Membaca Alquran dalam agama Islam akan mendapatkan pahala yang besar. Selain itu, terdapat manfaat lainnya untuk urusan duniawi dan surgawi. Membaca Alquran juga termasuk amalan dan tabungan untuk di akhirat nanti.

Kamu bisa mulai membaca surat-surat dalam Alquran. Seperti Surat Yasin misalnya, yang biasanya dilakukan setiap hari Jumat. Surat Yasin memiliki tiga hal pokok, yaitu keimanan kepada hari kebangkitan, kisah penduduk desa, dan dalil-dalil yang menunjukan bahwa Allah SWT itu Esa.

Selain tiga hal pokok tadi, Surat Yasin juga mengungkapkan tentang surga dan sifatnya yang diperuntukan orang mukmin. Surat Yasin juga biasanya dibacakan untuk mengirim doa kepada orang yang sudah meninggal untuk meringankan siksa kubur, orang yang sedang sakit dan ungkapan rasa bersyukur.

Berikut beberapa manfaat membaca Surat Yasin selain untuk mengirimkan doa. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Hidup menjadi berkah

Melancarkan Rezeki dan Diampuni Dosa, Ini 5 Manfaat Surat YasinPexels.com/Tayeb MEZAHDIA

Manfaat membaca Surat Yasin adalah hidup menjadi berkah karena mendapatkan pahala selama membaca ayat suci Alquran. Jika hidup menjadi berkah niscaya bahwa segala urusan duniawi dan surgawi menjadi lancar.

Hal ini dikarenakan Allah SWT akan mmperlancar segala urusannya kepada orang-orang yang taat. Hal ini juga dijelaskan dalam HR Darimi yang mengatakan bahwa:

"Siapa yang membaca Surat Yasin pada awal pagi, seluruh hajatnya akan dikabulkan oleh Allah."

Untuk itu, bacalah Surat Yasin jika ingin segala urusan duniawi dan surgawi menjadi lancar dan tidak adanya hambatan.

2. Dilimpahkan kebahagiaan

Melancarkan Rezeki dan Diampuni Dosa, Ini 5 Manfaat Surat YasinPexels.com/Abdullah Ghatasheh

Surat Yasin juga bisa mengembalikan suasana hati menjadi damai, tenang, dan suka cita. Apalagi membaca Surat Yasin setiap hari, pasti perasaan tak tenang dan gelisah segera dihapuskan oleh Allah SWT.

Hal ini juga dijelaskan pada Surat Ar-Ra’d ayat 28 yang mengatakan bahwa:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Artinya: "Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S. Ar-Ra'd: 28)

Jika kamu selama ini merasakan gelisah terus menerus maka segeralah membaca Alquran khususnya Surat Yasin agar perasaan tersebut segera dihilangkan oleh Allah SWT.

3. Dilancarkan rezekinya

Melancarkan Rezeki dan Diampuni Dosa, Ini 5 Manfaat Surat YasinUnsplash.com/Afiq Fatah

Manfaat Surat Yasin lainnya adalah mendatangkan atau memperlancar rezeki. Terutama diberikan kelancaran dalam urusan duniawi tentang rezeki. Maka Allah SWT akan mengabulkannya, tetapi dengan terus istiqomah dan sabar dalam menjalani kerasnya kehidupan.

Hal itu juga dijelaskan dalam Sunaan Daarimi juz 2 halaman 549 yang mengatakan bahwa:

“Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari  maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.”

Untuk itu, teruslah membaca surat Yasin secara istiqomah dan sabar. Maka Allah SWT akan segera mengabulkan keinginan para umat-Nya.

4. Dosa-dosa diampuni

Melancarkan Rezeki dan Diampuni Dosa, Ini 5 Manfaat Surat YasinUnsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Selain memberikan keberkahan dalam hidup, Surat Yasin juga ampuh untuk menghapuskan dosa-dosa selama hidup di dunia. Jika terus mengamalkan membaca Surat Yasin maka dosa-dosa sebesar gunung pun akan diampuni oleh Allah SWT.

Hal ini juga pernah diungkapkan oleh Abu Hurairah RA yang berdasarkan HR. At-thabrani dan Al-Bayhaqi yang menjelaskan bahwa:

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” 

5. Dijauhkan dari malapetaka

Melancarkan Rezeki dan Diampuni Dosa, Ini 5 Manfaat Surat YasinUnsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Jika kamu merasa terus mendapatkan malapetaka, sebaiknya segera membaca ayat suci Alquran khusunya Surat Yasin. Hal ini dikarenakan Surat Yasin merupakan salah satu cara agar terhindar dari malapetaka.

Allah SWT akan memberikan perlindungan kepada umat-Nya dengan menjauhkan dari segala penyakit, dilindungi selama hidup di dunia dan akhirat, mati syahid dan dimudahkan saat akan keluar ruh.

Hal ini juga pernah diungkapkan oleh Anas bin Malik yang berdasarkan HR. At-thobroni yang menjelaskan bahwa:

“Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.”

Itulah beberapa manfaat dari membaca Surat Yasin untuk kepentingan duniawi dan akhirat. Kamu bisa mengamalkannya setiap hari jumat pagi atau setiap hari. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT saat di dunia dan akhirat nanti. 

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman Popmama.com dengan judul "Hidup akan Berkah, Ini 5 Manfaat Membaca Surat Yasin untuk Kehidupan" ditulis Syafira Akhtari

Baca Juga: Surat Yasin, Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya

Baca Juga: Mengenal 12 Nama Bulan dalam Kalender Islam dan Keutamaannya

Baca Juga: Hadits Tentang Sabar dan Keutamaannya, Umat Islam Wajib Tahu!