Kemarin media sosial Indonesia heboh dengan satu unggahan di salah satu akun gosip yang menampilkan satu sosok yang cukup kontroversial. Akun tersebut menampilkan sosok Thalasya, perempuan dengan wajah sempurna. Banyak yang meragukan kalau foto Thalasya adalah editan. Namun, ada yang percaya kalau Thalasya adalah perempuan asli.

Kalau diperhatikan secara lebih mendetail, beberapa warganet mengatakan kalau Thalasya merupakan hasil rekayasa computer-generated imagery atau CGI. Sebenarnya, sosok seperti Thalasya ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, ada pula model virtual seperti Thalasya yang viral beberapa waktu lalu. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini lima model virtual yang sempat viral di media sosial. Siapa saja?

1. Thalasya

Jauh Sebelum Thalasya, 5 Model Virtual Ini Sudah Lama Eksis di MedsosInstagram.com/Thalasya_

Pada bio Instagram yang sudah memiliki 371 ribu pengikut ini, Thalasya mengaku adalah seorang musisi yang baru saja merilis single berjudul Be Happy. Thalasya menjadi viral lantaran bentuk wajahnya yang lebih menyerupai hasil animasi dibandingkan manusia biasa. Meski pada beberapa Instastory-nya Thalasya melakukan kegiatan layaknya perempuan biasa, anehnya ia tidak pernah menunjukkan wajah pada unggahannya kecuali di feed Instagram.

Menurut Popbela, wajah Thalasya memang merupakan hasil rekayasa CGI yang ditempel pada tubuh perempuan. Buktinya, pada foto yang diunggah, Thalasya terlihat luwes melakukan kegiatan sehari-hari, tapi ekspresi wajahnya nggak mendukung. Tatapan Thalasya terlihat kosong dan beberapa editan di bagian rambut, sangat terlihat kalau foto tersebut telah diedit menggunakan animasi.

2. Lil Miquela

Jauh Sebelum Thalasya, 5 Model Virtual Ini Sudah Lama Eksis di MedsosInstagram.com/lilmiquela

Awal tahun 2018 lalu, Lil Miquela, model hasil rekayasa CGI asal Amerika Serikat juga sempat menghebohkan dunia maya dengan pengakuannya sebagai robot pertama yang hidup. Dikutip dari Instastory yang diunggah Miquela pada 16 Juli 2018 lalu, Miquela mengaku sebagai robot yang diprogram oleh pasangan teknisi bernama Trevor dan Sara dari perusahaan Brud. Menurut pengakuannya, Trevor dan Sara menemukannya di salah satu perusahaan di Silicon Valley sebelum dijual menjadi robot pembantu.

Pernyataan Lil Miquela yang berbelit tersebut nggak sepenuhnya dipercaya oleh warganet. Warganet penasaran dan mencari tahu siapa sebenarnya Lil Miquela ini. Akhirnya, ketahuan juga kalau Miquela sebenarnya bukanlah robot, melainkan karakter fiksi yang diciptakan untuk proyek seni digital.

3. Shudu, Margot, dan Zhi

Jauh Sebelum Thalasya, 5 Model Virtual Ini Sudah Lama Eksis di MedsosInstagram.com/Shudu.gram

Berbeda lagi dengan Shudu nih, Bela. Shudu, model virtual ini mengaku di bio Instagram-nya kalau dia merupakan super model digital pertama yang dikenal secara luas di media sosial. Shudu merupakan model digital buatan seorang fotografer fashion bernama Cameron-James Wilson. Wilson membuat Shudu di tahun 2017 secara tidak sengaja dan mendirikan agensi model digital setahun setelahnya. Wilson membuat sendiri bagaimana pose tubuh dan ekspresi Shudu di setiap foto-fotonya. Menurut pengakuan Wilson, untuk membuat satu foto dibutuhkan waktu selama tiga hari.

Jauh Sebelum Thalasya, 5 Model Virtual Ini Sudah Lama Eksis di MedsosInstagram.com/Shudu.gram

Bukan hanya Shudu, bekerja sama dengan perusahaan Sunshine, Wilson juga membuat model digital lainnya dengan nama Zhi dan Margot. Shudu, Zhi, dan Margot sengaja dibuat untuk kampanye salah satu clothing line, Balmain.

Baca Juga: Shopia, Robot yang Ingin Hidup Layaknya Manusia