Laga pertandingan final cabang olahraga bulu tangkis putra Asian Games 2018 semalam (22/8) dibuka dengan penuh drama. Anthony Sinisuka Ginting harus menyerah di detik-detik terakhir pertandingan lantaran cidera yang mendera kaki kanannya.

Awalnya, atlet kelahiran 20 Oktober 1996 ini unggul dalam gim pertama. Namun, di gim selanjutnya, Anthony harus menerima kekalahan atas China dengan skor tipis 21-23. Pertandingan berlanjut pada babak rubber game dan di babak ini Ginting telah menunjukkan tanda-tanda bahwa dirinya mengalami cidera kram kaki hebat. Hal ini terlihat saat Ginting terjatuh dan membutuhkan waktu lama untuk bangkit kembali.

Meski awalnya unggul, namun di tengah babak rubber game, Ginting meminta waktu untuk beristirahat dan medis membantunya untuk meredakan cidera yang ia rasakan. Terlihat kepayahan, pria asal Cimahi ini tetap berjuang menyelesaikan permainan. Saat skor telah menyentuh poin 20-21, Ginting kembali meminta istirahat namun wasit menolak permintaannya. Akhirnya, Ginting menyerah dan memberikan poin terakhir untuk Shi Yuqi, lawannya malam hari itu.

Dicaci warganet

Masuk ke Final, Anthony Ginting Dicaci dan Dipuji WarganetDok. Internet

Melihat perjuangan Ginting yang penuh drama tadi malam tentu membuat siapa saja merasa terharu. Di tengah kesulitan melawan rasa sakit cidera kakinya, Ginting tetap berusaha memberikan permainan yang terbaik demi Indonesia.

Siapa sangka, perjuangan Ginting justru berbuah cibiran dari netizen Indonesia. Di dua foto terakhir yang ada di Instagram-nya, komentar negatif bernada kekecewaan memenuhi kolom komentar. Ada yang bilang memalukan, ada yang mengatakan Ginting lemah, dan ada pula yang menyebut Ginting bermental tempe.

Masuk ke Final, Anthony Ginting Dicaci dan Dipuji WarganetInstagram.com/sinisukanthony

 

Masuk ke Final, Anthony Ginting Dicaci dan Dipuji WarganetInstagram.com/sinisukanthony

 

Masuk ke Final, Anthony Ginting Dicaci dan Dipuji WarganetInstagram.com/sinisukanthony

Namun, komentar-komentar negatif tersebut akhirnya banyak yang terhapus. Alasannya, lantaran ada netizen lain berinisiatif bersama-sama mengunggah komentar bernada menyemangati agar komentar negatif tersebut tenggelam dan tergantikan dengan komentar yang lebih positif.

Komentar positif di Twitter

Masuk ke Final, Anthony Ginting Dicaci dan Dipuji WarganetDok. Internet

Lain Instagram, lain pula Twitter. Di Twitter, hashtag #Ginting sempat viral dan masuk ke dalam sepuluh besar trending topic dunia tadi malam. Dikutip dari Twitter.com, nama Ginting sempat disebut dalam lebih dari 73 ribu cuitan. Selain itu, selama pertandingan Ginting VS Shi Yuqi, ada lebih dari 300 ribu cuitan yang berisi hashtag #AsianGames2018.

Banyak public figure yang juga mendukung perjuangan Ginting tadi malam. Di antaranya bisa kamu lihat berikut ini.

Masuk ke Final, Anthony Ginting Dicaci dan Dipuji WarganetTwitter.com/imam_nahrawi

 

Masuk ke Final, Anthony Ginting Dicaci dan Dipuji WarganetInstagram.com/mbah_mijan

 

Masuk ke Final, Anthony Ginting Dicaci dan Dipuji WarganetTwitter.com/desicahya

Dukungan dari Presiden Joko Widodo

Masuk ke Final, Anthony Ginting Dicaci dan Dipuji WarganetDok. Internet

Selain dihadiri oleh mantan pebulu tangkis Susi Susanti dan juga atlet bulu tangkis lainnya, Presiden Joko Widodo beserta istri, Iriana, turut menyaksikan pertandingan final tersebut. Meski gagal menyumbang poin untuk Indonesia di pertandingan beregu putra tadi malam, Ginting mendapat dukungan penuh dari Jokowi.

Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Jokowi melalui unggahan di Instagram pribadinya.

Masuk ke Final, Anthony Ginting Dicaci dan Dipuji WarganetInstagram.com/Jokowi

“Anthony Sinisuka Ginting ditandu keluar lapangan di Istora Senayan karena cedera pada otot kakinya saat kedudukan 20-21 di set ketiga pertandingan final bulutangkis beregu putra melawan Shi Yuqi dari China, selepas petang tadi. Saya mendatanginya di ruang perawatan medis pemain di jeda pertandingan. Anthony telah berjuang sampai ujung tenaganya yang tersisa. Meski kalah, ia telah memberi yang terbaik untuk Indonesia.”

BACA JUGA: Aprilia Manganang, Atlet Voli Berprestasi yang Penuh Kontroversi​