Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang diutus Allah SWT untuk menyempurnakan nabi-nabi pendahulunya. Nabi Muhammad SAW diutus menjadi pembawa wahyu Allah SWT yang juga memiliki mukjizat dan ini menjadikannya sebagai manusia istimewa.

Terdapat banyak keistimewaan dan mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan beberapa di antaranya masih dapat kita saksikan hingga saat ini. Apa saja mukjizat Nabi Muhammad SAW? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini.

1. Al-Quran

10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Menambah Keimanan Unsplash.com/Malik Shibly

Al-Quran menjadi mukjizat pertama, paling besar dan abadi yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Quran juga menjadi kitab terakhir dan penyempurna dari kitab lainnya.

Seperti diketahui, Allah SWT lebih dulu menurunkan empat kitab lainnya kepada empat nabi terdahulu sebelum Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab tersebut adalah Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa AS, Zabur kepada Nabi Daud AS dan Injil kepada Nabi Isa AS.

Hingga saat ini dan sampai hari kiamat kelak, Al-Quran menjadi pedoman hidup bagi umat Islam di dunia.

2. Isra Miraj

10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Menambah Keimanan Freepik.com

Salah satu perayaan tertentu pada umat Islam adalah Isra Miraj atau perjalanan malam yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Perjalanan malam ini menjadi mukjizat berikutnya yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW.

Disebutkan bahwa isra adalah perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Sementara miraj merupakan perjalanan dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha, untuk menerima perintah salat dalam waktu tidak sampai satu malam.

Peristiwa Isra Miraj ini diyakini terjadi pada malam 27 Rajab. Maka dari itu, tanggal 27 Rajab setiap tahunnya selalu diperingati untuk mengenang peristiwa tersebut.

3. Mengobati sakit mata

10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Menambah Keimanan Unsplash.com/Arteum Ro

Sebelum menaklukan Benteng Khaibar, Ali bin Abi Thalib sebagai pemegang bendera pasukan sempat mengalami sakit mata. Dengan mukjizat yang diberikan Allah SWT, Nabi Muhammad SAW kemudian memanggil Ali dan meludahi matanya yang sakit.

Maha Besar Allah, berkat mukjizat yang diberikannya kepada Rasulullah SAW, mata Ali bin Abi Thalib kemudian sembuh dan tidak terlihat seperti seorang yang pernah mengalami sakit mata. Hal ini pun menjadi salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW yang harus kita ketahui.

4. Makanan yang sedikit, tetapi cukup untuk banyak orang

10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Menambah Keimanan Unsplash.com/Hilal Kh

Sebagaimana diceritakan dalam HR Al-Bukhari No. 3385; Muslim No. 2040, dikisahkan bahwa saat itu Nabi Muhammad SAW sedang dalam keadaan lemas, sehingga Abu Tholhah dan istrinya mengundang Sang Nabi untuk makan.

Dalam kesempatan tersebut, Rasulullah SAW datang membawa sahabatnya sekitar 70-80 orang. Namun, Abu Tholhah dan istrinya hanya memiliki sedikit makanan yang tidak cukup untuk diberikan kepada Rasulullah dan para sahabatnya.

Sebelum makan, Rasulullah SAW kemudian mendoakan makanan yang dihidangkan oleh Abu Tholhah dan istrinya. Setelahnya para sahabat Rasulullah diminta makan bergantian hingga semua mendapat giliran, termasuk Rasulullah dan keluarga Abu Tholhah.

Berkat mukjizat yang Allah SWT berikan, makanan yang berjumlah sedikit tersebut dapat membuat seluruh tamu merasa kenyang. 

5. Membelah bulan

10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Menambah Keimanan Unsplash.com/Ganapathy Kumar

Mukjizat Nabi Muhammad SAW lainnya adalah dapat membelah bulan. Kejadian ini bermula ketika orang-orang kafir tidak percaya perjalanan Isra Miraj yang telah Rasul selesaikan. Kisah ini terjadi pada saat sebelum Rasulullah berhijrah ke Madinah.

Kaum kafir kemudian menantang Rasulullah untuk membuktikan kenabiannya dengan membelah bulan. Suatu malam kaum kafir beramai-ramai mendatangi Nabi Muhammad SAW. Kala itu Rasul sedang berada di Mina. 

Sekelompok kaum musyrik itu menantang Nabi Muhammad SAW untuk membelah bulan. Jika ia menyanggupinya, maka mereka akan tunduk kepada Allah SWT.

Rasulullah pun sontak langsung menunjuk ke arah bulan, dan atas kehendak Allah SWT yang menurunkan mukjizat pada Nabi Muhammad SAW, maka bulan terbagi menjadi dua. 

Seperti disebutkan dalam Sahuh Al-Bukhari, "Bahwa orang-orang Makkah meminta utusan Allah untuk menunjukkan kepada mereka mukjizat, dan ia menunjukkan kepada mereka pemisahan bulan." 

Sayangnya, setelah berhasil memperlihatkan bulan terbelah kaum kafir pun berkhianat. Mereka tetap membenci Nabi Muhammad SAW dan tidak tunduk kepada Allah SWT. 

6. Doa meminta hujan

10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Menambah Keimanan Unsplash.com/Reza Shayestehpour

Pada suatu waktu, diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW tengah berkhutbah Jumat. Saat itu, ada umatnya yang meminta didoakan agar turun hujan karena terjadi kekeringan.

Rasulullah pun berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Atas kehendak-Nya, turunlah hujan deras terus menerus sampai hari Jumat berikutnya.

