Masih di rumah saja karena PSBB DKI Jakarta diperpanjang, membuat kita memiliki lebih banyak waktu untuk menonton deretan drama Korea yang sudah kita 'timbun' sebelumnya. Mulai dari drama Korea lama, yang terbaru, atau yang belum sempat kamu tonton, bisa kamu cicil untuk disaksikan di akhir pekan ini.

Nggak Cuma Seru, Ini 5 Manfaat Nonton KDrama a la Rasyid BaihaqiDok. IDNTimes.com

Nggak cuma menghadirkan kisah yang menarik untuk diikuti, drama Korea juga memiliki manfaat lain untuk diri kita, lho. Lewat Indonesia Writers Festival 2020 yang diselengggarakan oleh IDNTimes.com, Rasyid Baihaqi, salah satu reviewer film dari channel YouTube Cine Crib mengatakan kalau drama Korea punya lima manfaat penting. Apa saja, ya?

1. Kita jadi tahu sejarah dan budaya Korea. Nambah ilmu banget, nih!

Nggak Cuma Seru, Ini 5 Manfaat Nonton KDrama a la Rasyid Baihaqidok. SBS

Menonton serial drama Korea bukan hanya bermanfaat untuk menghibur diri dan melepas stres setelah beraktivitas. Kita juga bisa belajar banyak hal dari drama Korea, misalnya dari sejarah hingga budaya di sana. Bukan hanya itu, kita jadi tahu tren teknologi apa yang sedang terjadi di Korea lewat serial drama mereka. Belajar banget, nih!

2. Memperluas wawasan soal genre unik dalam drama Korea

Nggak Cuma Seru, Ini 5 Manfaat Nonton KDrama a la Rasyid BaihaqiDok. TvN

Sadar nggak sih, kalau serial drama Korea punya genre yang unik dan bisa memperluas wawasan kita lewat cerita yang ditampilkan? Misalnya lewat serial It's Okay To Be Not Okay yang memberikan kita informasi soal kesehatan mental, dan serial drama terbaru Bae Suzy yang mengangkat kehidupan soal start-up. Kita jadi tahu banyak hal baru, namun dengan cara yang menyenangkan.

3. Belajar menilai dan menghargai karya seni

Nggak Cuma Seru, Ini 5 Manfaat Nonton KDrama a la Rasyid BaihaqiDok. TvN

Setelah menonton serial drama, tak ada salahnya untuk membuat penilaian atau review pribadi soal serial yang baru saja kita tonton tersebut. Nggak perlu terlalu kompleks dalam membuat review-nya, tulis saja dulu mulai dari apa yang kamu suka dari serial drama yang kamu tonton dan pelajaran apa yang kamu ambil di dalamnya. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menuangkan review kamu atau membuat podcast sederhana.

4. Jadi mengenal tentang konten, konsep, dan konteks

Nggak Cuma Seru, Ini 5 Manfaat Nonton KDrama a la Rasyid BaihaqiDok. Netflix

Selanjutnya, lewat serial drama pula, kita bisa jadi lebih paham soal konten, konsep, dan konteks. Dari konten, kita tahu tentang tampilan atau properti yang terlihat. Dalam konsep, kita jadi menerima pesan dan hal abstrak yang tidak bisa kita lihat. Sedangkan konteks, tema dari drama, contohnya budaya atau politik Korea Selatan. Benar-benar belajar banyak hal, ya!

5. Saat kita membagikan apa yang sudah kita dapat, pasti akan bermanfaat untuk orang lain

Nggak Cuma Seru, Ini 5 Manfaat Nonton KDrama a la Rasyid Baihaqidok. jtbc

Setelah mengenal dan mendalami serial drama yang kita tonton, yuk mulai membuat review-nya. Buat saja review singkat soal drama tersebut lewat YouTube atau tulisan di blog kamu. Jika kita membagikan apa yang kita dapat, pasti akan menjadi manfaat orang lain, bukan?

Bagaimana, Bela? Siap lanjut menonton dan belajar banyak dari serial drama Korea lagi?

https://www.youtube.com/embed/1W0Wo8O5bio

IDNTimes menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan “Empowering Indonesians Through Writing” ini berlangsung pada 21 hingga 26 September 2020 melalui Zoom dan YouTube channel IDNTimes.

Disclaimer: artikel ini ditulis ulang dari artikel berjudul "IWF 2020: 5 Manfaat Nonton KDrama ala Rasyid Baihaqi dari Cine Crib" ditulis oleh Vanessa Audrey

Baca Juga: Yuk, Kembangkan Passion Menulismu dengan 5 Tips dari Nadhifa Tsana

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ambil Konten Medsos Menjadi Artikel

Baca Juga: Perkuat Karakter dalam Tulisan dengan 5 Tips A la Wisnu Suryaning Adji