasi dan menghabiskan biaya yang fantastis lho. Penasaran apa saja yang direnovasi dan berapa biaya yang dihabiskan untuk merenovasi bangunan tersebut?

Merombak Kamar

Pangeran Harry Habiskan Rp43 Miliar untuk Renovasi Rumah Baru People.com

Frogmore Cottage, bangunan yang berdiri sejak tahun 1800 ini memiliki banyak ruangan serta lima kamar tidur bergaya asrama yang luas. Ingin sedikit memperbarui ruangan tersebut, Pangeran Harry dan Meghan mengubahnya menjadi lima kamar berukuran besar. Selain kamar, bagian lain yang direnovasi sejak awal tahun 2019 ini adalah instalasi listrik, pipa air, pemanas ruangan, dan langit-langit yang sudah terlihat usang.

Renovasi dan Memperbarui Taman

Pangeran Harry Habiskan Rp43 Miliar untuk Renovasi Rumah Baru People.com

Selain bagian dalam bangunan, taman dan bagian luar bangunan juga tidak luput dari proses renovasi. Misalnya, mendekorasi ulang pintu dan daun jendela, serta menata ulang taman dan menambahkan pencahayaan yang cantik pada taman tersebut.

Habiskan Rp43 Miliar Uang Pajak

Pangeran Harry Habiskan Rp43 Miliar untuk Renovasi Rumah Baru Instagram.com/sussexroyal

Untuk merenovasi besar-besaran bangunan tersebut, Pangeran Harry dan Meghan menghabiskan uang pajak lebih dari Rp43 miliar. Jangan keburu berpikir negatif dulu Bela. Jumlah Rp43 miliar tersebut diambil dari biaya renovasi bangunan kerajaan tahunan yang memang disiapkan oleh pihak Kerajaan Inggris sebesar Rp780 miliar per tahun. 

Nggak Semua Biaya Renovasi Ditanggung Pajak

Pangeran Harry Habiskan Rp43 Miliar untuk Renovasi Rumah Baru People.com

Melansir dari People.com, nggak semua biaya renovasi Frogmore Cottage menghabiskan uang dari pajak lho. Meski nggak disebutkan berapa besarannya, namun Pangeran Harry dan Meghan juga mengeluarkan uang pribadi untuk merenovasi beberapa bagian rumah. Misalnya, Meghan menginginkan dapur yang bagus dan lebih privasi. Ia pun rela mengeluarkan uang sendiri untuk membiayainya.

Baca Juga: Meghan Markle Buka Lowongan Pengasuh Bayi dengan Gaji Rp1,3 Miliar