Meski sudah tidak alami kekeringan, namun terdapat seorang umat memberi tahu Rasulullah bahwa banyak rumah yang rusak akibat hujan deras yang tak kunjung berhenti. 

Mengetahui hal tersebut, Rasulullah kembali berdoa agar hujan dapat dialihkan ke sekeliling Kota Madinah. Tak lama setelah itu, awan-awan di langit atas Kota Madinah pun bergerak pindah ke pinggir Kota Madinah. Cerita ini juga disebutkan dalam HR. Al-Bukahari No. 3582.

7. Segelas susu yang dapat mengenyangkan banyak orang

10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Menambah Keimanan Unsplash.com/An Vision

Tak hanya mukjizat makanan sedikit yang dapat mengenyangkan banyak orang, diceritakan pula dalam HR Al-Bukhari No. 6087 bahwa mukjizat Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah segelas susu yang dapat mengenyangkan banyak orang.

Diceritakan bahwa saat ada sahabat Rasulullah, yakni Abu Hurairah yang dalam keadaan kekurangan tetapi memiliki banyak ilmu dan kuat hafalannya. Sampai suatu waktu, Rasulullah melewati sahabatnya itu yang tengah duduk di pinggir jalan.

Rasulullah yang mengetahui penderitaan Abu Hurairah pun mengajaknya untuk ikut ke rumahnya. Sesampainya di rumah, Rasulullah menemukan segelas susu dan bertanya pada sang istri dari mana susu tersebut. Istrinya kemudian menjawab dari Fulan.

Rasulullah pun meminta Abu Hurairah memanggil ahlush shuffah atau sekumpulan sahabat yang tinggal di masjid Rasulullah. Tak lama kemudian, mereka pun datang ke rumah Rasulullah dan meminta Abu Hurairah untuk membagikan susu kepada mereka.

Abu Hurairah memberikan gelas berisi susu kepada orang pertama dan mengizinkan orang tersebut meminumnya sampai puas, setelahnya gelas diberikan kepada orang kedua dan seterusnya sampai mereka semua puas.

Setelah para tamu merasa puas, gelas itu kemudian dikembalikan kepada Rasulullah. Saat itu, hanya Rasulullah dan Abu Hurairah yang belum meminum susu tersebut.

Rasulullah mengizinkan Abu Hurairah untuk meminumnya dahulu. Kemudian barulah susu itu diberikan kepada Rasulullah. Beliau memuji Allah dan bersyukur lalu membaca, "Bismillah" sebelum meminum sisa susu dari Abu Hurairah.

Mereka pun dapat menikmati segelas susu secara bersamaan dan mengenyangkan berkat mukjizat yang Allah berikan pada Rasulullah.

8. Air yang mengalir dari jemari tangan

10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Menambah Keimanan Unsplash.com/Geetanjal Khanna

Diceritakan pada hari Al-Hudaibiya (perjanjian), ada banyak orang yang merasakan kehausan kala itu. Setelah menyelesaikan wudu dengan air yang seadanya, mereka bergegas mengunjungi Nabi Muhammad SAW.

Orang-orang tersebut mengatakan kepada Rasulullah bahwa mereka tidak memiliki air untuk wudu maupun minum, kecuali sepanci air kecil yang tidak cukup untuk semua orang.

Mengetahui hal tersebut, Rasulullah kemudian meletakan tanggan ke dalam panci dan air mulai mengalir dari jari-jarinya seperti mata air. Berkat kehendak Allah SWT, akhirnya semua orang dapat minum dan wudu tanpa merasa kekurangan.

9. Meramalkan sang istri

10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Menambah Keimanan Unsplash.com/Onur Binay

Sebelum wafatnya Nabi Muhammad SAW dan sang istri, Zainab. Rasulullah pernah meramalkan sang istri yang terkenal paling rajin bersedekah ini akan meninggal tidak lama setelah wafatnya sang Rasul.

Zainab binti Jahsy merupakan istri ketujuh Rasulullah. Zainab merupakan istri Rasulullah yang dikenal karena sifat kedermawanannya. 

Sungguh tepat, ramalan Rasulullah kemudian terbukti ketika Zainab meninggal dunia setelah kematian Rasulullah. Ia wafat di Madinah pada tahun ke-20 Hijriah.

10. Dapat memancarkan petir

10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Menambah Keimanan Unsplash.com/Breno Machado

Mukjizat Nabi Muhammad SAW lainnya yang Allah SWT berikan adalah tubuhnya yang dapat memancarkan petir. Ini terjadi ketika Rasulullah hendak dibunuh oleh Syaibah bin Utsman dalam Perang Hunain.

Kala peran tersebut, diceritakan bahwa Rasulullah belum makan selama tiga hari. Namun berkat kehendak Allah, Rasulullah sanggup menghancurkan batu besar dengan tiga kali pukulan dan tubuhnya dapat memancarkan nyala api dan petir.

Itulah tadi daftar mukjizat yang pernah diterima Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan mengetahui hal ini, mampu menambah kecintaan kita terhadap Rasulullah, ya, Bela.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman Popmama.com dengan judul "10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Bisa Diceritakan kepada Anak" ditulis oleh Ninda Anisya

Baca Juga: Silsilah Nabi Muhammad SAW sampai Nabi Adam A.S, Umat Islam Perlu Tahu

Baca Juga: Pahami dan Waspada, Ini 9 Ciri Dajjal Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW

Baca Juga: Isra Mi'raj, Kisah Agung Perjalanan Nabi Muhammad